Dunia perkuliahan adalah masa dimana untuk kita mengembangkan segala potensi yang ada demi mempersiapkan diri meniti karir di masa depan. Tak heran pula, sebagian besar perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk magang pada semester-semester akhir. Tujuannya jelas, agar para mahasiswa lebih siap terjun ke dunia kerja setelah lulus nanti.

Magang itu sendiri menurut KBBI adalah calon pegawai (yang belum diangkat secara tetap serta belum menerima gaji atau upah karena dianggap masih dalam taraf belajar)​. Dengan kata lain, magang ini sebagai momen belajar bagi para mahasiswa tentang bagaimana dunia kerja secara profesional.

Baca Juga: 3 Keuntungan Jadi Mahasiswa Aktif Selagi Kuliah

Banyak sekali manfaat yang akan dirasakan ketika kita melakukan magang. Diantaranya seperti meningkatkan wawasan, memperluas jaringan, ​berkesempatan untuk dapat pekerjaan​ dan penghasilan tambahan​.

Lantas, bagaimana jika kita berencana untuk magang? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak 3 persiapan sebelum magang kuliah yang satu ini agar berjalan sesuai dengan rencana.

Research Magang Kuliah

Persiapan pertama sebelum kamu memutuskan untuk magang kuliah adalah dengan lebih dulu melakukan research. Ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam mengambil langkah.

Research yang dimaksud meliputi: pencarian informasi magang kuliah, apa saja benefit yang akan diterima, dan lain sebagainya. Pastikan informasi mengenai program magang yang kamu cari itu benar-benar lengkap. Mulai dari posisi atau jabatan yang akan kamu tempati, lokasi perusahaan, jam kerja, benefit, dan lain sebagainya. Karena perlu diketahui bahwa masing-masing perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda.

Melakukan research di era modern seperti sekarang ini tentu bukan hal yang sulit. Tak perlu lagi pergi ke warnet (warung internet) hanya untuk browsing (menjelajah dunia maya atau internet). Cukup gunakan smartphone yang kamu genggam sekarang, segala informasi langsung diperoleh begitu mudah!

Research ini juga bisa kamu lakukan dengan tanya dan diskusi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Misal, tanya ke kakak angkatan, teman, ataupun keluarga yang pernah magang sebelumnya.

Siapkan Dokumen Magang

Setelah research, persiapan magang kuliah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan dokumen magang. Layaknya melamar pekerjaan, magang pun demikian, karena pihak perusahaan akan melihat dokumen kamu terlebih dahulu sebelum nanti melakukan interview.

Dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan untuk magang, dua diantaranya adalah cover letter dan curriculum vitae (CV). Cover letter itu sendiri adalah surat pengantar yang berisikan tentang ragam informasi seperti alasan magang, lowongan magang darimana, dan lain sebagainya. Sementara CV, adalah  dokumen yang berisikan tentang informasi diri sendiri, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, hingga kemampuan yang dimiliki.

Pastikan dokumen yang kamu bikin untuk keperluan magang ini adalah yang sebenar-benarnya alias tidak ada kebohongan. Hal itu karena selain merusak citra diri sendiri, juga bisa mengakibatkan kamu kena hukuman pidana.

Latihan Interview

Dan persiapan terakhir sebelum magang kuliah adalah dengan melakukan latihan interview. Ini menjadi persiapan yang tidak kalah pentingnya, karena pihak perusahaan akan menilai kamu seutuhnya ketika interview.

Setiap interview akan selalu terasa sama. Deg-deg an, gugup, hingga mungkin terbata-bata saat menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, menjadi penting untuk kamu lebih dulu latihan interview.

Caranya mudah, kamu bisa menggunakan cermin untuk melihat diri kamu sendiri ketika berbicara. Atau, kamu bisa ajak teman maupun anggota keluarga untuk menjadi interviewer agar terbiasa berkomunikasi saat menjawab.

Kamu memang harus melakukan segala hal di rumah di masa pandemi ini, namun kamu tetap bisa daftar kuliah kok! Caranya sangat gampang, cukup melalui aplikasi goKampus, kamu langsung diterima di kampus pilihan loh!

Tak berhenti disitu, dengan download aplikasi goKampus yang sudah tersedia di App Store dan Google Play Store, kamu juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Untuk kamu yang juga butuh informasi magang, event kampus dan dana pendidikan, kamu juga bisa cukup mengandalkan aplikasi goKampus. Satu lagi, di aplikasi goKampus, banyak promo yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like