contoh ekonomi kelautan
Tips Belajar

5 Contoh Ekonomi Kelautan Ini Penting Bagi Negara! Cek Selengkapnya

Tonton Sekarang

Indonesia memiliki wilayah pesisir dengan garis pantai yang sangat panjang, mencapai lebih dari 90 ribu kilometer. Untuk itu, ekonomi kelautan sangat penting bagi sebuah wilayah pesisir. Inilah beberapa contoh kegiatan ekonomi kelautan yang bisa bikin kamu tertarik dengan ilmu kelautan.

Nelayan

Nelayan mencakup orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau biota lainnya yang hidup di dasar maupun permukaan laut. Ada dua jenis nelayan yaitu nelayan tradisional dan nelayan modern.

Nelayan tradisional menggunakan peralatan yang relatif sederhana dan sifatnya jauh lebih aman untuk lingkungan. Umumnya, mereka menggunakan perahu kecil tanpa mesin (sampan) untuk berlayar ke laut. Untuk menangkap ikan, nelayan tradisional menggunakan jaring atau jala.

Sementara, nelayan modern menggunakan perahu mesin atau kapal besar yang menggunakan bahan bakar. Mereka juga bisa menggunakan radar pendeteksi ikan. Bahkan, terkadang nelayan modern menggunakan bom untuk mendapatkan ikan, meski hal ini sangat tidak disarankan karena merusak terumbu karang dan ekosistem laut.

Baca Juga: Ini Perbedaan Ekonomi Kelautan dan Ekonomi Maritim

Petambak, Salah Satu Contoh Penggerak Ekonomi Di Kelautan

Petambak adalah orang yang mata pencahariannya bertambak. Tambak adalah kolam buatan. Jadi, gak seperti nelayan, petambak gak perlu susah payah mencari ikan di laut, meski umumnya kolam tambak yang mereka buat ada di dekat laut.

Tapi bedakan dengan empang, ya. Empang berisi air tawar, sementara tambak berisi air laut. Penggunaan empang sebagai budidaya ikan air tawar, sementara tambak bermanfaat sebagai sarana budidaya (akuakultur) hewan laut, misalnya ikan, udang, dan kerang. 

Petani Garam

Garam sangat diperlukan untuk bumbu dapur dan juga mengawetkan makanan. Nah, garam yang berasal dari hasil tambak air oleh petani garam, membuat garam di sebuah kolam dangkal buatan untuk menghasilkan garam. Nah, air laut tadi dimasukkan ke kolam, lalu selanjutnya memisahkan air dengan garam melalui penguapan alami yang memungkinkan garam untuk dipanen. 

Usaha Pengawetan Ikan

Pengawetan ikan adalah berbagai metode untuk memperpanjang usia simpan ikan dan produk ikan. Biasanya, metode pengawetan menggunakan pengeringan, penggaraman, pengasapan, pembekuan, pengalengan ikan, dan kombinasi dari berbagai metode tersebut. Nah, usaha pengawetan ikan lazim terdapat di daerah pantai atau pesisir.

Pasar Ikan dan Pelelangan Ikan

Pasar ikan atau pelelangan ikan adalah tempat mempertemukan pembeli dan nelayan. Umumnya, untuk menjual hasil laut harus berdasarkan kategori, misalnya menjual udang yang terpisah dengan ikan. Biasanya, Dinas Perikanan setempat mengoordinasi pasar ikan dan pelelangan ikan supaya harga hasil-hasil laut tidak naik atau turun secara ekstrem.

Itu tadi beberapa contoh ekonomi kelautan yang memiliki peranan penting bagi kelangsungan wilayah pesisir. Untuk kamu yang ingin mendalami soal ekonomi kelautan dan jurusan kuliah lainnya, cari informasinya di goKampus ya! Cek langsung di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *