Magang adalah salah satu program yang disediakan oleh pihak perguruan tinggi dalam membantu mengembangkan potensi para mahasiswanya. Karena melalui program ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan semasa di bangku kuliah secara langsung saat berada di lapangan. Keuntungan magang bagi mahasiswa lainnya adalah mereka mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: Banyak Waktu Senggang Pada Saat Kuliah?

Tak perlu merasa khawatir apabila universitas yang menjadi tempat menempuh pendidikan tinggi tidak menyediakan program magang bagi para mahasiswanya, karena magang dapat dilakukan secara mandiri. Namun harus digarisbawahi, jangan sampai mengganggu aktivitas kuliah.

Waktu terbaik untuk magang kuliah yang dilakukan secara mandiri adalah libur semester atau saat semester akhir. Pada saat menjalani semester akhir, mahasiswa tidak lagi ada jam pelajaran dan hanya fokus pada penyusunan skripsi atau tugas akhir. Tapi tentu kembali diingatkan bahwa jangan sampai magang menjadi alasan kelulusan tertunda.

Melalui program magang, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan diri sekaligus meningkatkan kemampuan yang mereka miliki, khususnya pada bidang yang mereka tekuni yang tentunya sesuai dengan program studi pilihan.

Oleh karena itu, disarankan untuk menentukan pilihan lowongan magang kuliah yang sesuai dengan jurusan pilihan. Karena sama-sama diketahui bahwa informasi lowongan magang itu tidaklah sedikit pilihannya. Hal itu bisa dibuktikan dengan mengetikkan kata kunci “lowongan magang kuliah” di mesin pencarian seperti Google, maka seketika akan bermunculan informasi-informasi yang jumlahnya begitu banyak dan beragam jenis pekerjaan yang ditawarkannya.

Selain akan menjadi tempat untuk mengembangkan diri, program magang juga akan memberikan berbagai keuntungan yang jumlahnya tidak sedikit. Berikut ini 3 keuntungan magang bagi mahasiswa.

1. Memperluas Relasi

Mendapatkan relasi menjadi keuntungan magang bagi mahasiswa yang pertama. Pada saat menjalani program magang, maka dipastikan akan bertemu dengan orang-orang baru yang tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi inspirasi dengan memberikan pengalaman guna berkarir di masa yang akan datang.

Untuk itu, bangun hubungan baik dengan rekan-rekan di tempat magang. Karena dengan hubungan baik, tidak menutup kemungkinan akan mempermudah dalam membangun karir setelah lulus kuliah nanti. Sama-sama juga diketahui bahwa tidak sedikit yang pada akhirnya tempat magang itu menjadi tempat meniti karir.

2. Mendapatkan Pekerjaan

Keuntungan magang yang kedua adalah memiliki kesempatan untuk bekerja secara full time alias berganti status menjadi seorang pekerja tetap. Namun hal itu tergantung pada evaluasi kerja selama menjalani magang. Apabila hasilnya sesuai, dimana artinya baik, maka tawaran pekerjaan akan datang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalani program magang dengan sebaik mungkin. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan menjadi batu loncatan untuk sesuatu yang besar di masa yang akan datang.

3. Mengenal Diri Sendiri

Keuntungan terakhir dari program magang adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Dengan demikian, kekurangan yang dimiliki bisa secara perlahan diperbaiki sehingga mampu berbalik menjadi sebuah kelebihan.

Namun, program magang tidak boleh mengganggu jadwal kuliah. Sehingga, menjadi hal penting untuk mengetahui rahasia magang sambil kuliah, yakni menjalani magang saat libur kuliah. Terdapat dua waktu terbaik, yaitu libur semester dan semester akhir.

Manfaatkan semaksimal mungkin dua waktu luang tersebut untuk mencari informasi lowongan magang kuliah dan jalani sebaik-baiknya. Selain mengembangkan diri sendiri, program magang tentunya juga menghasilkan pendapatan dengan nilai tertentu tergantung pihak perusahaan itu sendiri. Sehingga, nilai pendapatan tersebut dapat membantu perekonomian diri sendiri baik untuk keperluan biaya kuliah, maupun kehidupan sehari-hari dalam arti penunjang.

Mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan menjadi jauh lebih dengan hanya melalui aplikasi goKampus. Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Ragam informasi mulai dari pendaftaran beasiswa, acara kampus, hingga kerja magang dan dana pendidikan disajikan secara menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like