apa itu mikrobiologi
Kategori Kelas

Mengenal Apa Itu Mikrobiologi, Ilmu yang Gak Banyak Orang Tahu!

Mikrobiologi adalah sebuah bidang studi cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme, makhluk hidup yang gak terlihat dengan mata telanjang, sehingga harus melihatnya dengan mikroskop. Oleh karena itu, ilmu ini mulai populer sejak abad ke-19, sejak mikroskop mulai marak di kalangan peneliti. 

Salah satu tokoh penting dalam dunia mikrobiologi adalah Louis Pasteur (1822-1895), ilmuwan asal Prancis yang menemukan prinsip-prinsip awal vaksinasi, fermentasi mikrobia, dan menciptakan pasteurisasi, sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir, serta memperlambat pertumbuhan mikroba pada makanan.

Adapun contoh mikroorganisme dalam mikrobiologi yang sering melalui penelitian antara lain bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Meskipun ada anggapan bukan sepenuhnya makhluk hidup, virus juga masuk ke dalam mikroorganisme. Dengan begitu, penanganan COVID-19 termasuk pembuatan vaksin sangat erat kaitannya dengan ilmu ini.

Baca Juga: Serba-serbi Mikrobiologi, Ilmu Untuk Melihat Apa yang Tak Terlihat

Jadi, Apa Itu Mikrobiologi dan Belajar Apa?

Mikrobiologi memiliki berbagai ruang lingkup yang menyangkut mikrobia dan aspek-aspek biologi. Misalnya fisiologi mikrobia, ekologi mikrobia, sistematika mikrobia, dan mikrobiologi lingkungan.

Selain itu, mikrobiologi memiliki beberapa cabang-cabang yang memiliki klasifikasi ke dalam ilmu terapan, atau terbagi menurut taksonomi, seperti bakteriologi, mikologi, protozoologi, virologi, fikologi, dan ekologi mikroba. Sementara, cabang penelitian murni mikrobiologi istilahnya adalah mikrobiologi seluler.

Pada masa kini, mikrobiologi masuk ke dalam berbagai bidang dan sangat erat kaitannya dengan cabang ilmu lain seperti kedokteran, ilmu gizi, teknik kimia, farmasi, dan pertanian, serta astrobiologi dan arkeologi.

Lantas, apa yang akan kamu pelajari di Jurusan Mikrobiologi? Kamu akan belajar tentang biologi molekuler, salah satu cabang biologi yang mengkaji kehidupan pada skala molekul. Yang termasuk di dalamnya adalah penyelidikan tentang interaksi molekul dalam benda hidup, terutama tentang interaksi berbagai sistem dalam sel, termasuk interaksi DNA, RNA, dan sintesis protein.

Dalam jurusan ini, kamu juga akan mempelajari mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah. Jurusan ini juga memungkinkan kamu melihat dan mempelajari langsung bakteri, alga mikroskopik, jamur, virus, ragi, dan protozoa.

Kamu juga akan mempelajari mikroba patogen yang digunakan untuk pengobatan, mengendalikan penyakit, serta menentukan waktu kedaluwarsa makanan dan minuman kemasan. Berbagai cara pengawetan makanan juga akan kamu pelajari. Ada juga cara produksi makanan fermentasi seperti yoghurt, nata de coco, tempe, kecap, asinan, oncom, dan sebagainya. 

Kamu juga akan belajar tentang mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah. Bahkan, kamu juga belajar tentang mikroba untuk meningkatkan perolehan minyak bumi. 

Luas banget kan cakupan ilmunya? Tertarik dengan jurusan ini atau kamu sedang menimbang untuk jurusan lain? Tenang, kamu bisa daftar kuliah secara cepat dan mudah melalui goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik di sini untuk pendaftaran!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *