Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan sastra namun masih ragu akan prospek karir seperti apa yang bisa kamu miliki? Faktanya, ada banyak sekali peluang karir untuk lulusan sastra, sehingga kamu tak perlu ragu untuk memutuskan pendidikan di jurusan sastra. Berikut adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan sastra yang bisa jadi peluang karir untukmu:

Baca juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

1. Penerjemah Bahasa dan Interpreter

Peluang kerja untuk lulusan sastra, khususnya sastra asing yang pertama adalah menjadi penerjemah ataupun interpreter. Seiring dengan era globalisasi, tentunya banyak perusahaan asing atau investor asing yang membutuhkan jasa ini. Sebagai penerjemah, kamu bisa saja menerjemahkan berbagai dokumen ataupun surat-surat tertulis lainnya. Berbeda dengan interpreter, kamu menerjemahkan bahasa asing secara lisan seperti saat mendampingi rapat dengan warga negara asing.

Tak hanya untuk kebutuhan korporasi, kamu bisa saja menjadi penerjemah buku, teks, atau berbagai dokumen untuk keperluan pendidikan, pemerintahan, ataupun institusi-institusi lainnya. 

2. Penulis

Menjadi penulis adalah prospek karir lulusan sastra lainnya yang cukup populer. Ada berbagai macam genre tulisan yang bisa kamu tulis sesuai dengan minat, mulai dari novel fiksi, cerpen, hingga puisi. Lebih lanjut, kamu bisa saja memasuki dunia broadcasting dengan menjadi penulis naskah film, script untuk sinetron ataupun pertunjukan panggung teater.

3. Editor

Selain menjadi penulis, peluang karir lainnya dari lulusan sastra adalah menjadi editor. Sebelum sebuah tulisan mampu diproduksi, sangat umum tulisan tersebut harus melalui proses editorial oleh editor. Posisi ini juga kerap menunjuk lulusan sastra karena kemampuan lulusan sastra dalam tata bahasa dan hal-hal terkait penulisan lainnya. 

Tak cuma buku, posisi editorial juga diperlukan untuk majalah, artikel berita, dan berbagai produk-produk bersifat tulisan lainnya sehingga peluang karir satu ini tergolong masih sangat luas.

4. Jurnalis

Lulusan sastra juga bisa melanjutkan karirnya di dunia jurnalis. Seperti halnya menjadi editor di kantor berita, kamu bisa saja menjadi penulis dari berita itu sendiri. Tak sedikit bahkan lulusan sastra yang melanjutkan karirnya sebagai wartawan, reporter, bahkan pembaca berita dan pembawa acara, jenjang karir yang umumnya ada di dunia jurnalistik.

5. Copywriter atau Content Writer

Prospek karir  untuk lulusan sastra selanjutnya adalah menjadi copywriter ataupun content writer. Posisi yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan periklanan dan marketing ini kini semakin banyak dicari seiring berkembangnya perusahaan-perusahaan startup dimana kedua posisi ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan konten di era digital.

Baca juga: Tipe Pekerjaan Yang Cocok Dengan Kepribadianmu

6. Industri Pariwisata

Belajar sastra, terutama bahasa asing membuatmu mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing. Kemampuan komunikasi inilah yang membuka peluangmu untuk memasuki industri pariwisata. Mulai dari menjadi pemandu wisata atau bahkan bekerja di perusahaan penyedia jasa tur pariwisata merupakan salah satu pilihan karir untuk lulusan sastra baik untuk wisatawan mancanegara yang hendak ke Indonesia ataupun wisatawan Indonesia yang hendak keluar negeri. Pilihan karir yang tepat untukmu yang gemar jalan-jalan, bukan?

7. Leksikografer

Leksikografer mungkin bukanlah profesi yang umum. Namun profesi ini adalah salah satu profesi yang sangat cocok untuk lulusan sastra. Leksikografer bertugas menulis, menyunting, dan melakukan kompilasi untuk kamus. 

8. Staff Kedutaan Asing

Kemampuan berbahasa asing dari lulusan sastra asing juga membuka prospek karir di kedutaan. Baik itu kedutaan asing yang berada di dalam negeri, atau kedutaan Indonesia yang berada di luar negeri. Setiap kedutaan tentu memerlukan staff yang mampu menguasai bahasa setempat. Hal ini untuk mempermudah operasional dan komunikasi kedutaan tersebut.

9. Pendidikan

Prospek karir untuk lulusan sastra lainnya adalah bekerja di dunia pendidikan sebagai pengajar, guru, ataupun dosen. Tak sedikit lulusan sastra yang akhirnya menjadi guru bahasa ataupun berkarir di lembaga pendidikan bahasa non-formal sebagai pengajar. 

Baca juga: Ini Dia Daftar Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Tak sedikit bukan prospek karir lulusan sastra yang bisa kamu pertimbangkan sebagai peluang kerja. Apakah kamu semakin yakin untuk melanjutkan pendidikan tinggi lulusan sastra? Download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store untuk buat urusan perkuliahan jadi lebih mudah dan praktis. Informasi seputar pendaftaran kuliah, beasiswa, hingga info magang dan acara kampus bisa kamu dapatkan cukup dengan satu aplikasi goKampus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like