fungsi komunikasi massa
Kategori Kelas

10 Fungsi Komunikasi Massa, Dari Informasi, Hiburan, Hingga Pewarisan Sosial

Dalam praktiknya, komunikasi massa ternyata memiliki banyak fungsi loh. Secara garis besar, ada 10 fungsi komunikasi massa yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Apa Saja Fungsi Komunikasi Massa?

Fungsi Informasi

Informasi merupakan fungsi paling penting yang terdapat dalam komunikasi massa. Mulai dari berita, artikel, iklan, broadcast WA, siaran televisi, hingga siaran radio, semuanya punya satu kesamaan yaitu memiliki fungsi untuk memberi informasi kepada khalayak. Dengan begitu, kita sebagai masyarakat umum bisa memperoleh informasi yang berkaitan dengan kebutuhan kita.

Baca Juga: 5 Teori Komunikasi Massa, Punya Efek Besar Terhadap Masyarakat Loh!

Fungsi Hiburan

Siapa sih yang gak butuh hiburan? Hiburan berfungsi untuk mengalihkan perhatian, juga sebagai sarana relaksasi dan meredakan ketegangan sosial bagi masyarakat. Bagi individu, hiburan juga bisa jadi sarana melepaskan beban dan permasalahan hidup. Yup, hidup jangan melulu diisi ketegangan, sekali-kali kita perlu bersantai. Kalau istilah gaul zaman sekarang, netflix and chill!

Fungsi Persuasi

Fungsi komunikasi massa yang satu ini memiliki peran penting dalam mengubah keadaan masyarakat, baik itu ke arah positif, negatif, atau netral. Contohnya banyak. Coba kamu baca editorial atau tajuk rencana pada media massa seperti koran. Atau, artikel konten pemasaran yang punya tujuan memperkenalkan sebuah produk pada khalayak. Itu merupakan salah satu contoh komunikasi massa dengan fungsi persuasi.

Fungsi Transmisi Budaya

Pada dasarnya, transmisi budaya gak dapat dihindari baik itu melalui media massa, seni, maupun ilmu pengetahuan. Transmisi budaya dilakukan masyarakat melalui proses pewarisan budaya dari individu, orang tua, kelompok, hingga melalui proses pendidikan. Nah, karena itu transmisi budaya secara rutin akan update secara terus menerus.

Mendorong Integrasi Sosial

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Kita gak bisa hidup sendirian, pasti butuh sesama. Nah, media massa punya kemampuan untuk mendorong masyarakat untuk bersatu. Misalnya, media massa berupa film yang mengisahkan arti pentingnya kerukunan hidup antar suku dan umat beragama.

Fungsi Pengawasan

Media massa punya peranan penting dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Bahaya dari virus korona dan cara menghindarinya bisa disebarkan melalui media massa. Nah, dalam ilmu komunikasi massa, ini termasuk fungsi pengawasan. Lebih tepatnya pengawasan peringatan. Fungsi pengawasan lainnya adalah pengawasan instrumental, misalnya berita mengenai harga kebutuhan sehari-hari.

Fungsi Korelasi

Melalui media massa, bagian-bagian atau berbagai komponen dari masyarakat menjadi terhubung. Misalnya, berita yang disajikan sebuah koran akan menghubungkan si narasumber dengan pembaca koran tersebut.

Pewarisan sosial

Dalam fungsinya sebagai pewarisan sosial, media massa berfungsi sebagai seorang pendidik, baik pendidikan formal maupun informal. Contohnya, media massa mencoba mewariskan suatu ilmu pengetahuan, nilai, norma, pranata, dan etika dari satu generasi ke genarasi selanjutnya.

Melawan kekuasaan represif

Komunikasi massa bisa berperan untuk memperkuat kekuasaan, tetapi bisa juga untuk melawan kekuasaan yang represif. Contohnya adalah ketika Orde Baru berakhir pada Mei 1998. Mulai muncul ruang bagi kita untuk lebih bebas mengekspresikan diri, termasuk untuk melawan kekuasaan yang otoriter.

Menggugat hubungan trikotomi

Hubungan trikotomi adalah hubungan yang bertolak belakang antara tiga pihak. Dalam ilmu komunikasi, hubungan trikotomi adalah hubungan antara pemerintah, pers, dan masyarakat yang gak pernah mencapai sepakat karena perbedaan kepentingan masing-masing pihak. Komunikasi massa berperan untuk mengubah hubungan trikotomi menjadi sesuatu yang lebih kondusif.

Gimana? Tergoda untuk menjadi pakar di bidang komunikasi massa? Kamu bisa mengambil jurusan kuliah Ilmu Komunikasi ya. Kamu bisa cari-cari informasi seputar jurusan favorit, universitas terbaik, dan program beasiswa senilai Rp10 miliar semua ada di goKampus! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *