Belajar tak hanya mencakup apa yang kamu pelajari dibangku perkuliahan. Dengan bekerja magang, lebih banyak ilmu-ilmu praktis yang bisa kamu dapatkan dan mungkin tak bisa ditemukan saat belajar di kelas-kelas yang ada di perkuliahanmu. Tak heran jika banyak mahasiswa tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk magang atau internship semasa kuliah.

Tak sedikit juga yang bahkan telah membangun karir impian mereka sejak melamar magang atau internship. Kamu tertarik untuk mulai internship atau tengah kebingungan mencari tempat magang yang menjanjikan? Simak tips mencari internship atau tempat magang yang tepat

untuk anak kuliahan berikut:

1. Pilih tempat magang yang sesuai dengan prospek karir impian dan bidang studi

Mencari tempat magang yang baik harusnya sesuai dengan industri dimana kamu ingin memiliki prospek karir. Pastikan juga di tempat magang yang kamu pilih, kamu bisa memperdalam berbagai hal yang telah kamu pelajari sebelumnya di bangku perkuliahan.

Tak perlu utamakan skala perusahaan, selama perusahaan tersebut berada di industri yang sesuai dengan karir impian serta menawarkan posisi dimana kamu bisa mempelajari berbagai skill yang kamu perlukan untuk menunjang karirmu kelak.

2. Mulai perbarui CV dan tonjolkan nilai jual yang kamu miliki!

Setelah mengetahui perusahaan dan posisi seperti apa yang ingin kamu jadikan target tempat internship, kini saatnya membuat atau memperbarui CV milikmu. Selain data pribadi, tonjolkanlah kemampuan dan juga pengalaman kerja yang kamu miliki.

Namun, karena kamu sudah mengetahui industri dan juga posisi dimana kamu melamar magang, fokuskanlah semua informasi di CV yang relevan dan mampu menjual kemampuanmu kepada perusahaan.

3. Ketahui skill dan pengalaman yang ingin kamu dapatkan

Posisi dan perusahaan dimana kamu magang akan menentukan pengalaman serta skill apa yang akan kamu dapatkan. Meskipun terdapat banyak batasan pada saat berkarir sebagai pegawai magang, tak ada salahnya lakukan riset mendalam mengenai posisi yang kamu lamar untuk memperkirakan skill dan pengalaman seperti apa yang akan kamu dapatkan kelak dan apakah hal tersebut sesuai dengan tujuanmu dalam mencari pekerjaan magang.

4. Aktif di media sosial dan situs pencarian kerja

Peluang magang kini bisa datang dari mana saja. Selain mengirimkan langsung CV yang telah kamu milik, kamu juga perlu aktif di berbagai forum dan juga situs pencarian kerja karena kini sudah banyak sekali peluang pekerjaan magang yang dipublikasikan secara online. Salah satu yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan fitur “Magang” yang terdapat pada aplikasi goKampus dimana kamu bisa mengajukan lamaran internship secara online dengan mudah.  

5. Dikusikan dengan teman dan juga berbagai forum

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tempat magang dan juga karir, tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan teman-temanmu atau senior terutama mereka yang telah memiliki pengalaman magang sebelumnya untuk mendapatkan perspektif baru serta tips mencari magang tambahan. Hal ini juga bisa kamu dapatkan dengan aktif di berbagai forum pendidikan seperti forum jurusan atau forum kampus.

6. Jangan lupakan persiapan wawancara!

Telah mengajukan lamaran magang ke berbagai perusahaan, jangan lupa untuk persiapkan wawancara. Salah satu tahap lamaran pekerjaan setelah CV milikmu diterima adalah wawancara. Tak hanya persiapan fisik yang prima, pastikan juga kamu telah membekali diri dengan segala wawasan seputar perusahaan, pekerjaan, serta industri dimana kamu akan magang untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat.

7. Jangan buang-buang waktu, isilah waktu luang dengan kegiatan bermanfaat

Proses mencari pekerjaan magang bisa memakan waktu yang tidak sebentar. Janganlah putus asa dan teruslah mengajukan CV serta surat lamaran serta melakukan follow up terhadap semua lamaran pekerjaan magang yang tak terjawab.

Namun, selama menunggu, jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia. Isi waktu luang yang kamu miliki dengan berbagai kegiatan bermanfaat seperti aktif di organisasi, mengikuti program volunteer, atau perdalam skill tertentu dengan mengikuti kursus. Hal-hal positif ini kelak juga akan menjadi nilai jual lebih yang bisa kamu tonjolkan untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan kesempatan magang di perusahaan impian.

Dengan berbagai tips mencari tempat magang di atas, kamu tak sekedar mendapatkan intership, tapi juga memanfaatkan momen magang untuk pembelajaran lebih lanjut serta membangun pondasi untuk memulai karir impianmu. Yuk, mulai cari pengalaman magang terbaikmu!

Dan, untuk kamu yang ingin memaksimalkan pengalaman selama berkuliah atau mencari informasi-informasi seputar pendidikan, kamu bisa download aplikasi goKampus di smartphone-mu. Mulai dari informasi tempat magang hingga beasiswa dan dana pendidikan, bisa kamu temukan lewat satu aplikasi go Kampus. Download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Storedan nikmati berbagai fitur dari aplikasi goKampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like