kode referral
Tips Belajar

10 Ciri-Ciri Orang Kreatif, Ternyata Beberapa Sifatnya Berlawanan

Punya kreativitas tinggi adalah berkah karena bisa memudahkan kamu terjun ke dunia kerja atau profesional. Tahukah kamu bahwa orang kreatif punya ciri-ciri tertentu, yaitu sifat yang antitesis atau berlawanan? Untuk lebih jelasnya, yuk ketahui 10 ciri-ciri orang kreatif menurut Psikolog Mihaly Mihaly Csikszentmihalyi dalam buku “Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People” berikut ini!

10 Ciri-Ciri Orang Kreatif Menurut Ahli

1. Energetik tapi fokus

Seorang kreatif umumnya gak malas-malasan jika sudah ketemu dengan pekerjaan yang menarik bagi mereka. Mereka bisa berjam-jam melakukan hal yang menurut mereka menarik dan sepanjang waktu tersebut mereka tetap fokus dan antusias.

2. Pintar tapi naif

Seseorang dengan kecerdasan tinggi belum tentu punya sifat kreatif. Namun, jika ia memiliki sifat naif, seorang kreatif yang cerdas mampu menghasilkan sesuatu yang tak terpikirkan orang lain sebelumnya.

3. Playful tapi disiplin

Kedua sifat ini memang bertolak belakang, tapi kenyataannya orang kreatif percaya bahwa kreativitas tinggi membutuhkan kombinasi kerja keras dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Istilahnya work hard, play hard!

4. Realistis tapi imajinatif

Ternyata, orang yang imajinatif belum tentu kreatif. Mungkin mereka bisa terbenam dalam imajinasi, tapi apa artinya jika imajinasi itu gak bisa diubah jadi kenyataan? Sifat realistis perlu sebagai penyeimbang.

5. Paduan ekstrovert dan introvert

Loh, kok bisa? Yup, orang kreatif bisa punya sisi ekstrovert, misalnya berinteraksi dengan orang lain untuk memunculkan inspirasi. Lalu, mereka bisa berdiam diri sebagai orang introvert, untuk mengeksplorasi inspirasi dan mengubahnya jadi sesuatu yang kreatif.

6. Bangga tapi rendah hati

Bangga dengan pencapaian boleh-boleh saja, tapi orang kreatif gak membenamkan diri kepada kebanggaan berlebihan. Mereka punya respect pada orang lain yang pernah berhasil di bidang yang sama.

7. Maskulin tapi feminin

Wanita kreatif umumnya punya sifat maskulin, yaitu kecenderungan untuk lebih dominan dari wanita lain. Sementara, pria kreatif umumnya punya sifat feminin, yaitu kurang agresif dibanding pria lain dan cenderung lebih sensitif.

8. Konservatif tapi memberontak

Untuk memunculkan ide yang kreatif, kita harus berpikir out of the box. Namun, meski orang kreatif bisa agak-agak rebel, ia juga mestinya bisa bersikap konservatif dengan menghargai dan menerima masa lalu sambil mencari solusi baru.

9. Cinta hasil kerja boleh, asal tetap objektif

Dengan semangat tinggi, wajar jika orang kreatif menikmati pekerjaan mereka dan hasil yang mereka capai. Namun, mereka juga harus bersikap objektif dengan kritis terhadap hasil kerja mereka, untuk mencapai hasil lebih baik di masa depan.

10. Sensitif sambil berpikir positif

Daripada orang lain, seseorang dengan kreativitas tinggi cenderung sensitif dan lebih terbuka. Ini bisa jadi masalah, sebab ide-ide baru kerap mendapat kritik dari orang lain. Meski punya sifat sensitif, seorang kreatif harus cukup kuat menghadapi kritik, dengan selalu berpikir positif.

Baca Juga: Kreatif, Sifat yang Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia

Itulah 10 ciri orang kreatif menurut ahli. Kamu punya salah satu ciri-ciri tersebut gak? Oh iya, kalau kamu masih cari-cari informasi seputar tempat kuliah favorit atau jurusan yang kamu minati, bisa cari di goKampus loh! Daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Gak percaya? Langsung klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *