Pendidikan tinggi adalah kebutuhan yang memakan biaya tak sedikit. Terutama untuk kamu yang berkuliah di luar kota dan luar negeri, ditambah biaya hidup membuat kuliah menjadi barang yang cukup mahal. Tapi, dengan trik dan gaya hidup yang disesuaikan, bukan berarti kamu tak bisa kuliah hemat minim biaya.

Ingin tahu bagaimana caranya berhemat saat kuliah agar biaya kuliah tak jadi membengkak? Simak tips kuliah hemat yang praktis dan mudah dilakukan berikut:

Baca juga: Tips & Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa & Anak Kuliahan

Tips Hemat Kuliah

1. Utamakan Meminjam daripada Membeli

Salah satu pengeluaran terbesar pada saat berkuliah adalah perlengkapan-perlengkapan penunjang aktivitas belajar seperti buku-buku referensi misalnya. Membeli buku baru setiap semester baru bisa saja memakan biaya yang tak sedikit, apalagi bila buku tersebut merupakan buku import. Namun, untuk bisa belajar lebih maksimal tentu kamu membutuhkan buku-buku tersebut. 

Agar bisa menghemat biaya tanpa mengurangi kualitas belajar, mulailah meminjam buku dibandingkan membeli yang baru. Manfaatkan fasilitas perpustakaan di kampus untuk buku-buku referensi atau cobalah meminjam buku dari teman atau kakak tingkat untuk menghemat biaya kuliah. Tips hemat kuliah ini juga bisa kamu coba terapkan. 

Persiapan hari Pertama Kuliah
Sumber gambar: Pixabay

2. Bawa Bekal dan Kebutuhan Lainnya dari Rumah

Tips hemat selama kuliah selanjutnya adalah dengan mulai membawa semua kebutuhanmu dari rumah. Mulai dari botol minum sendiri hingga bekal makanan. Meskipun terdengar sederhana dan kecil, setiap pengeluaran untuk membeli makanan dan minuman selama kuliah ternyata bisa memakan biaya yang cukup banyak setelah diakumulasi.

3. Manfaatkan Promo Mahasiswa

Menjadi mahasiswa terkadang bisa mendatangkan keuntungan, salah satunya adalah dengan banyaknya promo-promo yang dikhususkan untuk mahasiswa. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo dari kartu mahasiswa ini untuk berbagai kebutuhan untuk meminimalisir dan menghemat pengeluaran sebagai mahasiswa.

Baca juga: Ini Dia! Cara Jitu Mengatasi Kendala Biaya Kuliah

4. Disiplin dalam Membuat Rencana Keuangan

Salah satu tips dasar dalam berhemat adalah memiliki rencana keuangan yang tepat. Untuk itu, kamu juga bisa menerapkan hal yang sama sebagai tips hemat kuliah. Alokasikan dana setiap bulan untuk semua kebutuhanmu dan disiplinlah dalam menerapkan rencana keuangan tersebut. Jangan lupa, saat membuat rencana keuangan selalu evaluasi pengeluaran untuk memastikan bila pengeluaran tersebut bisa dikurangi atau bahkan dihapus dari rencana keuangan di bulan selanjutnya. 

kuliah sambil kerja

5. Gunakan Fasilitas Umum yang Gratis

Agar bisa menekan pengeluaran, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum yang lebih murah atau bahkan tersedia secara gratis seperti fasilitas internet di kampus atau perpustakaan hingga transportasi umum yang lebih murah.

6. Aktif Mencari Beasiswa

Tips kuliah hemat yang paling banyak dicari oleh para mahasiswa adalah melalui beasiswa. Ada banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa mulai dari beasiswa penuh hingga beasiswa dalam jumlah tertentu yang bisa membantu mengurangi beban biaya selama kuliah.

Jika kamu ingin kuliah lebih hemat dengan mendaftar beasiswa, kini kamu bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa dengan lebih mudah melalui aplikasi goKampus.

7. Pertimbangkan Usaha Sampingan atau Kerja Paruh Waktu

Saat memiliki waktu luang sebagai mahasiswa, kamu bisa gunakan waktu tersebut untuk bekerja paruh waktu ataupun mencoba usaha sampingan minim modal untuk menambah pemasukan bulanan. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu coba untuk menambah pemasukan mulai dari berjualan secara online hingga bekerja freelance dari rumah.

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Itulah berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk berhemat selama kuliah agar bisa memiliki keuangan yang lebih baik. Tips lainnya untuk kuliah hemat adalah dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Tak cuma bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa, kamu juga bisa menemukan informasi bermanfaat lainnya untuk mahasiswa seperti magang, acara-acara kampus, hingga mengajukan dana pendidikan, lho! Sudah siap untuk terapkan tips kuliah hemat minim biaya dalam keseharianmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like