Mencari referensi untuk membuat tulisan atau penelitian ilmiah bisa jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Di dunia perkuliahan, permasalahan mencari referensi untuk tugas kuliah bukanlah hal yang jarang ditemukan. Kamu bisa saja menghabiskan waktu di perpustakaan untuk mencari referensi untuk tugas kuliah. Namun, ada cara lainnya untuk mendapatkan referensi penelitian ilmiah yang praktis. Yaitu mencari referensi secara online.

Tapi, apakah referensi untuk tugas kuliah yang didapatkan secara online terpercaya? Tak perlu khawatir! Berikut pilihan situs terpercaya untuk cari referensi penelitian ilmiah secara online:

Baca juga: Tips & Cara Jitu Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri

1. Perpusnas

Mencari buku-buku dan referensi penelitian di perpustakaan menjadi hal wajib saat tengah menulis karya ilmiah ataupun penelitian. Namun, jika kamu tak memiliki waktu untuk ke perpustakaan, ada banyak perpustakaan online yang bisa kamu akses menggunakan internet dengan mudah dan praktis. Salah satunya adalah e-resources.perpusnas.go.id yang merupakan portal online dari Perpustakaan Nasional Indonesia.

Jutaan referensi untuk penelitian dan tugas-tugas kuliah ataupun sekedar untuk menulis essay bisa kamu akses dengan mudah dimana saja dan kapan saja di perpusnas.go.id ini.

2. Google Scholar

Mesin pencarian “Google” merupakan salah satu cara favorit untuk mencari informasi apapun dengan mudah bagi semua orang. Namun, sayangnya tak semua informasi di “Google” bisa digunakan sebagai referensi penulisan karya ilmiah. 

Namun, kamu tak perlu khawatir karena “Google” memiliki produk mesin pencarian lain, yakni scholar.google.co.id yang hanya akan menampilkan berbagai penelitian-penelitian ilmiah yang terpercaya dan komprehensif sehingga bisa menjadi referensi dalam menulis atau membuat penelitian yang lebih berbobot.

3. Academia

Situs untuk mencari referensi penelitian dan karya ilmiah selanjutnya adalah www.academia.edu. Sama halnya dengan Google Scholar, Academia merupakan portal dimana kamu bisa menemukan berbagai jurnal-jurnal penelitian dari berbagai belahan dunia dengan topik-topik yang sangat beragam sehingga bisa membantumu sebagai referensi dalam menulis karya ilmiah ataupun jurnal penelitianmu sendiri.

4. Microsoft Academic

Alternatif lainnya untukmu mencari referensi penelitian secara online adalah Microsoft Academic. Portal yang menyajikan banyak jurnal penelitian dari berbagai penjuru dunia ini bahkan memiliki fitur untuk menyaring topik-topik penelitian tertentu untuk memudahkanmu mencari jurnal penelitian yang paling tepat untukmu.

Situs referensi penelitian ilmiah
Sumber gambar: Pixabay

5. Indonesian Publication Index

Jika kamu ingin mencari referensi penelitian dalam bahasa Indonesia, situs untuk mencari referensi karya ilmiah yang bisa kamu gunakan adalah Indonesian Publication Index fimana berbagai jurnal penelitian dari berbagai topik dalam bahasa Indonesia bisa kamu cari.

6. Open Library

Pilihan perpustakaan online lain selain Perpusnas adalah Open Library. Dengan koleksi berbagai jurnal dan e-book yang bisa diakses secara gratis, tentu situs ini bisa menjadi pilihan untuk mencari referensi penelitian yang praktis dan mudah secara online.

7. Library Genesis

Tak hanya Open Library, masih ada Library Genesis, situs perpustakaan online dengan koleksi buku-buku elektronik yang sangat kaya. Mulai dari jurnal penelitian hingga buku pengetahuan bisa kamu akses sebagai referensi penelitian ataupun membuat tugas-tugas kuliah.

Baca juga: Lebih Mahir Tulis Essay Beasiswa dengan Tips Berikut!

Dengan berbagai situs untuk mencari referensi penelitian ilmiah tersebut, kini kamu bisa lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas kuliahmu, bukan? Jika kamu ingin dapatkan informasi lebih banyak seputar dunia perkuliahan, segera download goKampus di smartphone-mu sekarang juga. Mulai dari informasi pendaftaran kuliah dan beasiswa hingga acara kampus dan dana pendidikan bisa ditemukan dengan mudah di aplikasi goKampus! Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like