Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas, pilihan pendidikan selanjutnya adalah menempuh jenjang perguruan tinggi. Namun, ada banyak sekali macam perguruan tinggi di Indonesia. Sebelum memutuskan kemana kamu akan melanjutkan pendidikan tinggi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia berikut:

Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Undang-Undang

Jika menilik pada UU no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan tinggi di Indonesia diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Pendidikan Akademik

Sistem pendidikan tinggi yang mengarah pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu. Pendidikan tinggi akademik ini termasuk program Sarjana (S1), Magister atau Master (S2), dan juga Doktor (S3)

  • Pendidikan Vokasi

Sistem pendidikan tinggi yang mengarah pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pendidikan tinggi Vokasi mencakup program Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3), dan juga Diploma 4 (D4).

  • Pendidikan Profesi atau Spesialis

Sistem pendidikan tinggi yang dapat ditempuh setelah menempuh program pendidikan sarjana dengan tujuan menguasai kemampuan spesifik yang dibutuhkan untuk menekuni profesi terkait yang relevan.

Jenis-Jenis Perguruan & Pendidikan Tinggi di Indonesia

Selain berdasarkan undang-undang, jenis-jenis lembaga perguruan tinggi juga bisa diklasifikasikan berdasarkan cakupan bidang ilmu yang tersedia yang bisa dipelajari di lembaga pendidikan tinggi tersebut. Berikut jenis-jenis perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan luas cakupan ilmu:

1. Universitas

Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan bidang ilmu yang paling luas. Universitas terdiri dari berbagai fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan ataupun vokasi. Dalam sebuah universitas kamu bisa menemukan berbagai program studi dan juga jurusan dari ragam bidang ilmu seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, hingga Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Humaniora.

Setiap fakultas di universitas juga akan menawarkan ragam jurusan spesifik yang bisa dipilih mahasiswa. Misalkan pada Fakultas Ekonomi kamu bisa menemukan jurusan Akuntansi, jurusan Marketing dan Komunikasi, ataupun Fakultas Manajemen dan sejenisnya.

2. Institut

Sama halnya dengan Universitas, Institut juga terdiri dari berbagai fakultas. Hanya saja, fakultas-fakultas yang berada di Institut berasal dari satu bidang keilmuan saja. Sebagai contoh Institut Teknologi Bandung dimana semua fakultas dan jurusan yang tersedia berfokus pada ilmu alam saja.

3. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi merupakan lembaga perguruan tinggi yang juga menyelenggarakan pendidikan akademik dan ataupun vokasi. Berbeda dengan Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi hanya menyelenggarakan program-program dari satu fakultas khusus saja. Sebagai contoh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) hanya menyelenggarakan program dalam bidang ilmu ekonomi saja sehingga jurusan yang tersedia meliputi jurusan manajemen, bisnis, akuntansi, ataupun marketing dan sejenisnya.

4. Politeknik

Politeknik adalah jenis perguruan tinggi yang hanya melaksanakan Pendidikan Vokasi dari beberapa rumpun ilmu saja. Fokus dari program-program Politeknik adalah membentuk tenaga profesional baru. . Maka dari itu, politeknik hanya menyelenggarakan program diploma D1 hingga D4 yang dikenal juga dengan gelar sarjana terapan.

5. Akademi

Seperti halnya Politeknik, Akademi juga merupakan lembaga perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Yang membedakan antara Politeknik dan Akademi adalah di Akademi hanya menyelenggarakan program studi untuk satu cabang ilmu saja. Misalnya Akademi Keperawatan yang hanya menawarkan program studi keperawatan.

Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelolaannya

Tak hanya itu, klasifikasi lembaga perguruan tinggi juga dibedakan berdasarkan pengelolaannya. Berikut jenis-jenis perguruan tinggi berdasarkan pengelolaannya:

  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Lembaga perguruan tinggi ini dikelola langsung oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan Nasional. Contoh dari PTN adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran dan lainnya.

  • Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Lembaga perguruan tinggi ini dikelola oleh pihak swasta baik berupa individu maupun kelompok atau yayasan. Contoh dari PTS antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanagara, Universitas Pelita Harapan dan lainnya.

  • Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Lembaga perguruan tinggi ini dikelola oleh pemerintah namun bukan melalui Dinas Pendidikan. Contoh dari PTK adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan juga Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Itulah berbagai lembaga pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Setelah mengetahui beragam jenis perguruan tinggi di Indonesia, sudahkah kamu temukan lembaga perguruan tinggi yang tepat untuk melanjutkan jenjang pendidikanmu selanjutnya?

Untuk membuat persiapanmu dalam melanjutkan jenjang pendidikan, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi goKampus. Tak hanya berbagai informasi seputar pendaftaran perguruan tinggi, kamu juga bisa mengetahui informasi dan mendaftar beasiswa serta mengajukan pinjaman dana pendidikan, lho! Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like