Apakah kamu mahasiswa baru yang tengah mempersiapkan hari-hari pertama perkuliahan? Selain menyiapkan rencana studi dan juga pembelajaran, tak ada salahnya kamu juga mempertimbangkan organisasi di kampus seperti apa yang ingin kamu ikuti. Selama proses perkuliahan, pembelajaran bisa didapat dari mana saja, tak cuma di kelas tetapi juga pengalaman berorganisasi di kampus.

Lantas, apa manfaat organisasi bagi mahasiswa? Pengalaman berorganisasi akan memberikanmu softskill dan juga wawasan lain yang tak bisa ditemukan di kelas. Berikut beberapa manfaat aktif di organisasi selama kuliah yang bisa didapatkan oleh mahasiswa!

Baca juga: Seperti Apa sih, Ospek & Orientasi Kampus itu?

Manfaat Aktif di Organisasi

1. Organisasi untuk Mengasah Soft Skills

Seperti yang telah disebut di awal, salah satu manfaat ikut organisasi kampus yang paling mendasar adalah kesempatan untuk mengasah soft skills yang kamu miliki. Lalu, soft skills seperti apa yang bisa kamu asah saat aktif di organisasi?

Mulai dari bekerja sama dalam tim, berkomunikasi, hingga manajemen waktu bisa kamu latih selama aktif di organisasi kemahasiswaan di kampus. Berbagai proyek dan acara dimana kamu terlibat selama berorganisasi memberikan ruang untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, mengatur waktu, dan berbagai tantangan lainnya yang akan mengembangkan soft skills yang mahasiswa miliki.

2. Lebih Percaya Diri

Aktif di organisasi juga akan membantumu meningkatkan rasa percaya diri. Pengalaman berbicara di depan rekan organisasi serta terbiasa berhadapan dengan pihak-pihak lain yang berada di luar lingkungan kampus akan membuatmu lebih terbiasa untuk tampil di depan. 

Rasa percaya diri inilah yang akan sangat membantu mahasiswa di kelas dan di dunia profesional kelak.

3. Mengembangkan Kecerdasan Sosial

Manfaat aktif di organisasi kampus selanjutnya adalah mengembangkan kecerdasan sosial yang dimiliki mahasiswa. Berbagai kegiatan yang dimiliki organisasi membuat setiap mahasiswa berhadapan dengan beragam interaksi sosial. Hal ini akan membuat mahasiswa menjadi lebih peka terhadap lingkungan sosial dan juga orang lain. 

Baca juga: Kuliah Cuma Belajar. Benarkah?

4. Mempraktikan Teori yang Telah Dipelajari

Organisasi juga merupakan tempat untuk mempraktikan semua teori-teori yang telah dipelajari selama kelas perkuliahan. Sebagai contoh, jika kamu merupakan mahasiswa akuntansi atau bisnis, peran bendahara bisa jadi kesempatan baik untuk merasakan bagaimana benar-benar mengatur keuangan secara nyata. Untuk mahasiswa desain dan seni bisa ikut aktif dalam merancang semua keperluan desain organisasi. Dan masih banyak peran-peran serta proyek organisasi kampus lainnya yang bisa jadi ruang untuk mengaplikasikan semua yang telah dipelajari di kelas selama ini.

5. Langkah Awal melatih Kepemimpinan

Salah satu soft skills penting yang bisa didapatkan dengan aktif berorganisasi di kampus adalah kemampuan kepemimpinan. Aktif di organisasi memberikanmu kesempatan untuk dapat memimpin tim, baik dalam ruang lingkup kecil maupun besar. 

Pengalaman menghadapi berbagai macam anggota tim serta mengatur pembagian pekerjaan dan mengontrol proses berjalannya tim akan melatih jiwa kepemimpinan yang kamu miliki, soft skills yang akan sangat berguna untuk karirmu kelak.

6. Menambah Pengalaman & Portofolio

Selepas berkuliah, kamu akan mencari kerja. Sebagai mahasiswa yang baru lulus, tentu tak banyak pengalaman yang bisa ditampilkan di CV atau portfolio. Berbagai proyek dan pengalaman di organisasi kampus inilah yang kelak akan membantumu memperkaya isi CV serta portofolio sehingga lebih menarik bagi perusahaan untuk mempekerjakanmu.

7. Memperkaya Teman & Relasi 

Keuntungan aktif di organisasi lainnya adalah kamu mampu mendapatkan teman baru. Organisasi kampus membantumu menjalin relasi dengan mahasiswa lintas jurusan dan angkatan. Teman dan jaringan baru dari organisasi kampus inilah yang kelak bisa memberikan manfaat di kemudian hari.

Baca juga: 7 Tips Beradaptasi Lebih Mudah untuk Mahasiswa Rantau

Banyak sekali bukan keuntungan aktif di organisasi kampus? Tentunya manfaat aktif di organisasi ini baru bisa kamu dapatkan jika kamu terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di organisasi kampus. 

Ingin dapatkan lebih banyak informasi seputar kampus dan dunia perkuliahan? Download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang! Informasi seperti acara kampus, beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga dana pendidikan dan berbagai kesempatan magang bisa kamu akses dengan mudah di satu aplikasi saja. Download goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like