universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat
Kategori Kelas

Daftar Universitas dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat Terbaik Indonesia

Hai guys! Buat kamu para calon mahasiswa yang masih bingung ingin mengambil jurusan terkait kesehatan dan kuliah di mana, kamu harus tahu kalau ternyata jurusan kesehatan bukan hanya di bidang kedokteran saja loh. Selain itu, kamu juga harus selektif dalam memilih universitas yang ada jurusan kesehatan masyarakat.

Ada banyak jurusan lain yang memiliki peran penting dalam dunia kesehatan. Jurusan keperawatan, kebidanan, farmasi, apoteker, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya adalah daftarnya. Nah, jika kamu memiliki cita-cita dan impian dapat mengedukasi masyarakat Indonesia, agar selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, maka jurusan kesehatan masyarakat yang cocok untukmu.

Sederhananya, di jurusan kesehatan masyarakat kamu akan mempelajari cara meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Mulai dari mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan sekitarnya, mempromosikan pentingnya kesehatan sosial, hingga melakukan pencegahan dan pengobatan dari suatu penyakit. Nah, untuk mendukung cita-cita dan impianmu, goKampus udah merangkum beberapa universitas dengan jurusan kesehatan masyarakat terbaik nih! Kira-kira ada universitas favoritmu gak ya di sini?

Menurut situs PDDikti Kemdikbud, ada sejumlah kampus yang memiliki jurusan kesehatan masyarakat terbaik di Indonesia. Tentunya juga sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT.

Daftar Universitas yang Ada jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Universitas Dian Nuswantoro

2. Universitas Muhammadiyah Semarang

3. Universitas Airlangga

4. Universitas Negeri Semarang

5. Universitas Andalas

6. Universitas Sumatera Utara

7. Universitas Diponegoro

8. Universitas Indonesia

9. Universitas Hasanuddin

10.  Universitas Muhammadiyah Aceh

Baca Juga: Ini Dia Gelar Dan Prospek Kerja Sarjana Kesehatan Masyarakat

Kenapa Harus Kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat?

Memilih suatu jurusan di dunia perkuliahan memang gak mudah. Kamu harus dapat meyakinkan diri apakah jurusan yang akan kamu ambil sudah sesuai dengan minat dan ketertarikanmu. Nah, agar dapat lebih meyakinkanmu lagi, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan kesehatan masyarakat.

1. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Mengetahui seperti apa prospek kerja mahasiswa setelah lulus kuliah memang hal yang sangat penting. Tapi tidak usah khawatir, bagi lulusan kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kamu dapat berkarier di bidang kesehatan, pendidikan, lembaga hingga institusi pemerintah loh! Karena dunia kerja banyak mencari lulusan kesmas.

2. Menjadi Garda Terdepan di Bidang Kesehatan

Ketika terjun ke dalam dunia kesehatan, maka kamu harus memastikan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Karena di sini fokus kamu adalah untuk membantu sesama, bukan meraih keuntungan. Salah satu bentuk pengabdian lulusan kesmas adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Tentunya ilmu dan pekerjaanmu akan bermanfaat bagi banyak orang.

3. Dibutuhkan oleh Negara

Lulusan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan oleh pemerintah untuk meningkatkan taraf kualitas kesehatan masyarakatnya. Selain itu, lulusan kesmas juga akan menjadi panutan dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia. Karena dengan meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat, hal ini dapat menjadi bukti jika negaranya juga dalam kondisi sejahtera.

4. Memiliki Jaringan Sosial yang Luas

Tahukah kamu jika mahasiswa memiliki organisasi yang disebut Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia, atau yang disingkat ISMKMI. Organisasi ini berisi mahasiswa kesmas dari berbagai universitas, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bukan cuma itu saja, ahli kesmas juga memiliki organisasi independen yang bernama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, yang disingkat IAKMI. IAKMI sendiri sudah diakui dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Kerennya, IAKMI juga memiliki kontribusi di dunia internasional loh, dengan menjadi anggota World Federation of Public Health Associations (WFPHA).

Semakin yakin untuk menjadi mahasiwa jurusan kesehatan masyarakat? Oh iya, jangan lupa juga untuk asah soft skill kamu sebelum terjun menjadi tenaga kesehatan (nakes) nantinya. Soft skill yang gak kalah penting untuk kamu asah di antaranya kemampuan komunikasi dan mendengarkan, loh.

Apalagi kalau kamu tertarik menjadi nakes, kamu harus punya soft skill yang baik. Untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kelas Komunikasi yang Efektif di sini dan kelas Keterampilan Mendengarkan yang Efektif di sini.

Gak hanya mengasah soft skill dan upgrade diri, kamu akan dapat beragam insight dari profesional yang berpengalaman di bidangnya, plus dapat sertifikat dari institusi ternama yang dapat menunjang karier kamu ke depannya. Yuk, ikutan kelasnya sekarang secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *