seleksi mandiri PTN
Upskill

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ikut Seleksi Mandiri PTN

Seleksi mandiri PTN makin banyak calon mahasiswa minati. Jalur mandiri juga menjadi kesempatan terakhir bagi mereka yang ingin kuliah di kampus impiannya. Namun sebelum kamu memutuskan ingin ikut seleksi mandiri, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Beda SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri PTN

Di Indonesia, ada beberapa jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang resmi. Beberapa di antaranya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri. Meski sama-sama jalur untuk masuk PTN, masing-masing punya perbedaan, termasuk kuota penerimaan yang sudah Lembaga Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPTN) selaku panitia utama tetapkan. 

Kalau SNMPTN atau jalur undangan, pesertanya adalah mereka yang sekolah rekomendasikan karena memiliki prestasi dan memenuhi sejumlah persyaratan lain. Adapun kuota SNMPTN 2022 sebesar 20%. 

Sementara itu, SBMPTN adalah seleksi yang setiap calon mahasiswa ikuti melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) secara serentak di seluruh Indonesia. Kuota SBMPTN 2022 sebesar 30%. 

Untuk jalur ketiga, yakni seleksi mandiri PTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri. So, mulai dari tata kelola hingga aturan seleksi, semua PTN tersebut yang mengelola. Nah, kuota dari seleksi mandiri 2022 menjadi yang paling besar, yakni 50%. Itulah alasannya jalur ini menjadi salah satu jalur yang banyak peminatnya. 

Pertimbangan Sebelum Mengikuti Seleksi Mandiri

Namun, sebelum kamu memutuskan ikut seleksi mandiri PTN, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan!

1. Seleksi mandiri PTN adalah opsi terakhir

Buat kamu yang berminat mendaftar seleksi mandiri PTN, perlu kamu ingat bahwa jalur ini merupakan opsi terakhir untuk bisa masuk PTN favoritmu. Beberapa orang menganggapnya sebagai “plan B” ketika ia ternyata gak lulus UTBK SBMPTN. Karena merupakan kesempatan terakhir, ada baiknya memang kamu tetap harus mempersiapkan ujian seleksi mandiri. 

Memang sih, saat gak lolos jalur SNMPTN maupun SBMPTN, kamu masih bisa memutuskan gap year dan mencoba SBMPTN di tahun depan. Namun, seleksi mandiri PTN sebenarnya dapat menjadi solusi agar kamu tetap berkuliah di PTN impian. So, maksimalkanlah kesempatan ini dengan baik. 

2. Kuota terbesar 

Kuota untuk jalur seleksi mandiri PTN kali ini telah naik menjadi 50%. Nah, kabar baiknya, selain kuota terbilang cukup banyak, jumlah peminat seleksi mandiri PTN biasanya gak sebanyak SBMPTN. So, persaingannya memang gak seketat SBMPTN.

3. Soal ujian lebih sulit

Jumlah peminat yang lebih sedikit bukan berarti proses seleksinya akan mudah. Sebagai PTN yang sudah punya nama besar, tentunya beberapa tes akan lebih sulit dari UTBK SBMPTN. So, no debate lagi guys kalau kamu ingin mimpimu kuliah di PTN favorit tercapai, tentu saja harus belajar ekstra keras untuk bisa lulus. Kamu gak boleh sama sekali meremehkan supaya gak menyesal. 

4. Biaya pendaftaran lebih mahal

Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan adalah biayanya. Sejak dulu, biaya pendaftaran seleksi mandiri selalu lebih mahal daripada pendaftaran UTBK-SBMPTN. Hal ini setidaknya melahirkan 2 insight. Pertama, jumlah peserta akan lebih sedikit daripada seleksi nasional karena bisa jadi beberapa calon mahasiswa enggan mengeluarkan kocek besar untuk mengikuti seleksi mandiri. Kedua, mahalnya biaya pendaftaran bisa jadi motivasi kamu untuk fight menghadapi seleksi mandiri.

Tentu kamu gak mau kan membuang kesempatan emas masuk PTN, apalagi setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar? Sekarang kembali ke diri kita masing-masing. Sudah semestinya kamu benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi ini agar gak menyia-nyiakan segala upaya, waktu, dan biaya yang sudah kamu korbankan. Yuk, semangat!

5. Waktu pendaftaran terbatas

Waktu penyelenggaraan seleksi mandiri PTN berbeda dengan jalur masuk lainnya. Seleksi mandiri biasanya setelah pelaksanaan UTBK-SBMPTN. Selain itu, waktu pendaftarannya juga biasanya terbatas. Jangan lupa untuk selalu update info terkini soal waktu pendaftaran seleksi mandiri PTN. 

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Jalur Mandiri PTN 2022 Paling Update

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan ikut seleksi mandiri PTN. Sekali lagi, ujian ini adalah kesempatan terakhir untuk kamu bisa kuliah di kampus impianmu. Lantaran ujiannya terbilang lebih sulit, persiapkan diri kamu sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat buatmu, ya!

Dapatkan topik menarik lainnya hanya di goKampus blog seputar keperluan pendidikanmu, sertifikasi siap kerja, upgrade skill, dan masih banyak lagi. Di goKampus, kamu juga bisa daftar kuliah loh. Gampang banget, cuma upload rapor, 1 jam langsung diterima. Penasaran? Cobain di sini buat kamu yang sudah penasaran dan gak mau ribet dengan ujian mandiri!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *