Hidup sebagai mahasiswa kadang cukup memakan biaya yang tak sedikit, apalagi jika kamu adalah mahasiswa rantau. Tak cuma biaya kuliah dan berbagai perlengkapannya, masih ada biaya kos bulanan dan makan harian yang akan membebani pengeluaran bulanan. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan kamu tak menabung. 

Kesulitan menabung? Ikuti tips menabung untuk mahasiswa yang mudah dan praktis berikut untuk bantu keuanganmu jadi lebih irit!

Baca juga: Tips & Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa & Anak Kuliahan

Tips Menabung untuk Mahasiswa

1. Mulai dengan Alokasi Dana Tabungan

Untuk mengetahui berapa kemampuanmu menabung setiap minggu atau bulannya adalah dengan membuat rencana alokasi dana yang kamu miliki dan akan keluarkan. Misalkan, tentukan dana untuk makan, dana untuk tugas kuliah, dana untuk kos, dan berbagai dana lainnya serta besarannya dan bandingkan jumlahnya dengan pemasukannya dan lihat berapa banyak sisa dana yang kamu miliki untuk bisa dialokasikan untuk dana tabungan. 

Jika ternyata kamu tidak memiliki sisa dana, artinya harus ada pengeluaran yang disesuaikan agar kamu bisa mulai untuk menabung.

2. Miliki Target Tabungan Meski Dimulai dengan Nilai yang Tak Seberapa

Tips menabung untuk mahasiswa selanjutnya adalah dengan menetapkan target tabungan. Tarbet ini bisa dibuat dalam jangka panjang ataupun sesederhana menjadi target bulanan. Misalkan dalam satu bulan kamu harus bisa menabung minimal Rp.500.000,- hingga Rp.1.000.000,- atau target jangka panjang seperti Rp.10.000.000,- dalam waktu satu tahun. Target ini akan membantu kamu untuk bisa disiplin dan memiliki komitmen terhadap kebiasaan menabung.

3. Ubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Hemat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk bisa memiliki dana tabungan terkadang kamu perlu melakukan penyesuaian terhadap pengeluaran yang kamu miliki. Jadi, mulailah untuk lebih bijak dalam menggunakan uang dan cobalah berhemat untuk memperbesar alokasi dana tabungan sehingga kamu lebih mudah mencapai target tabungan yang telah kamu tetapkan.

4. Pisahkan Tabungan dengan Dana Lainnya

Tips menabung ala mahasiswa selanjutnya adalah salah satu tips paling mendasar dalam menabung, yakni memastikan dana tabungan terpisah dari dana lainnya. Jika kamu memiliki rekening tabungan, cobalah buat satu rekening baru yang dikhususkan untuk dana tabungan. Tips satu ini akan membantumu meminimalisir tanpa sengaja atau tergiur menggunakan dana tabungan yang tercampur dengan berbagai dana-dana lainnya yang kamu miliki.

Fakultas Ekonomi & Bisnis Terbaik di Indonesia
Sumber gambar: Pixabay

5. Lakukan Evaluasi Keuangan Bulanan

Menabung adalah langkah awal untuk memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik. Setelah membangun kebiasaan menabung secara rutin, kamu juga perlu melakukan evaluasi keuangan secara rutin untuk memastikan apakah dana tabungan yang kamu alokasikan masih sebanding dengan pemasukan yang kamu miliki? Pertimbangkan juga apakah pengeluaranmu masih terkontrol atau tidak, atau bahkan bisa dikurangi untuk menambah alokasi dana tabungan.

6. Manfaatkan Waktu Luang untuk Tambah Pemasukan

Untuk bisa menambah pundi-pundi tabungan tanpa perlu mengurangi pengeluaran, tak ada salahnya kamu mulai memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk menambah pemasukan. Cobalah untuk mencari pekerjaan-pekerjaan sampingan atau mencoba memulai usaha kecil-kecilan sehingga kamu bisa menambah sumber dana untuk mencapai target tabunganmu!

7. Jangan Menunda, Mulai dari Sekarang!

Tips menabung untuk mahasiswa yang terakhir adalah segera memulai. Jika kamu memiliki pemasukan yang masih terbatas, tak ada salahnya memulai dengan nilai yang kecil terlebih dahulu. Menabung kebiasaan menabung tidaklah mudah sehingga kamu harus mulai membiasakannya secepat mungkin. Jadi, jangan tunda lagi rencana menabungmu!

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Memiliki tabungan sebagai mahasiswa sangatlah penting. Tak hanya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan penting yang mungkin kamu perlukan di waktu yang akan datang, dana tabungan ini juga berperan sebagai dana darurat yang bisa dipakai ketika ada kebutuhan mendadak, mendesak, dan tak terduga. 

Untuk kamu mahasiswa atau pelajar yang ingin memiliki perencaan yang lebih baik, download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store. Berbagai informasi seperti daftar kuliah, beasiswa, info magang, hingga berbagai acara kampus dan pengajuan dana pendidikan bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi goKampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like