manfaat meditasi
Tips Belajar

Manfaat Meditasi yang Gak Kamu Sangka-Sangka

Tahukah kamu kalau manfaat meditasi ternyata gak cuma baik untuk kesehatan? Meditasi juga punya beragam manfaat yang gak kamu sangka-sangka, loh. Jika dulu cuma sebatas kegiatan spiritual, sekarang meditasi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Lalu, apa saja sih manfaat meditasi yang belum banyak disadari orang? Siapa tahu dengan mengetahui manfaat tersebut kamu jadi lebih yakin untuk rutin melakukan meditasi.

8 Manfaat Meditasi yang Gak Kamu Sangka-Sangka

1. Bikin kamu sadar dengan diri sendiri

Meditasi bisa meningkatkan kemampuan seseorang memahami diri sendiri. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah sadar mengenali pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam diri dan mengeluarkannya. Selanjutnya, kamu juga jadi bisa lebih menggali potensi yang kamu miliki sehingga bisa jadi pribadi yang lebih baik. 

2. Meditasi dapat mengelola stres

Perlu kamu tahu bahwa gak semua stres itu negatif. Ada juga stres yang bisa jadi hal positif kalau porsinya gak berlebihan. Nah, cara untuk menjaga porsi tersebut adalah dengan mengelolanya dengan meditasi. Sejak lama meditasi dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. 

3. Mengatasi kecemasan

Rutin melakukan meditasi juga bisa meredakan gelisah dan kecemasan sehingga baik untuk penderita gangguan kecemasan atau depresi. Selain itu, meditasi juga mampu meningkatkan perasaan positif sehingga dapat membantu meredakan gejala PTSD, obsessive compulsive disorder, dan gangguan tidur.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kamu tergolong orang yang sering lupa atau susah konsentrasi? Kalau iya, meditasi ini cocok banget buat kamu coba. Meditasi bisa meningkatkan konsentrasi, kemampuan mengingat, dan berpikir. Dengan begitu, kamu bakal lebih mampu menyelesaikan tugas dan memecahkan berbagai yang terus meningkat.

5. Menyehatkan jantung

Gak hanya berpengaruh pada kesehatan mental, meditasi juga berdampak baik pada kesehatan fisik. Penelitian membuktikan bahwa meditasi ini bisa membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Menumbuhkan cinta dan kasih sayang

Meditasi selain dapat menciptakan kesadaran untuk mencintai diri sendiri, juga menumbuhkan perasaan sayang pada orang lain. Semakin banyak perasaan positif yang tercipta dari meditasi, semakin tinggi juga rasa cinta dan kasih sayang untuk diri sendiri dan sesama.

7. Meditasi membuat tidur nyenyak

Lantaran membuat perasaan dan pikiran jadi tenang, kamu jadi bisa tidur dengan nyenyak. Gangguan tidur kerap dialami orang yang stres akibat banyaknya beban pikiran. Makanya nih, meditasi bermanfaat banget untuk mereka yang mengalami gangguan tidur.

8. Hemat juga salah satu manfaat meditasi

Alih-alih mengeluarkan banyak budget untuk berkonsultasi dengan ahli, meditasi bisa jadi solusi hemat untuk menenangkan diri. Banyaknya panduan yang bisa kamu dapatkan dari YouTube, blog, dan semacamnya bisa kamu manfaatkan. 

9. Ladang cuan

Saat kamu sudah bisa menguasai teknik-teknik meditasi, secara gak langsung sebenarnya kamu punya peluang untuk berbisnis. Kamu bisa menjual jasa sebagai meditator dengan membuka kelas-kelas khusus. Cara lainnya, kamu juga bisa membuat konten tentang meditasi baik tulisan maupun video tutorial di media sosial. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang datang. 

Tentunya masih banyak manfaat meditasi yang mungkin gak kamu sangka-sangka selama ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan bisa jadi motivasi kamu agar selalu meluangkan waktu untuk bermeditasi.

Baca Juga: Cara Meditasi Kundalini yang Makin Hype di Kalangan Anak Muda

Oh iya, mau dapat kelas sertifikasi sekalian upgrade ilmu secara gratis? Siapa bilang upgrade skill harus mahal? Bareng goKampus, apalagi lewat program Give One, Get One (GOGO), kamu bisa menjadi yang paling top di bidang yang kamu minati!

Dengan berbagai courses di bidang marketingdesignor even more, kamu bisa terus upgrade skill biar jadi expert dari teman-temanmu yang lain. Get 1 course for free and get more free courses saat temanmu juga ikutan kelas menggunakan referral-mu. Bagikan referral kamu sekarang, let’s go! Kepoin selengkapnya program GOGO dari goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *