Terkadang kebutuhan mahasiswa bisa sangat besar sehingga tak jarang mahasiswa mencoba mencari penghasilan tambahan. Jika kamu termasuk mahasiswa yang hendak mendapatkan penghasilan tambahan selama kuliah, bekerja part time atau paruh waktu bisa jadi salah satu solusi. Tertarik mencoba bekerja paruh waktu selama kuliah? Berikut rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang bisa kamu coba tanpa mengganggu waktu kuliah dan belajar:

Baca juga: Ini Dia! Cara Jitu Mengatasi Kendala Biaya Kuliah

Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Berjualan Online

Rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa pertama adalah berjualan online. Tak perlu takut tak memiliki modal untuk memulai online shop karena kini ada banyak cara berjualan online tanpa perlu modal seperti menjadi reseller atau dropshipper dimana kamu menjual produk-produk dari online shop milik orang lain.

2. Freelance

Semakin berkembangnya teknologi, mencari pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa menjadi lebih mudah. Tak cuma berjualan online, ada juga banyak situs dimana kamu bisa menemukan peluang bekerja secara freelance untuk berbagai bidang. Mulai dari menjadi penulis, graphic designer, web developer, translator hingga fotografi. Keuntungan selain uang tambahan, kamu bisa mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan bidang kuliahmu untuk menambah pengalaman kerja sekaligus belajar.

3. Mengajar atau Menjadi Tutor

Alternatif pekerjaan paruh waktu yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjadi guru bimbingan belajar atau tutor untuk siswa sekolah atau junior di kampus. Dengan mengajar secara privat, kamu bisa menyesuaikan jadwal mengajar dan juga kelas kuliah sehingga pekerjaan sampingan ini tak mengganggu perkuliahanmu.

Jika kamu memiliki kemampuan khusus seperti bahasa inggris atau piano, maka hal tersebut bisa menjadi nilai jual tambahan untukmu bisa menemukan murid les privat.

4. Barista atau Pelayan

Kini, coffee shop atau tempat nongkrong sejenisnya makin menjamur, terutama di daerah-daerah kampus. Untuk itu, menjadi barista atau pramusaji paruh waktu bisa jadi salah satu peluang untuk penghasilan tambahan. Apalagi umumnya tempat-tempat tersebut menyediakan lowongan pekerjaan paruh waktu dengan shiftshift sehingga kamu masih bisa bekerja paruh waktu sembari berkuliah.

5. Blogger atau Vlogger

Pilihan lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama kuliah adalah dengan menulis Blog atau membuat Vlog. Alternatif pekerjaan sampingan ini terbilang susah-susah gampang dan membutuhkan waktu lebih untuk bisa menghasilkan uang. Setelah Blog atau Vlog yang kamu buat ramai, maka kamu bisa memasang iklan atau melakukan endorsement produk untuk mendapatkan uang dari Blog atau Vlog yang kamu miliki. Selain Blog dan Vlog, ada banyak sekali pilihan media sosial yang bisa kamu coba eksplorasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Bekerja Paruh Waktu sebagai Event Organizer

Untuk bisa menjalankan sebuah acara, dibutuhkan cukup banyak tenaga terutama pada hari-H acara. Tak heran, banyak perusahaan event organizer yang membuka lowongan untuk panitia acara mulai sebagai liaison officer, usher, dan berbagai peranan panitia acara lainnya. Hal ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada saat kuliah.

7. Investasi

Cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama kuliah selanjutnya ini cocok untuk kamu yang tertarik dalam dunia trading dan investasi. Kini melakukan investasi pasar sahan dan reksa dana bisa dilakukan dengan mudah secara online dan dengan modal yang relatif kecil. Untuk itu kamu bisa mencoba untuk memulai investasimu sendiri. 

Meskipun diperlukan kejelian dalam melakukan investasi pasar saham, namun keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup lumayan, lho!

Baca juga: Ingin Magang? Yuk, Persiapkan 3 Hal Wajib Ini!

Alternatif pekerjaan sampingan untuk mahasiswa mana yang paling cocok untukmu? Jika kamu memang memiliki kendala dana selama perkuliahan, solusi lain yang bisa kamu coba adalah dengan mengajukan dana pendidikan melalui aplikasi goKampus. Tak cuma dana pendidikan, aplikasi goKampus juga memiliki fitur-fitur lainnya yang akan mempermudah kehidupan perkuliahanmu seperti informasi beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga berbagai acara kampus dan informasi magang. Download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like