vokasi ui
Kategori Kelas

11 Jurusan di Vokasi UI, Mana Nih yang Kamu Banget?

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia atau disingkat Vokasi UI mengelola tiga bidang keahlian. Di dalamnya, ada 11 jurusan jenjang Diploma III (D3) yang dapat kamu pilih. Apa saja sih? Kita bahas yuk. 

Vokasi UI sebenarnya baru terbentuk pada 2008 lalu. Program ini merupakan gabungan dari semua program diploma III (D3) yang tadinya dikelola masing-masing fakultas. Adapun fakultas-fakultas yang pernah membuka program diploma di antaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi , Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pemusatan program D3 tersebut dilakukan demi efisiensi pendidikan. 

Peminat Vokasi UI sendiri terbilang sangat tinggi. Apalagi lulusannya berpotensi lebih cepat diserap pasar kerja baik di bidang industri atau swasta, lembaga pemerintah maupun non pemerintah, ataupun berwiraswasta. 

Program ini sendiri memang fokus mengasah mahasiswanya menjadi sumber daya manusia (SDM) yang siap memasuki bursa kerja. Itulah mengapa beban pengajaran pada program pendidikan di vokasi lebih mengutamakan praktik untuk mengasah keterampilan dibandingkan dengan penguasaan teori. Komposisi kurikulumnya kurang lebih 30% teori dan 70% praktik yang dilakukan di laboratorium maupun di lokasi magang.

Daya Saing Lulusan Vokasi UI

Seperti disebutkan di awal, daya saing program ini tak perlu diragukan. Rata-rata lulusannya mampu terserap di dunia kerja dalam waktu 0-3 bulan. Bahkan untuk menambah “nilai jual” demi mengantisipasi persaingan pasar kerja yang semakin ketat, vokasi UI bekerja sama dengan Asosiasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk memberikan lulusannya sertifikasi profesi

Jadi selain akan mendapatkan ijazah, lulusan program ini juga mendapatkan sertifikat kompetensi dari profesinya masing-masing serta sertifikat Bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC). Menarik, kan? Jadi gak perlu heran lagi ya kenapa Vokasi UI memiliki peminat yang sangat banyak. 

Lalu kembali ke pertanyaan awal, ada jurusan atau program studi apa saja sih di Vokasi UI? Jurusan yang tersedia terbagi menjadi 3 bidang atau rumpun pendidikan, yaitu ilmu kesehatan, ilmu administrasi, serta ilmu sosial dan humaniora. Secara umum, rumpun pendidikan program ini terdiri dari jurusan keilmuan spesialis yang siap diterapkan di dunia kerja.

Baca Juga: Manfaat Ikut Kelas Profesional di Aplikasi Belajar Online

Daftar Jurusannya Apa Saja?

NoBidang StudiJurusan/Program Studi
Bidang Studi Administrasi Bisnis
1. Bisnis Kreatif
2. Administrasi Asuransi dan Aktuaria
3.Administrasi Keuangan dan Perbankan
4.Administrasi Perkantoran
5.Administrasi Perpajakan
6. Akuntansi
Bidang Studi Sosial Humaniora
1. Produksi Media
2Manajemen Bisnis Pariwisata
3Hubungan Masyarakat
4Manajemen Rekod dan Arsip
5Penyiaran Multimedia
6Periklanan Kreatif
Bidang Studi Kesehatan
1Fisioterapi
2Terapi Okupasi
3Administrasi Rumah Sakit

Itulah beberapa informasi seputar program serta jurusan-jurusan yang ada di Vokasi UI. Kamu tertarik? Atau mencari kampus lain yang menyediakan jurusan ini? Segera daftar kuliah vokasi sekarang dan dapatkan informasi serta rekomendasi jurusan lain hanya di goKampus. Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, satu jam diterima! Klik di sini untuk info detailnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *