Sebagai mahasiswa rantau, berkuliah di kota baru dan lingkungan baru tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menarik sekaligus menantang. Tak hanya cara belajar yang tentu akan sangat berbeda dengan pada saat kamu di sekolah, kamu juga akan berinteraksi dengan mahasiswa lainnya yang mungkin memiliki budaya berbeda dan juga kondisi lingkungan sekitarnya yang bisa sangat berbeda dengan kota asalmu.

Hal ini bisa jadi hal yang sangat menyenangkan, namun bisa juga membuatmu kebingungan. Untuk itu, mahasiswa rantau memang perlu beradaptasi agar mampu mengikuti kegiatan perkuliahan dan kegiatan sehari-hari dengan lebih lancar. Kamu termasuk mahasiswa rantau yang akan segera memulai perkuliahan? Simak tips beradaptasi untuk mahasiswa rantau berikut:

Baca juga: Cara Cari Kost dekat Kampus yang Nyaman Untukmu

Tips Adaptasi untuk Mahasiswa Rantau

1. Jangan Malu untuk Bergaul dengan Teman-Teman Baru

Cara beradaptasi saat menjadi mahasiswa rantau yang paling awal adalah dengan mencari teman baru. Untuk itu, jangan malu dan aktiflah bersosialisasi dengan rekan-rekan sekampus. Pada saat awal merantau, jangan batasi pergaulanmu dan perluaslah relasi, dengan begitu kamu takkan mudah merasa sepi di waktu luang karena kamu memiliki teman-teman baru di tempat perantauan serta mempermudah mengenal seperti apa orang-orang yang kelak akan berhubungan denganmu sepanjang masa rantau.

2. Aktif di Organisasi Kampus

Tips beradaptasi untuk mahasiswa baru selanjutnya adalah aktif di organisasi dan kegiatan kampus. Tak hanya memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan teman baru, aktivitas-aktivitas di organisasi akan membuatmu tetap sibuk sehingga lebih mudah untuk terbiasa dengan lingkungan barumu sebagai mahasiswa rantau.

3. Belajar Secara Berkelompok 

Sebagai mahasiswa rantau, tugas utamamu adalah belajar. Namun, kamu bisa buat kegiatan belajar kelompok dengan rekan sekelas di kampus untuk membantumu lebih mudah beradaptasi dengan suasana perkuliahan dan juga lingkungan rantau yang masih baru. 

Jika kamu harus belajar sendiri, cobalah untuk belajar di perpustakaan kampus yang memungkinkanmu untuk tetap bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu.

4. Milikilah Hobi Baru

Untuk membantumu tidak mudah bosan dan homesick, cobalah untuk memiliki hobi baru untuk mengisi waktu luangmu. Tentunya, akan lebih baik jika hobi yang kamu miliki juga bisa membantumu untuk jadi lebih produktif seperti menulis atau fotografi dan sejenisnya.

Baca juga: Seperti Apa sih, Ospek & Orientasi Kampus itu?

5. Perbanyak Jalan-Jalan untuk Eksplorasi Kota

Memasuki lingkungan baru dan tinggal untuk waktu yang lama, salah satu cara adaptasi yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa rantau adalah meluangkan waktu untuk melakukan eksplorasi kota baru tempatmu berkuliah. 

Jangan ragu untuk ajak teman-teman kuliah yang juga mahasiswa rantau dan cobalah pelajari jalur-jalur transportasi publik dan kunjungi tempat-tempat yang menarik untuk membantumu lebih terbiasa dengan kota baru tempatmu berkuliah.

6. Ciptakan Kamar Kos yang Nyaman dan Homey

Salah satu masalah umum mahasiswa rantau adalah homesick. Untuk cegah masalah ini datang dan ganggu konsentrasi berkuliah, cobalah tata kamar kos sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai agar suasana kamar kos menjadi lebih nyaman dan yang terpenting menjadi lebih homey.

7. Tetap Jaga Komunikasi dengan Keluarga

Meskipun merantau, tetaplah jaga komunikasi dengan keluarga dan orang-orang terdekatmu. Tips adaptasi untuk mahasiswa rantau ini tak hanya bantu cegah datangnya homesick, kamu juga bisa berdiskusi dan bercerita mengenai hambatan atau permasalahan apa yang kamu temui selama merantau sehingga keluarga atau kerabat terdekatmu bisa memberikan dukungan atau bahkan solusi.

Baca juga: Kamu Mahasiswa Baru? Pelajari Dunia Kuliah Yuk!

Dengan mampu beradaptasi, merantau untuk pendidikan yang lebih tinggi bisa jadi pengalaman yang sangat berkesan dan menyenangkan. Apalagi dengan tips beradaptasi untuk mahasiswa rantau di atas, tentu berada di kota rantau untuk berkuliah tak lagi jadi masalah yang besar.

Selain beradaptasi, buat hari-hari perkuliahanmu jadi lebih maksimal dengan menggunakan aplikasi goKampus. Aplikasi goKampus akan membantumu mendapatkan berbagai informasi seperti acara-acara kampus, pendaftaran beasiswa, hingga kerja magang dan dana pendidikan yang bisa diakses dengan praktis lewat satu aplikasi goKampus saja. Ayo, download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store dan buat perantauanmu untuk pendidikan jadi lebih maksimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like