Menggapai pendidikan tinggi merupakan cita-cita kita semua, termasuk kamu. Tapi, kamu pasti mengetahui bahwa pendidikan itu tidak murah harganya. Maksudnya, membutuhkan dana yang jumlahnya tidak sedikit. Jika tidak mampu menyiapkan dana pendidikan, cita-cita tersebut tentu hanya akan menjadi angan-angan semata.

Baca Juga: Ini Dia! Cara Jitu Mengatasi Kendala Biaya Kuliah

Seperti sama-sama kita ketahui bahwa tidak sedikit yang gagal untuk kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, lebih tepatnya ke universitas baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Beragam alasan menjadi faktor utama kegagalan tersebut. Salah satunya adalah dana pendidikan.

Dana menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan sedini mungkin dalam meraih pendidikan tinggi. Tanpa mempersiapkannya dengan baik, maka sulit untuk merasakan proses belajar di bangku kuliah atau lebih fatalnya adalah berhenti ditengah jalan.

Berhenti ditengah jalan ini maksudnya ketika kamu sudah berhasil masuk ke universitas impian seperti sebut saja Universitas Indonesia dan telah menjalani beberapa semester. Namun akibat kendala biaya kuliah mahal, dimana kamu tidak mampu membayar untuk semester berikutnya. Terpaksa kamu harus merelakan proses studi tersebut.

Tentunya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi. Terlebih lagi fakta membuktikan bahwa tidak sedikit yang terpaksa mengalami kejadian yang tentu sangat merugikan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kegagalan dalam menggapai pendidikan tinggi, berikut ini 3 rahasia dalam menyiapkan dana pendidikan yang patut untuk diterapkan.

1. Lakukan Perencanaan Dana Pendidikan Dengan Matang Sedini Mungkin

Rahasia menyiapkan dana pendidikan yang pertama bukan lain adalah melakukan perencanaan dengan matang. Tanpa adanya perencanaan yang baik, mustahil untuk mencapai sebuah tujuan. Terlebih fakta menunjukkan bahwa biaya kuliah di Indonesia itu cukup mahal.

Pada rahasia pertama ini, kamu harus mengumpulkan beberapa informasi sebagai bahan perencanaan. Salah satunya mengenai informasi biaya kuliah. Pastikan kamu mengetahui informasi tersebut secara detail, mulai dari uang pangkal, biaya per semester, hingga biaya tidak terduga seperti biaya praktek.

Hitung dengan cermat seberapa besar pengeluaran untuk biaya kuliah per semesternya. Jangan dilewatkan pula untuk menghitung biaya penunjang kuliah seperti transportasi menuju ke kampus, biaya hidup selama di kampus perharinya, dan lain sebagainya. Kemudian bicarakan kepada orang tua mengenai total biaya kuliah tersebut.

2. Jangan Terburu-buru Berinvestasi

Setelah melakukan perencanaan dengan matang dan sedetail mungkin, rahasia berikutnya dalam langkah menyiapkan dana pendidikan adalah jangan terburu-buru untuk berinvestasi. Cermat dan teliti menjadi kunci dari sebuah investasi.

Tidak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan solusi untuk dana pendidikan. Tentunya mereka memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya lebih dulu mengetahui berbagai hal penting seperti tujuan keuangan, tingkat polis pengembalian, dan risiko ketika membeli produk asuransi tersebut.

Jangan terjebak pada penawaran yang menggiurkan dari perusahaan asuransi. Karena mereka tentunya akan berusaha untuk menarik pelanggan baru. Jika tidak cermat dalam mengambil keputusan, justru akan menjadi “bom waktu” yang dapat meledak sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi sebelumnya.

3. Maksimalkan Dengan Baik Program Beasiswa

Dan rahasia terakhir dalam menyiapkan dana pendidikan adalah dengan memaksimalkan program beasiswa. Berbagai pihak baik itu pemerintah, perusahaan swasta, hingga universitas menyediakan beasiswa bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menjadi hal yang sangat penting untuk memaksimalkan setiap kesempatan yang ada, termasuk program beasiswa. Ketahui kapan waktu pendaftaran beasiswa kuliah dibuka, apa saja persyaratan yang dibutuhkan, dan kapan waktu ujian berlangsung.

Persiapkan diri kamu sebaik mungkin dalam menghadapi setiap kesempatan beasiswa kuliah. Karena penting untuk diketahui bahwa bukan hanya kamu yang menginginkan dana bantuan pendidikan tersebut, tapi juga para pelajar di luar sana yang jumlahnya tidak sedikit.

Dengan menginstal aplikasi goKampus, kamu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan. Sebut saja diantaranya informasi beasiswa, daftar kuliah, kerja magang, dan berbagai informasi seputar acara-acara kampus. Persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum merasakan dunia perkuliahan dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like