Pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Dengan semakin tinggi status pendidikan yang kamu miliki, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mewujudkan cita-cita, dalam hal ini pekerjaan. Untuk itulah, kuliah kelas karyawan jadi pilihan alternatif. Jika masih ragu, ini beberapa alasan yang menguatkan pilihan tersebut.

Baca Juga: Apa Bisa Kuliah Sambil Kerja? Bisa!

Tidak semua orang bisa mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Salah satu faktor terbesarnya bukan lain adalah biaya. Karena tentu sama-sama kita ketahui bahwa biaya kuliah di Indonesia itu terbilang tidak murah, harus merogoh kocek cukup dalam.

Jika sebelumnya tidak memiliki tabungan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, maka kembali belajar di bangku kuliah cukup sulit untuk dilakukan. Inilah mengapa sejatinya mempersiapkan dana pendidikan itu sangatlah penting untuk dilakukan sedini mungkin.

Biaya kuliah yang mahal memang bisa diatasi dengan mengajukan beasiswa, mengingat tidak sedikit program beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, universitas, hingga perusahaan swasta.

Akan tetapi, tidak semua orang berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Alasannya tentu karena terdapat serangkaian tahap yang harus dilalui oleh para pelamar untuk memperoleh dana bantuan pendidikan tersebut.

Sehingga tidak sedikit para lulusan SMA/SMK dan sederajatnya memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan kembali melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Namun tahukah kamu bahwa kerja sambil kuliah itu bisa dilakukan? Ya, karena memang beberapa universitas di Indonesia menyediakan program kuliah kelas karyawan. Tujuannya tentu saja sebagai wadah bagi orang-orang di luar sana yang berstatus sebagai pekerja namun tetap ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Tapi, apakah kuliah sambil kerja itu benar-benar memberikan manfaat pendidikan seutuhnya? Jawabannya tentu saja iya, karena perbedaan antara kuliah kelas karyawan dan kelas reguler itu hanya waktu. Kualitas dan mutu pendidikan yang diberikan tetaplah sama. Setidaknya terdapat 3 alasan kuat untuk kembali kuliah meski sudah berstatus sebagai karyawan.

1. Jam Kuliah Fleksibel

Sebelumnya telah diungkapkan bahwa perbedaan antara program kuliah kelas karyawan dengan kelas reguler itu adalah waktu. Umumnya, mahasiswa kelas reguler kuliah dari pagi hingga sore hari. Sedangkan kelas karyawan, biasanya dimulai dari sore hingga malam hari, bahkan juga di akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu. Waktu kuliah kelas karyawan tentunya tergantung pada kebijakan dari masing-masing universitas.

Jadwal kuliah tersebut tentunya tidak mengganggu jam kerja kamu sebagai karyawan kantor misalnya. Karena jam kerja kantor umumnya dimulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Sehingga, kuliah tetap bisa dijalankan meski berstatus sebagai karyawan.

2. Pilihan Program Studi Beragam

Alasan kedua mengapa kamu harus tetap kuliah meski pagi hingga sore harinya bekerja adalah pilihan program studi yang beragam. Mungkin sebelumnya, beberapa jurusan kuliah hanya tersedia kelar reguler. Namun sekarang, hampir seluruh program studi yang ada di kelas reguler, juga tersedia di kelas karyawan.

Dengan beragamnya jurusan kuliah di kelas karyawan, maka kamu dapat menentukan program studi yang sesuai, baik itu sesuai dengan pekerjaan saat ini, atau minat dan bakat diri kamu sendiri. Dalam proses pemilihan jurusan, sebaiknya pikirkan dengan matang, karena tidak sedikit kasus mahasiswa yang dimana mereka salah jurusan.

3. Mencoba Kuliah Online

Berkat perkembangan zaman yang begitu pesat, telah hadir inovasi bernama kuliah online. Program kuliah online ini pun telah tersedia di beberapa universitas swasta di Indonesia. Sebut saja Universitas Mercu Buana, Universitas Terbuka, Universitas Esa Unggul, Universitas Bina Nusantara atau Binus, dan lainnya.

Kuliah online ini maksudnya adalah setiap mahasiswa akan mengikuti proses belajar mengajar cukup dengan melalui perangkat elektronik, baik itu smartphone, komputer, maupun laptop. Meski demikian, belajar di ruangan kelas akan tetap berlangsung, hanya saja dilakukan beberapa kali dalam satu semester.

Masih merasa ragu untuk kuliah? Coba kamu Download aplikasi goKampus di smartphone-mu lebih dulu. Di aplikasi goKampus yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store, kamu akan mendapatkan berbagai informasi seputar dunia perkuliahan dan juga kampus. Diantaranya seperti beasiswa, acara kampus, pendaftaran kuliah, hingga dana pendidikan dan berbagai kesempatan magang. Jadi tunggu apalagi? Download sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like