Berbeda dengan sekolah, kuliah di perguruan tinggi sebagai mahasiswa menuntut kamu untuk bisa lebih mandiri dalam mengatur rencana studi dan berbagai aktivitas perkuliahan lainnya baik aktivitas akademik seperti kelas dan seminar, hingga aktivitas non-akademik seperti organisasi dan sebagainya. Jika tak bisa mengatur waktu dengan baik, bisa-bisa kamu kewalahan dan berakhir dengan prestasi yang tak maksimal.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu, simak berbagai tips manajemen waktu untuk mahasiswa yang bisa membantumu lebih teratur dalam menjalani aktivitas sebagai mahasiswa berikut:

Baca juga: 7 Persiapan Hari Pertama Kuliah Wajib bagi Mahasiswa Baru

Tips Mengatur Waktu untuk Mahasiswa

1. Buat Daftar Aktivitas dan Jadwalkan 

Tips manajemen waktu untuk mahasiswa yang pertama adalah membuat daftar dari semua aktivitas dan tanggung jawab yang perlu kamu selesaikan. Umumnya, ketika memiliki banyak kegiatan, mahasiswa akan kebingungan untuk memulai dari mana. Namun karena sudah memiliki daftar aktivitas, kamu tinggal menjadwalkan semua kegiatan dan aktivitas tersebut sehingga tak lagi kebingungan harus mulai dari mana untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan lain yang kamu miliki sebagai mahasiswa. 

2. Prioritaskan Kegiatan dan Aktivitas 

Setelah memiliki daftar aktivitas dan tanggung jawab yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa, kini saatnya kamu mengurutkan semua kegiatan tersebut berdasarkan prioritas. Selalu utamakan kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung dengan tanggung jawab kamu sebagai mahasiswa seperti kuliah, mengerjakan tugas, belajar, dan sejenisnya dan aktivitas lainnya di prioritas selanjutnya. 

Dalam membagi waktu, jelas aktivitas-aktivitas prioritas harus kamu selesaikan dan utamakan dan gunakan sisa waktu luang untuk mengerjakan kegiatan lainnya.

3. Hindari Menunda

Salah satu permasalahan utama dari manajemen waktu mahasiswa adalah kebiasaan buruk menunda-nunda suatu tanggung jawab. Jangan biarkan waktu luang terbuang percuma dan segera lakukan semua tanggung jawab dan kegiatanmu sesegera mungkin agar tidak menumpuk di akhir. Pada akhirnya, pekerjaan yang ditunda akan memaksamu untuk menyelesaikannya terburu-buru dan akan berdampak pada hasil akhir yang tak maksimal.

tips magang kuliah

4. Pahami Kapan untuk Multi-Tasking dan Kapan untuk Fokus

Multi -tasking atau mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu yang sama kerap menjadi salah satu strategi andalan untuk bisa memanfaatkan waktu dengan efisien. Faktanya, tak semua hal bisa menghasilkan hasil yang maksimal ketika dilakukan secara multi-tasking.

Untuk itu, kamu perlu memahami kapan dan aktivitas seperti apa yang bisa dilakukan secara bersamaan, dan kapan kamu harus fokus. Misalkan untuk tugas-tugas kuliah dan belajar untuk ujian ada baiknya dilakukan secara fokus tanpa terganggu aktivitas lainnya. Sedangkan untuk kegiatan seperti membaca buku, menonton TV, bisa kamu lakukan sembari berolahraga ataupun kegiatan ringan lainnya.

5. Cicil Pekerjaan yang Menumpuk

Memiliki tugas ataupun pekerjaan besar yang menumpuk terkadang sangat menyebalkan. Namun, bukan berarti kamu harus menghindarinya. Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari, segera cicil semua tugas dan pekerjaan besar dari jauh-jauh hari sebelum akhirnya semua tugas menumpuk di satu periode waktu yang sama dan membuatmu menjadi lebih kerepotan dalam menyelesaikan semua tanggung jawab kamu sebagai mahasiswa.

6. Tetap Fleksibel dan Terus Beradaptasi

Memiliki jadwal kegiatan bukan berarti kamu harus benar-benar kaku dalam menjalani aktivitas dan kegiatan sehari-hari sebagai mahasiswa. Terkadang akan ada hal-hal tak terduga yang menuntutmu untuk beradaptasi dengan jadwal yang telah kamu buat sendiri.

Maka dari itu, tetaplah fleksibel dalam menjalani kegiatan agar kamu terhindar dari stress berlebih ketika semuanya tak berjalan sesuai rencana.

7. Tetap Luangkan Waktu untuk Refreshing

Memiliki manajemen waktu yang baik sebagai mahasiswa bukan berarti semua jadwal dan daftar kegiatanmu dipenuhi dengan semua aktivitas dan kegiatan produktif. Selalu luangkan waktu di dalam jadwal milikmu untuk refreshing atau bersantai. 

Bersantai sendiri bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Manfaatkanlah waktu refreshing ini untuk mengistirahatkan pikiran dengan berlibur atau melakukan hobi yang menyenangkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pikiran yang lebih segar yang justru akan membantu kegiatan lainnya jadi lebih produktif karena kamu kini jadi lebih prima baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: 7 Tips Beradaptasi Lebih Mudah untuk Mahasiswa Rantau

Itulah beberapa tips manajemen waktu untuk mahasiswa yang bisa kamu terapkan untuk mengatur semua aktivitas dan kegiatan padat sebagai mahasiswa. Ingin hari-harimu sebagai mahasiswa lebih maksimal lagi? Download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang! Melalui aplikasi goKampus, kamu bisa mendapatkan berbagai info dan fitur yang bermanfaat untuk mahasiswa seperti acara kampus, beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga dana pendidikan. Yuk, download goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like