Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri. Mulai dari ingin belajar hidup mandiri di lingkungan baru, mencari kualitas pendidikan yang lebih baik, hingga jurusan atau bidang studi yang diinginkan masih belum tersedia di dalam negeri. Nah, apakah kamu juga termasuk calon mahasiswa yang mempunyai rencana kuliah di luar negeri?

Kira-kira apa saja persiapan untuk kuliah keluar negeri yang harus dilakukan dan dimiliki sebelum bisa melanjutkan pendidikan di negeri orang? Jika kamu masih belum tahu apa saja yang perlu kamu persiapkan, berikut adalah uraian singkat mengenai persiapan kuliah luar negeri yang harus kamu ketahui:

Baca juga: Penasaran Seperti Apa Ospek & Orientasi Kuliah Luar Negeri?

1. Riset Mendalam 

Untuk bisa mengetahui apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk bisa kuliah di negara tertentu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset mendalam. Mulai dari Universitas dan Jurusan apa saja yang tersedia di Negara tersebut dan apakah Universitas yang kamu inginkan menerima mahasiswa Internasional.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan riset sebelum kuliah keluar negeri seperti mendatangi expo-expo atau pameran universitas-universitas luar negeri, berkonsultasi dengan agen pendidikan yang ada di Indonesia hingga menggali informasi-informasi terkait lainnya secara online.

2. Persiapan Dokumen & Persyaratan Legal Lainnya

Persiapan untuk kuliah luar negeri yang cukup penting adalah dokumen-dokumen yang diperlukan. Setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk bisa diterima sebagai calon mahasiswa di universitas tersebut. 

Setelah diterima di sekolah atau universitas dan mendapatkan surat penerimaan, kamu masih membutuhkan visa belajar. Untuk bisa mendapatkan visa belajar sebagai bentuk izin belajar di negara tersebut, akan ada berbagai dokumen lainnya yang harus kamu persiapkan mulai dari surat penerimaan dari universitas, bukti kesanggupan finansial, hasil cek kesehatan, dan berbagai dokumen lainnya. Setiap negara tentu akan memiliki regulasi dan persyaratan yang berbeda-beda sehingga melakukan riset mendalam terhadap negara dan universitas yang kamu tuju sangatlah penting.

Persiapan Kuliah Luar Negeri
Sumber gambar: Pixabay

3. Persiapan Bahasa & Komunikasi

Meskipun pada umumnya Universitas yang sudah memiliki program untuk mahasiswa Internasional telah menggunakan bahasa Inggris, bukan berarti bahasa Inggris merupakan satu-satunya bahasa asing yang harus kamu kuasai sebelum memutuskan untuk kuliah keluar negeri.

Jika negara yang kamu tuju bukanlah negara yang bahasa sehari-harinya bukanlah bahasa Inggris, maka kamu perlu untuk menguasai bahasa ibu dari negara tersebut untuk bisa mempermudah komunikasi sehari-hari selama mengenyam pendidikan di negara tersebut.

4. Persiapan Biaya

Salah satu persyaratan untuk bisa mengajukan visa pelajar adalah bukti kesanggupan finansial jika kamu melanjutkan pendidikan ke negara tersebut tanpa beasiswa atau sponsor. Maka dari itu, perencanaan biaya dan keuangan merupakan persiapan untuk kuliah keluar negeri selanjutnya yang harus kamu perhatikan.

Untuk itu, buatlah perhitungan biaya yang kamu perlukan mulai dari biaya pendidikan hingga biaya hidup selama kamu berkuliah di negara tersebut. Setelah mengetahui berapa besaran biaya yang diperlukan untuk bisa kuliah di negara itu sampai lulus, pastikan kamu sudah menabung hingga semua biaya terkumpul sebelum memutuskan untuk mengajukan visa belajar.

Baca juga: Tips & Cara Jitu Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri

5. Persiapan Akomodasi

Seperti persiapan untuk mahasiswa rantau pada umumnya, akomodasi adalah hal wajib selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebelum berangkat untuk mengenyam pendidikan keluar negeri. Pastikan kamu sudah memutuskan dimana kamu akan menetap selama berkuliah di negara tersebut. Jika tempat tinggalmu tidak berada di lingkungan yang dekat, persiapkan juga informasi mengenai transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk ke kampus hingga berbagai fasilitas umum yang ada di sekitar tempat tinggal agar kelak kamu tak kesulitas dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

rahasia menyiapkan dana pendidikan

6. Persiapan Gaya Hidup

Belajar di negeri orang artinya kamu akan hidup bersama orang-orang yang memiliki budaya dan gaya hidup yang mungkin 180 derajat berbeda dengan gaya hidup yang kamu kenal selama ini. Agar tak terjadi “culture shock”, lakukan persiapan gaya hidup dengan mengetahui seperti apa kondisi lingkungan di negara tersebut seperti makanan yang umum dikonsumsi, kebiasaan-kebiasaan dan tata krama umum yang berlaku hingga gaya pergaulan di negara tersebut.

7. Persiapan Mental

Persiapan untuk kuliah keluar negeri terakhir adalah mempersiapkan mental. Hidup jauh dari rumah dan keluarga tentu akan menjadi tantangan tersendiri saat kuliah di luar negeri. Jika kamu tidak siap secara mental, bisa-bisa aktivitasmu terganggu karena sulit fokus karena memiliki beban pikiran berlebih.

Persiapan mental bisa kamu lakukan dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang terdekat dan banyak berkomunikasi, khususnya mengenai rencanamu untuk kuliah keluar negeri. Selain itu, selama berkuliah, jagalah komunikasi secara rutin agar kamu tetap merasa dekat dengan keluarga dan rumah meskipun tengah berada jauh di luar negeri.

Baca juga: 9 Negara Paling Populer untuk Melanjutkan Berkuliah

Itulah persiapan kuliah luar negeri yang wajib kamu ketahui dan lakukan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di negeri orang. Agar persiapan kuliah keluar negeri jadi lebih mudah dan praktis, kamu bisa download aplikasi goKampus. Berbagai informasi seperti beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga magang dan dana pendidikan bisa kamu dapatkan dengan mudah di aplikasi goKampus. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like