Apakah kamu mahasiswa yang tengah mencari peluang kerja magang atau internship? Atau seorang “fresh graduate” yang hendak melamar untuk pekerjaan pertama? Sebagai seseorang yang sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman kerja dan melamar kerja, proses wawancara kerja bisa menjadi salah satu momok yang menakutkan. 

Tak sedikit orang yang akhirnya gagal mendapatkan pekerjaan karena gagal di tahap wawancara kerja karena minimnya persiapan. Maka dari itu, simak tips wawancara kerja untuk kamu yang hendak mencari pengalaman magang ataupun pekerjaan pertama berikut:

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Riset Mengenai Pekerjaan dan Perusahaan

Tips wawancara kerja yang paling mendasar adalah dengan membekali diri sebanyak mungkin dengan berbagai informasi mengenai pekerjaan yang kamu lamar dan perusahaan tersebut. Jadi, sangat penting untuk melakukan riset mendalam sebelum wawancara kerja.

Tak cuma mengenai tempat kamu melamar kerja, kuasai juga informasi mengenai dirimu sendiri sehingga ketika ada pertanyaan-pertanyaan seputar dirimu, kamu bisa menjawabnya dengan mudah dan yakin.

2. Kesan Pertama dari Penampilan

Kesan pertama sangatlah penting untuk memberikan penilaian awal yang baik tentang dirimu. Salah satu hal yang berpengaruh besar dalam kesan pertama adalah penampilan diri. Persiapkanlah pakaian yang rapi namun tak berlebihan untuk wawancara. Memilih tampilan yang sederhana dan tak mencolok adalah pilihan yang paling aman untuk wawancara kerja.

Pastikan juga rambutmu tertata rapi dan wajahmu terlihat segar. Senyuman dan gestur tubuh yang ramah juga akan membantu menciptakan kesan pertama yang lebih baik pada saat wawancara.

3. Tonjolkan Kelebihan dan Potensi melalui Contoh Kasus

Tips untuk sukses dalam wawancara kerja selanjutnya adalah dengan berfokus pada kelebihan dan potensi diri yang kamu miliki. Namun, untuk membuatnya lebih meyakinkan, kamu bisa menyertakan berbagai contoh pengalaman yang menggambahkan kelebihan dan bakat yang kamu miliki.

Misalkan pengalamanmu saat terlibat di organisasi selama di kampus, pengalaman bekerja kelompok atau kegiatan sosial. Tak perlu mengarang cerita, karena dari pengalaman sederhana yang kamu miliki, kamu bisa tetap bisa menggambarkan kelebihan, bakat, serta potensi diri.

4.Berlatih dengan Pertanyaan-Pertanyaan Umum

Untuk bisa lebih siap menghadapi wawancara, cobalah pelajari berbagai pertanyaan-pertanyaan umum yang kerap muncul ketika wawancara kerja. Pertanyaan seperti menceritakan dirimu dan kelebihanmu atau bagaimana kamu akan berkontribusi pada perusahaan bisa kamu persiapkan jawabannya jauh sebelum hari wawancara, sehingga ketika pertanyaan-pertanyaan itu muncul saat wawancara, kamu tak perlu lagi bingung bagaimana merangkai kata untuk menjawabnya.

5. Tetap Tenang dan Fokus

Meskipun dengan berbagai persiapan wawancara yang kamu lakukan, hal-hal tak terduga masih sangat mungkin terjadi. Jadi, persiapkan dirimu akan berbagai pertanyaan tak terduga ataupun hal lainnya sehingga kamu tidak terlalu kaget dan gugup. Tetaplah tenang dan fokus pada wawancara. Tak hanya merusak kesan, gugup juga akan mengganggu dalam menjawab pertanyaan pada saat wawancara

6. Malu Bertanya Sesat di Jalan

Akan ada saatnya ketika kamu tak bisa memahami pertanyaan pada saat wawancara. Hal ini sangatlah wajar dan jangan ragu untuk bertanya atau meminta pewawancara mengulang atau menjelaskan pertanyaan agar kamu bisa menyiapkan jawaban yang tepat dan relevan. 

Tak hanya pada saat kamu kurang jelas dengan pertanyaan, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan dan juga perusahaan di akhir wawancara. Tak cuma membantumu lebih mengenal pekerjaan dan perusahaan, hal ini juga akan menunjukkan bahwa kamu antusias terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut.

7. Tetap Percaya Diri

Tips untuk wawancara kerja yang maksimal terakhir adalah tetap percaya diri. Percaya diri membuatmu terlihat lebih meyakinkan dan siap untuk bekerja. Bangunlah rasa percaya diri dengan menguasai resume diri dan info mengenai perusahaan serta hindari rasa gugup yang datang melanda ketika wawancara kerja.

Baca juga: Pengen Magang? Berikut 7 Tips Jitu Mencari Internship

Wawancara merupakan salah satu tahapan penting untuk bisa lolos dan diterima bekerja. Untuk itu, pastikan kamu lakukan persiapan wawancara kerja sematang mungkin. Jika kamu mahasiswa yang tengah mencari kesempatan untuk kerja magang, aplikasi goKampus bisa jadi solusi untukmu. Tak cuma informasi magang, fitur bermanfaat lainnya seperti beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga dana pendidikan tersedia di aplikasi goKampus. Jadi, segera download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like