s1 kebidanan
Kategori Kelas

Calon Maba Merapat! Ini Perbedaan Gelar D3, D4, dan S1 Kebidanan

Banyak jalan buat calon mahasiswa baru (Maba) untuk menjadi bidan. Caranya dengan kuliah di jurusan kebidanan yang banyak tersedia di berbagai universitas, politeknik, sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES), dan akademi kebidanan yang tersedia di Indonesia. Masalahnya, banyak calon bidan yang bingung harus memilih antara D3, D4, atau S1 Kebidanan. Apa perbedaan ketiganya? Yuk, kita bahas.

Baca Juga: Serba-serbi Bidan, Profesi Mulia dengan Segudang Pahala

Perbedaan Gelar D3, D4, dan S1 Kebidanan

1. Diploma vs Strata seperti SMA vs SMK

Secara garis besar, program Diploma seperti D3 dan D4 mirip seperti bersekolah di SMK, sementara program Strata 1 alias S1, lebih mirip seperti bersekolah di SMA.

Program diploma adalah kuliah dengan bentuk vokasi. Kamu akan latihan untuk lebih terampil di bidang tertentu, dalam hal ini Ilmu Kebidanan. Seperti SMK, kuliah diploma bakal lebih banyak praktik daripada teori. 

Sementara, materi kuliah S1 lebih banyak teori dibandingkan dengan praktek. Dalam berkuliah S1 Kebidanan, kamu akan dilatih untuk menjadi ahli atau akademisi. Proses pendidikan S1 kebidanan lebih ke arah keilmuan, maksudnya adalah materi kuliah S1 lebih ke telaah keilmuan kebidanan.

2. Lama kuliah yang berbeda-beda

Ada perbedaan lama kuliah antara S1 dan D3. Untuk mencapai jenjang S1, biasanya butuh waktu paling cepat 4 tahun, atau 3,5 tahun di beberapa kampus. Sementara, untuk mencapai jenjang D3, waktu minimalnya hanya 3 tahun saja. 

Kok bisa berbeda? Sebab, untuk lulus S1 kamu harus menulis skripsi yang pembuatannya butuh waktu lama, sementara untuk D3 cukup sampai laporan tugas akhir saja. Nah, untuk D4, waktu minimal lulus mirip dengan S1, bisa mencapai 4 tahun.

3. Gelar D3, D4, dan S1 Kebidanan berbeda-beda pula

Lulusan D3 Kebidanan akan mendapat gelar A.Md (Ahli Madya), sedang jika D4 akan memperoleh gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan, atau dalam bahasa Inggris disebut Bachelor of Applied Science). Sementara itu, jika kalian kuliah S1 Kebidanan maka gelarmu adalah S.Keb (Sarjana Kebidanan).

4. Perbedaan setelah selesai kuliah

Pada akhirnya, semua program studi ini memungkinkan kamu buka praktik sebagai bidan. Jika kamu mengambil D4 Kebidanan dan S1 Kebidanan, kamu bisa langsung mengambil S2. Jika kamu kuliah D3, kamu mesti mengambil D4 dulu kalau mau lanjut ke S2. Siapa tahu kamu ingin jadi dosen, sebab untuk jadi dosen kamu harus punya ijazah S2 lebih dulu.

Ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Ijazah D3 kebidanan hanya bisa membuat kamu mendapat golongan awal IIc dan maksimal IIIC, sementara untuk ijazah D4 golongan awalnya adalah IIIa dan bisa digunakan sampai maksimal golongan IVc. Jadi, ini menentukan gaji yang akan kamu dapat sebagai PNS.

Nah, sekarang tinggal motivasi kamu kuliah Kebidanan. Jika ingin jadi bidan saja, D3 adalah opsi terbaik, sudah begitu tentunya D3 butuh biaya termurah ketimbang yang lain. Tapi jika ingin kesempatan kerja lebih banyak, tentu D4 dan S1 adalah jawabannya.

Gimana? Kamu tertarik menjalani pendidikan kebidanan? Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Dapatkan juga cashback hingga Rp500 ribu tiap kamu daftar kuliah melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Banyak untungnya, kan? Yuk, download!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *