tujuan pemasaran
Kategori Kelas

5 Tujuan Pemasaran yang Perlu Jadi Pertimbangan Bisnis

Salah satu usaha untuk mengembangkan dan memajukan bisnis adalah dengan melakukan pemasaran atau marketing. Tujuan pemasaran adalah agar publik mengetahui brand, produk maupun jasa yang kamu tawarkan sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Nah, sebelum menjalankan bisnis, alangkah baiknya kamu memahami tujuan pemasaran yang ingin kamu capai. Dengan mengetahui tujuan tersebut, kamu bisa mengaplikasikan strategi yang tepat dan dapat mengoptimalkan pengeluaran dengan efisien. So, apa saja sih tujuan pemasaran? Yuk, baca artikelnya sampai tuntas!

Apa Saja Tujuan Pemasaran?

Tujuan pemasaran adalah target spesifik yang pelaku bisnis tetapkan untuk mempromosikan produk dan layanan kepada masyarakat. Dengan menetapkan tujuan pemasaran, kamu dapat menentukan berbagai strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan pemasaran ini bisa dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang. Ada beberapa tujuan pemasaran yang bisa kamu pertimbangkan dalam bisnismu. Secara umum, berikut tujuan yang perlu kamu ketahui!

1. Meningkatkan keuntungan atau pendapatan penjualan

Ketika kamu melakukan pemasaran yang tepat, maka besar kemungkinannya banyak pembeli atau pengguna layanan maupun produkmu. Bahkan, pemasaran juga dapat membuat pelanggan melakukan pembelian ulang produk atau layananmu sehingga pemasaran akan membantu meningkatkan keuntungan penjualan. Kamu bisa menggunakan berbagai strategi pemasaran agar target penjualan tercapai.

2. Meningkatkan brand awareness

Salah satu fungsi pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk dan brand kepada masyarakat. Tujuannya adalah agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan bisnismu. Dengan begitu, kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan banyak pelanggan baru. Buatlah konsep pemasaran seunik dan sekreatif mungkin agar dapat menarik minat banyak orang. Namun, jangan lupa untuk menambahkan penjelasan yang informatif terkait produkmu agar publik dapat mengetahui dengan detail produk yang kamu pasarkan atau sesuai dengan kebutuhan.

3. Mempromosikan produk dan layanan terbaru

Agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tentunya kamu dituntut untuk terus mengembangkan produk dan layanan bisnismu melalui pemasaran. Melalui pemasaran, kamu dapat meyakinkan calon pelanggan bahwa produk dan layanan terbaru tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan menjadi solusi.

4. Mengetahui kepuasan pelanggan

Melalui pemasaran, kamu juga dapat melakukan riset dan mengetahui seperti apa kepuasan pelanggan, contohnya apakah produk dan layanan yang kamu sajikan sudah tepat mengenai sasaran, bagaimana karakterisktik pelanggan, apa yang mereka harapkan dari produk dan layananmu, serta faktor apa yang mampu menimbulkan rasa puas di benak pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.

5. Bersaing dengan kompetitor

Pemasaran yang unik dan kreatif tentunya dapat menarik perhatian banyak orang sehingga akan lebih banyak masyarakat mengetahui keberadaan brand kamu. Ketika bisnismu sudah melekat erat di benak masyarakat, secara otomatis masyarakat akan lebih mengingat brand kamu daripada brand lain yang menjadi kompetitor.

Baca Juga: Kamu Entrepreneur Muda? Yuk Intip Kunci Sukses Pemasaran!

Itulah tujuan pemasaran yang dapat kamu pertimbangkan dalam bisnismu. Kalau kamu tertarik menggali informasi seputar marketing, kamu bisa loh ikutan kelas online di goKampus! Selain mendapatkan ilmu mengenai pemasaran, kamu juga akan mendapatkan insight menarik dari pengajar. Yuk, ikutan kelas Prinsip-Prinsip Pemasaran di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *