Keuangan bisa jadi salah satu tantangan bagi seorang mahasiswa. Dengan keterbatasan waktu untuk bekerja atau mencari tambahan pemasukan, mahasiswa juga masih memiliki banyak sekali pengeluaran karena kebutuhan kampus seperti buku, peralatan kampus, hingga kebutuhan membuat laporan dan jurnal penelitian. Tak heran banyak anak kuliahan yang jadi kesulitan menabung bahkan sampai harus mengajukan cuti kuliah untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Tak ingin menghadapi permasalahan keuangan serupa? Simak berbagai tips mengatur keuangan anak kuliahan berikut untuk bantu buat kondisi keuanganmu tetap sehat dan tentunya kuliah tetap lancar!

1. Tetap berkomitmen untuk menabung sebagai dana cadangan

Meskipun sulit, kamu tetap harus memiliki komitmen untuk menabung. Seberapa besar atau kecilpun dana yang kamu miliki, kamu tetap harus menentukan berapa jumlah dana yang harus kamu tabung setiap bulannya. Selain sebagai tabungan, dana ini juga akan berperan sebagai dana cadangan untuk saat-saat darurat.

2. Kelompokkan setiap pengeluaran rutin yang kamu miliki

Untuk mengatur keuangan yang lebih sehat, kamu bisa mulai dengan mengelompokkan setiap pengeluaran rutin yang kamu miliki. Misalkan untuk makanan dan jajan, print laporan, hingga kos jika kamu nge-kos. Dari setiap pengeluaran yang sudah tercatat dan teralokasi, kamu juga bisa mulai memilah-milah pengeluaran mana yang sebenarnya bisa ditekan atau bahkan tidak diperlukan.

3. Kelompokkan setiap pemasukan yang kamu miliki

Tips mengatur keuangan mahasiswa selanjutnya adalah dengan mengetahui pemasukan tetap setiap bulan yang kamu miliki. Jika kamu menerima uang saku dari orang tua, catat jumlah uang saku tersebut, dan jika kamu memiliki pekerjaan atau usaha sampingan, kamu juga bisa mencatatnya.

Kini kamu memiliki angka tabungan rutin, pengeluaran rutin, dan angka pemasukan. Dari sini kamu sudah bisa menentukan apakah pemasukan yang kamu miliki mampu menutupi pengeluaran yang kamu miliki serta memungkinkanmu untuk menabung. Jika tidak, kamu mungkin perlu mengatur ulang pengeluaran atau menambah sumber pemasukan dengan pekerjaan sampingan.

4. Pekerjaan sampingan untuk tambahan pemasukan

Ingatlah bahwa tujuan utamamu adalah kuliah. Jadi, ambilah pekerjaan sampingan hanya jika kamu memang memerlukan tambahan pemasukan dan jangan sampai pekerjaan sampinganmu mengganggu fokus berkuliah. Pilihlah pekerjaan sampingan dengan waktu yang fleksibel sehingga bisa kamu bisa membagi waktu antara kelas, belajar, dan juga bekerja.

Karena kamu sudah memiliki catatan berapa jumlah pemasukan tambahan yang kamu perlukan, jadikanlah itu sebagai pegangan dan jangan bekerja berlebihan karena tujuan utama kamu adalah untuk menutupi kebutuhan kuliah.

5. Catat semua arus keuangan ini secara rutin

Dengan pengelompokkan-pengelompokkan sebelumnya, kamu sebenarnya sudah memiliki perencanaan keuangan rutin. Kini saatnya mencatat setiap eksekusinya untuk membantu memantau apakah perencanaan yang telah kamu buat tepat. Catatan keuangan ini juga akan membantumu mengontrol arus keuangan yang kamu miliki.

Jika mencatat terasa terlalu merepotkan, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi keuangan yang terdapat di smartphone untuk mempermudahmu.

Dengan memiliki keuangan yang terkontrol, kamu tentu jadi bisa lebih fokus dalam berkuliah tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan.Untuk memastikan kamu dapat mengatur keuangan dengan baik, diperlukan komitmen yang kuat. Jadi, jangan mudah goyah saat menjalani perencanaan keuanganmu sendiri, ya.

Selain tips mengatur keuangan untuk mahasiswa di atas, cara lain yang bisa kamu coba untuk terapkan adalah dengan berinvestasi. Kini ada banyak sekali cara melakukan investasi mudah dengan nilai yang tidak terlalu besar sehingga bisa diikuti bahkan oleh mahasiswa sekalipun. Namun, ingat bahwa investasi merupakan langkah tingkat lanjut jika kamu memang sudah mampu memenuhi kebutuhan dasar dan memiliki tabungan yang cukup.

Kalau kuliah mu terkendala karena biaya, jangan khawatir. Kamu bisa mendapatkan dana pendidikan dari goKampus. Daftar aplikasi dana pendidikan dengan mudah lewat app goKampus, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like