produk kreatif
Tips Belajar

5 Cara Mencari Inspirasi Produk Kreatif Untuk Bisnis Kamu

Dalam bisnis, kreativitas punya nilai tersendiri. Jika kamu bisa membuat produk kreatif yang unik dan lain daripada yang lain, bisnismu bisa punya nilai jual tinggi.

Baca Juga: Punya Dampak Besar, Ekonomi Kreatif Jadi Pendorong Ekonomi Dunia Loh!

Tips Menghasilkan Ide Produk Kreatif Buat Bisnismu!

Peka Terhadap Masalah

Salah satu ciri orang kreatif adalah peka dan sensitif terhadap masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Banyak produk kreatif pada bisnis yang lahir karena kreatornya peka terhadap masalah tertentu. 

Misalnya, masyarakat India tidak makan daging sapi karena sapi merupakan hewan suci dalam agama Hindu. Waralaba McDonald’s memecahkan masalah tersebut dengan mengganti daging sapi menjadi daging kambing. Terciptalah Maharaja Burger sebagai pengganti menu Big Mac pada gerai-gerai McDonald’s di India.

Contoh lain, kamu melihat bahwa jumlah tempat cuci motor di daerah sekitarmu cukup banyak, tapi enggak ada satupun yang memiliki tempat menunggu untuk pelanggan. Kemudian, kamu membuka tempat cuci motor dengan kafe, sehingga pelanggan bisa menunggu giliran motornya dicuci dengan santai dan nyaman di dalam kafe. 

Follow Orang Sukses 

Mumpung sekarang lagi era jayanya sosial media, yuk manfaatkan dengan baik. Coba ikuti orang-orang yang sukses di berbagai bidang. Orang sukses punya berbagai pengalaman yang bisa kamu jadikan inspirasi dan informasi berharga. Mengikuti tips orang-orang sukses pengaruh banyak untuk bisnismu. Kamu bisa jadi akan terpacu untuk sesukses mereka. 

Networking

Bukan rahasia lagi kalau networking adalah salah satu kunci utama sukses dalam bisnis. Kamu bisa dapat banyak bantuan, baik itu bersifat materi atau saran yang membantu. Dengan memperbanyak teman, kamu juga bisa melakukan langkah berikutnya yaitu brainstorming.

Brainstorming

Dengan melakukan brainstorming, kamu bisa menggabungkan berbagai ide dan gagasan. Cobalah ajak rekan bisnismu, atau bahkan teman-teman lama untuk ngopi-ngopi sejenak. Sambil ngobrol, siapa tahu akan muncul ide dan gagasan menarik, bahkan mungkin akan muncul inspirasi baru yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah yang ada.

Tirulah Seniman

Umumnya, seniman adalah manusia yang kreatif. Dia enggak bakal bermalas-malasan jika sudah ketemu dengan suatu pekerjaan yang menarik bagi dirinya. Seorang seniman bisa berjam-jam melakukan suatu hal yang menurut mereka menarik. Sepanjang waktu tersebut, mereka tetap fokus dan antusias. Sifat ini bisa kamu terapkan dalam bisnis.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu bisa dapat inspirasi untuk produk kreatif dalam bisnismu. Tentu setelah dapat inspirasi, eksekusi juga penting untuk dilakukan.

Gimana guys? Apakah kamu cukup kreatif untuk membuat produk-produk unik untuk bisnismu? Kalau kamu belum cukup pede dan merasa diri belum cukup kreatif, kamu bisa mengasah kreativitas kok! Caranya? Ikutan coursecourse seru yang di goKampus saja dengan klik di sini! Oh iya, goKampus lagi ada program GOGO loh. Program GOGO (Give One, Get One) memberikan kamu kesempatan untuk upgrade skill, tambah ilmu, dan dapat sertifikat secara GRATIS.

Cara pakainya? Pilih kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Kamu bisa mendapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar menggunakan refferal id email kamu! Penasaran? Klik di sini untuk ikutan GOGO dari goKampus dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *