Setelah lulus SMA, kemana selanjutnya kamu akan berkuliah? Kuliah di dalam negeri atau kuliah di luar negeri? Apapun pilihanmu, kuliah di dalam negeri atau kuliah di luar negeri, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Masih bingung menentukan pilihan? Cek uraian singkat mengenai perbandingan kuliah dalam negeri dan kuliah di luar negeri berikut:

Baca juga: 7 Persiapan Kuliah Luar Negeri yang Wajib Kamu Ketahui

Perbandingan Kuliah Dalam Negeri dan Luar Negeri

1. Pertimbangan Biaya

Saat membandingkan antara pendidikan di luar negeri dan di dalam negeri, tentu biaya menjadi faktor yang paling mudah terlihat. Secara umum, biaya pendidikan keluar negeri lebih tinggi dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri. Meskipun beberapa negara terkenal karena memiliki biaya pendidikan yang sangat murah, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya hidup dan akomodasi selama kuliah di luar negeri. Berbagai biaya tambahan itulah yang membuat kuliah di dalam negeri memiliki biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kuliah keluar negeri.

Namun, untuk kamu yang memiliki keinginan berkuliah di luar negeri namun memiliki kendala dalam hal biaya, masih ada banyak sekali peluang beasiswa kuliah keluar negeri yang bisa kamu coba temukan untuk bisa mewujudkan impian kuliah keluar negeri dengan biaya lebih terjangkau.

2. Kualitas Jurusan & Pendidikan

Meskipun kuliah keluar negeri membutuhkan biaya yang tak sedikit, hal ini tentu sebanding dengan kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan. Berbagai kampus ternama dan berpredikat terbaik di dunia berada di luar negeri seperti Harvard, Stanford, dan berbagai Universitas lainnya.

Selain dikarenakan kualitas pendidikan, beberapa jurusan atau program studi tertentu masih belum tersedia di Indonesia sehingga kuliah keluar negeri menjadi salah satu cara untuk belajar di jurusan yang diinginkan. Tapi, di dalam negeri sendiri terdapat beberapa universitas ternama yang bisa jadi alternatif untuk kuliah di dalam negeri seperti Universitas Indonesia, ITB, UGM, ataupun IPB.

tips meraih beasiswa kuliah

3. Persiapan Kuliah

Bicara soal kuliah di luar negeri dan kuliah di dalam negeri, kamu juga perlu mempertimbangkan persiapan kuliah yang diperlukan. Selain mempersiapkan biaya, untuk kuliah keluar negeri kamu memerlukan persiapan lebih mulai dari perizinan dan juga dokumen seperti paspor, visa pelajar, dan berbagai dokumen lainnya. Sebagai mahasiswa Internasional, kamu juga mungkin memerlukan surat referensi atau dokumen lainnya dimana setiap Universitas dan Negara memiliki regulasi yang berbeda-beda. Dengan berbagai persiapan yang banyak ini, tentu kuliah di dalam negeri menjadi terdengar lebih praktis dibandingkan keluar negeri, bukan?

4. Persiapan Mental

Meskipun merantau bisa saja dilakukan di dalam negeri misalkan dengan berkuliah di kota lain, namun berkuliah di luar negeri membutuhkan persiapan mental ekstra. Selain bahasa dan cara komunikasi yang akan jauh berbeda, budaya dan gaya hidup yang berbeda juga berpotensi membuatmu kesulitan beradaptasi dan mengalami “culture shock”

Tanpa persiapan mental yang matang jelas kuliah keluar negeri akan terasa lebih sulit dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri.

pekerjaan sampingan untuk mahasiswa
Sumber gambar: Pixabay

5. Rencana Karir

Saat memilih antara kuliah keluar negeri atau di dalam negeri, hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah rencana karir yang kamu miliki. Untuk kamu yang memiliki rencana berkarir di luar negeri, maka berkuliah di luar negeri bisa menjadi pilihan pendidikan yang membantu. Mulai dari jaringan dan pergaulan yang bisa dibangun saat menjalani pendidikan di luar negeri. Hingga popularitas dari Universitas. 

Namun, jika kamu ingin membangun karir di dalam negeri, universitas dalam negeri ternama jadi pilihan terbaik. Karena popularitasnya yang lebih diakui serta kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri di dalam negeri.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri Terbaik

Kuliah di dalam negeri atau kuliah keluar negeri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam memilih yang mana yang paling baik, tentu kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhanmu dan rencana karir serta cita-cita yang kamu miliki. 

Ingin buat persiapan kuliah keluar negeri jadi lebih mudah dan praktis? Download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store untuk dapatkan berbagai informasi seperti beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga magang dan dana pendidikan! Sudah siap tentukan dimana kamu akan melanjutkan kuliah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like