Apakah kamu mahasiswa baru yang akan segera mulai memasuki dunia perkuliahan? Kira-kira seperti apa hari pertama kuliah bagi mahasiswa baru? Apa saja hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai hari pertama kuliah? Jika kamu memikirkan hal-hal tersebut dan sejenisnya, tak perlu khawatir. 

Setelah melewati masa sekolah, tentu hari pertama kuliah menjadi hal baru yang menarik. Berikut adalah beberapa persiapan hari pertama kuliah yang wajib kamu ketahui sebagai mahasiswa baru agar hari pertama kuliah jadi lebih lancar!

Baca juga: Seperti Apa sih, Ospek & Orientasi Kampus itu?

Persiapan Hari Pertama Kuliah

1. Perlengkapan Kuliah 

Persiapan hari pertama kuliah yang paling dasar adalah berbagai perlengkapan kuliah yang memadai. Mulai dari berbagai alat tulis seperti buku, pulpen, penggaris, dan sebagainya wajib ada di dalam tas saat hari pertama mengikuti kelas perkuliahan. 

Semakin berkembangnya teknologi, kegiatan perkuliahan juga terkadang membutuhkan gadget yang memadai. Bila memungkinkan, siapkan smartphone dan juga komputer jinjing atau laptop untuk hari pertama kuliah. 

Setiap jurusan juga mungkin membutuhkan perlengkapan khusus, seperti alat gambar untuk jurusan desain ataupun kalkulator scientific untuk jurusan matematika atau fisika dan sejenisnya. Untuk memastikan tak ada perlengkapan khusus yang terlewat, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikannya dengan rekan satu jurusan ataupun senior satu jurusanmu.

2. Kenali Kampus & Lingkungan Sekitar Kampus

Hari pertama kuliah bisa menjadi momen yang pas untuk mempelajari lingkungan kampus. Sebelum memulai kegiatan, cobalah untuk mengenal lebih lanjut kampus dan juga lingkungan disekitarnya seperti dimana perpustakaan, kantin, hingga tempat print atau membeli alat-alat dan perlengkapan kuliah yang berada disekitar kampus.

Dengan menguasai lingkungan kampus dan sekitarnya, tentu kamu takkan mengalami kesulitan baik pada hari pertama kuliah dan juga hari-hari perkuliahan selanjutnya.

3. Persiapkan Rencana Kuliah untuk Semester Baru

Sebelum memulai perkuliahan, penting untuk memastikan kamu sudah mengisi KRS dan memastikan jadwal dan rencana kuliah selama semester baru akan berlangsung. Selain merencanakan kegiatan belajar dan kelas, tetapkanlah juga target untuk setiap rencana agar kamu bisa mengontrol prestasi akademik dan menghindari pengulangan semester.

Baca juga: Keuntungan Bagi Mahasiswa Yang Magang

Persiapan hari Pertama Kuliah
Sumber gambar: Pixabay

4. Gali Informasi Seputar Organisasi dan Kegiatan Kampus di luar Kelas Perkuliahan

Pada saat hari pertama kuliah, umumnya masih banyak organisasi dan juga berbagai kegiatan kampus non-akademik yang membuka pendaftarannya. Aktif di berbagai kegiatan non-akademik dan organisasi selama di kampus sangatlah penting dan mampu memberikan pengalaman-pengalaman lebih. Agar bisa memilih organisasi dan kegiatan kampus yang tepat dan sesuai minat, galilah informasi mengenai organisasi-organisasi yang ada di kampus sebelum memasuki hari pertama kuliah.

5. Bangun Relasi dengan Banyak Orang

Menjalani kegiatan perkuliahan untuk pertama kalinya tentu bisa menjadi sangat membingungkan. Untuk itulah terkadang kamu membutuhkan bantuan dari rekan-rekan seangkatanmu. Jadi, persiapan hari pertama kuliah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membangun relasi dengan rekan-rekan kuliahmu.

Selama Ospek, tentu kamu sudah bertemu dengan beberapa teman satu jurusan. Sebelum memulai kelas pertama kuliah, tak ada salahnya untuk berdiskusi dan bertanya kepada rekan untuk memastikan persiapan hari pertama kuliah sudah matang. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya dengan rekan-rekanmu jika ada yang membingungkan pada hari pertama kuliahmu.

6. Persiapan Mental di Hari Pertama Kuliah

Belajar di kelas perkuliahan akan sangatlah berbeda dengan kelas-kelas pada saat kamu masih SMA ataupun SMP. Belajar di kelas perkuliahan menuntutmu untuk lebih mandiri. Tak jarang jika banyak mahasiswa baru yang mengalami culture shock pada hari pertama kuliah.

Untuk itu, persiapan mental pada hari pertama kuliah perlu kamu lakukan. Lalu, bagaimana caranya mempersiapkan mental untuk menyambut hari pertama kuliah? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah bertanya pada rekan sesama angkatan dan juga senior atau kakak tingkat yang tentu bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai seperti apa situasi perkuliahan di kampusmu kelak.

7. Persiapan Fisik

Selain persiapan mental, persiapan fisik juga tak kalah penting untuk hari pertama kuliah. Tubuh yang kurang fit, akan menyulitkanmu untuk fokus dalam menjalani kelas perkuliahan. Untuk itu, istirahatlah yang cukup sebelum memulai hari pertama perkuliahan dan pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan juga multivitamin bila diperlukan.

Baca juga: Kamu Mahasiswa Baru? Pelajari Dunia Kuliah Yuk!

Ternyata persiapan hari pertama kuliah untuk mahasiswa baru tidaklah merepotkan bukan? Dengan melakukan persiapan yang baik di hari pertama kuliah, tentu kamu bisa lebih mudah beradaptasi dengan dunia perkuliahan dengan lebih cepat. Ingin tahu lebih banyak informasi seputar dunia perkuliahan? Download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store. Mulai dari informasi seputar acara-acara kampus, pendaftaran beasiswa, hingga kerja magang dan dana pendidikan bisa diakses dengan praktis lewat satu aplikasi goKampus saja. 

Jadi, apakah kamu sudah lebih siap hadapi hari pertama kuliah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like