Untuk kamu mahasiswa rantau, hidup sebagai anak kos-kosan adalah hal yang hampir semua anak rantau akan jalani. Terdengar sangat menarik dan menyenangkan. Namun faktanya banyak sekali yang perlu kamu persiapkan agar kamu bisa beradaptasi dengan baik sebagai anak kos-kosan. Tak cuma faktor kenyamanan tapi juga keamanan dari kos yang kamu tempati.

Keamanan kos-kosan adalah hal yang tidak boleh kamu sepelekan. Karena berbagai macam bahaya dan resiko bisa saja terjadi selama kamu menjadi anak kos-kosan. Tapi, tak perlu khawatir karena ada berbagai tips aman tinggal di kos yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa rantau!

Baca juga: Merantau untuk Kuliah Lebih Maksimal dengan Tips Persiapan Rantau Ini!

Tips Aman Tinggal di Kos

1. Mulai dari Memilih Kos yang Aman

Tips aman untuk mahasiswa rantau yang tinggal di kos-kosan yang paling mendasar adalah memastikan jika kos-kosan berlokasi di lingkungan yang juga aman. Hindari memilih kos-kosan yang terlalu sulit dijangkau dan di daerah yang terlalu sepi. Kamu juga bisa mengecek keamanan kos dan lingkungan dengan bertanya kepada sesama teman rantau dan mengumpulkan informasi secukupnya sebelum memutuskan kos mana yang akan kamu tempati.

2.  Miliki Tempat Aman untuk Mengunci Semua Barang Berharga

Menyimpan barang berharga di kos-kosan kerap menjadi kekhawatiran dan mengundang orang untuk masuk ke kamar dan mencuri barang-barang berharga. Untuk itu, milikilah tempat khusus yang terkunci seperti lemari atau rak dan selalu simpan barang-barang harga seperti laptop, tabungan, dan lainya di dalamnya dalam keadaan terkunci.

3. Biasakan Mengunci Pintu Kamar Kos Kapanpun

Tak cuma simpan barang berharga dalam keadaan terkunci, selalu kunci juga pintu kamar kos baik pada saat kamu meninggalkan kamar kos atau pada saat berada di dalam kos. Jadikan mengunci pintu kos sebagai kebiasaan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan masuk ke dalam kamar tanpa diundang.

4. Hindari Memasak di Dalam Kamar

Terkadang bahaya tak selalu datang dari luar, tapi juga bisa dari dalam kamar kos. Salah satunya adalah bahaya api atau kebakaran. Memasak di dalam kamar kos merupakan salah satu kebiasaan umum namun cukup berbahaya karena tentu ada banyak sekali benda-benda yang mudah terbakar di dalam kamar kos. Selain tidak memasak, hindari juga menyimpan benda-benda yang mudah meledak atau memicu api di dalam kamar.

5. Jangan Sembarangan Menerima Tamu atau Membuka Pintu untuk Orang Tak Dikenal

Tips aman tinggal di kos selanjutnya adalah tidak membukakan pintu untuk orang asing atau yang mencurigakan. Hindari mengundang atau mengajak orang untuk masuk ke dalam kamar kos. Jika ada teman baru yang hendak bertemu, lakukanlah di luar ruangan atau luar kos-kosan seperti di cafe.

Terkadang kamu juga bisa kedatangan tamu-tamu yang mencurigakan mengetuk pintu kamar. Jika kamu tak merasa mengenal atau mengundang orang-orang tersebut, ada baiknya untuk tidak membukakan pintu untuk mereka dan cobalah hubungi bantuan, baik penjaga kos, teman terdekat, ataupun pihak berwajib.

6. Bekali Diri dengan Alat Penunjang Keamanan

Untuk meningkatkan keamanan, kamu juga bisa membekali diri dengan berbagai alat dan senjata darurat sebagai penunjang keamanan. Kamu bisa memiliki penyemprot merica atau alat setrum sebagai alat untuk bela diri. Semakin berkembangnya teknologi kamu juga bisa memasang kamera pengintai sederhana yang terhubung dengan gadget milikmu untuk memantau orang yang melakukan hal-hal mencurigakan di sekitar kamar kos.

7. Bangun Relasi yang Baik dengan Tetangga dan Penjaga Kos

Terakhir, sebagai anak kos kamu juga perlu membangun relasi yang baik dengan sesama anak kos dan juga penjaga kos-kosan karena orang-orang inilah yang kelak bisa membantumu atau kamu mintai bantuan ketika ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Selalu miliki nomor kontak dari penjaga kos sehingga kamu bisa selalu menghubungi penjaga kos disaat-saat kamu memerlukan bantuan darurat.

Baca juga: Cara Cari Kost dekat Kampus yang Nyaman Untukmu

Dengan berbagi tips aman tinggal di kos diatas, kini kamu siap menjadi mahasiswa rantau yang siap siaga. Namun, kamu bisa buat hari-hari mahasiswa jadi lebih maksimal lagi dengan download aplikasi goKampus  di Google Play Store dan App Store. Berbagai informasi bisa kamu dapatkan di aplikasi ini mulai dari daftar kuliah, beasiswa, info magang, hingga berbagai acara kampus dan pengajuan dana pendidikan untuk permudah urusan kuliah dan mahasiswa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like