Semasa kuliah, aktif di berbagai kegiatan kampus mampu memberikanmu banyak pengalaman, wawasan, dan juga ilmu-ilmu yang tak bisa didapatkan dengan hanya belajar di kelas. Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan untuk bisa terlibat aktif untuk mengadakan acara-acara di kampus. 

Menyelenggarakan event kampus sendiri bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Namun, bukan berarti tak mungkin untuk bisa selenggarakan event kampus yang sukses. Nah, jika kamu hendak menyelenggarakan acara kampus, berikut tips sukses selenggarakan acara kampus yang bisa kamu coba!

Baca juga: Banyak Waktu Senggang Pada Saat Kuliah?

1. Mulai dengan Tim yang Kompak dan Delegasi Tugas yang Jelas

Kunci utama untuk menyelenggarakan acara kampus yang sukses adalah memiliki tim panitia yang kompak. Selain memilih anggota-anggota panitia sesuai dengan kemampuan-kemampuan masing-masing, pastikan setiap anggota mampu bekerja sama antar satu sama lain dan mampu membangun hubungan kerja yang baik. 

Setelah itu, pastikan juga setiap anggota tim mendapatkan tanggung jawab dan tugas yang sangat jelas sehingga sepanjang persiapan tak ada detail yang terlewat dan pekerjaan yang tertunda. 

Jangan lupa, untuk terus jaga kekompakan dari tim panitia sepanjang persiapan dan penyelenggaraan acara untuk pastikan acara kampus mampu berjalan dengan lancar.

2. Persiapan Matang Sejak Jauh-Jauh Hari

Cara selenggarakan acara kampus yang sukses selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatu dengan sematang mungkin. Ingatlah acara kampus yang sukses takkan bisa jadi dalam semalam saja. Maka dari itu, mulailah persiapan acara yang ingin kamu selenggarakan dengan waktu yang cukup dan memadai agar segala sesuatunya bisa dipersiapkan dengan matang.

3. Atur Timeline Persiapan 

Masih terkait dengan poin sebelumnya, tips menyelenggarakan acara kampus yang sukses adalah membuat timeline untuk segala persiapan yang akan kamu lakukan. Berilah tenggat waktu untuk setiap target-target persiapan acaramu sesuai dengan waktu persiapan  yang telah kamu siapkan.

Tak hanya sekedar membuat perencanaan timeline saja, gunakan timeline ini untuk melakukan pengecekan rutin apakah segala persiapan telah sesuai dan dijalankan sebagaimana mestinya. Hal ini membantumu untuk membuat tindakan pencegahan sedini mungkin pada saat muncul permasalahan pada saat persiapan acara kampus.

4. Anggaran yang Realistis

Anggaran yang besar tentu bisa membantu banyak dalam memenuhi kebutuhan acara kampus yang hendak kamu selenggarakan. Namun, acara kampus sangat identik dengan dana yang terbatas. Untuk itu buatlah rencana anggaran yang realistis sejak awal agar persiapan bisa berjalan sesuai dengan dana yang bisa dipenuhi. 

Anggaran yang terlalu tinggi bisa menjadi permasalahan di tengah-tengah ketika persiapan telah berjalan sebagian namun dana telah habis atau tidak tercapai.

5. Sediakan Rencana Cadangan!

Rencana bisa saja terlihat telah dipersiapkan dengan sangat baik. Namun, dalam penyelenggaraannya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi dan memaksamu untuk melakukan penyesuaian di sana-sini.

Agar tetap mulus dan tidak berantakkan, selalu persiapkan rencana-rencana cadangan yang bisa digunakan ketika hal tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

6. Koordinasi yang Baik Saat Acara Berlangsung

Tips sukses selenggarakan acara kampus selanjutnya adalah koordinasi yang baik. Masih berhubungan dengan kekompakkan tim, koordinasi kali ini bersifat langsung dimana ketika acara tengah berlangsung.

Pada saat acara berjalan, pastikan lagi jika setiap anggota tim panitia acara telah mendapatkan tugas masing-masing dan semua tanggung jawab telah didelegasikan tanpa ada yang terlewat.

7. Jaga Relasi Pasca Acara Kampus Selesai

Tak hanya dalam persiapan dan penyelenggaraan saja, tips sukses menyelenggarakan acara kampus juga harus kamu terapkan pasca acara telah usai. Setelah berhasil menyelenggarakan acara, jagalah relasi dengan semua pihak yang terlibat di dalam acara. Mulai dari para peserta acara, tim panitia, hingga para sponsor dan rekan lainnya. 

Hal ini akan membantumu untuk lebih mudah dalam menyelenggarakan acara kampus selanjutnya. Jangan lupa, selalu evaluasi acara kampus setelah acara usai untuk pastikan tak ada permasalahan-permasalahan yang sama terulang kembali di kemudian hari.

Baca juga: Seperti Apa sih, Ospek & Orientasi Kampus itu?

Menyelenggarakan event kampus yang sukses bukanlah hal yang mustahil dengan disiplin dan juga komitmen terhadap tujuan awal kamu membuat event kampus. Sudah siap untuk buat acara kampusmu makin sukses? 

Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store untuk dapatkan informasi berbagai acara kampus dan hal-hal seputar perkuliahan lainnya seperti pendaftaran beasiswa, kerja magang hingga dana pendidikan. Cukup dengan satu aplikasi, kini kamu bisa kuliah dengan lebih maksimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like