Waktu pendaftaran mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi telah resmi ditutup. Hanya tersisa sejumlah universitas swasta yang mungkin masih membuka pendaftaran. Dan sekarang merupakan hari terakhir di bulan Juli. Artinya, satu bulan lagi, tepatnya di bulan September, adalah hari pertama kuliah. Sudah siapkah kamu menghadapi hari tersebut?

Baca Juga: Kehidupan Mahasiswa Itu Beda Dengan Masa SMA

Rasa tegang dan senang terbalut menjadi satu. Senang karena akan berstatus sebagai mahasiswa meskipun itu baru. Karena status mahasiswa itu seperti sebuah gengsi yang cukup tinggi dikalangan masyarakat Indonesia. Dan merasa tegang karena masih bingung harus bagaimana bersikap, mengingat itu hari pertama kuliah.

Untuk membuat hari pertama kuliah kamu berjalan menyenangkan, berikut 5 tips sukses hadapi hari bersejarah dalam perjalanan hidupmu tersebut.

1. Kenali Lingkungan Kampus

Mengenali lingkungan kampus menjadi tips pertama untuk membuat hari perdana kuliahmu berjalan menyenangkan. Terlebih kalau kamu merupakan mahasiswa yang berasal dari kota lain, alias mahasiswa rantau. Sangat penting untuk tidak hanya mengenali lingkungan universitas yang nantinya menjadi tempat dalam mengenyam pendidikan tinggi, tetapi juga kota tempat tinggalmu semasa perkuliahan.

Kuncinya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sekarang kamu hidup di era keterbukaan informasi, tentu bukan hal yang sulit untuk melakukan hal tersebut. Carilah informasi mulai dari bahasa yang digunakan, isu terbaru, tempat nongkrong, hingga hal unik lainnya.

Ini menjadi langkah yang sangat penting untuk dilakukan, karena pastinya kamu akan berbicara dengan orang yang tentu belum kamu kenali sebelumnya. Memiliki bekal pengetahuan umum akan menjadi bahan obrolan dengan orang baru dan tentunya mempermudah beradaptasi.

2. Jadilah Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri menjadi sebuah kewajiban pastinya untuk kamu terapkan dalam menghadapi hari pertama kuliah nanti. Hindari untuk bergaya secara berlebihan, karena pastinya orang lain akan senang dengan sikap yang humble.

Janganlah bersikap sombong dan angkuh, meskipun kamu sebelumnya pernah menjadi juara olimpiade. Tetaplah jadi pribadi yang menyenangkan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga orang disekitar. Karena perlu diingat bahwa kakak senior akan memantau diri kamu selama masa PMB (Perkenalan Mahasiswa Baru).

3. Beretika Yang Baik

Etika yang baik menjadi tips berikutnya yang akan membuat hari pertama kuliah kamu berjalan menyenangkan. Etika baik ini tidak hanya meliputi tingkah laku, tetapi juga busana yang kamu pilih saat menjalani masa PMB.

Barangsiapa yang menunjukkan kepribadian baik, maka Ia akan cepat diketahui dan dihormati. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang baik bukan hanya untuk mencari “nama” belaka, tetapi juga memang itulah diri kamu sebenarnya.

4. Ikuti Seluruh Agenda PMB

Selanjutnya dalam tips sukses menghadapi hari pertama kuliah agar berjalan menyenangkan adalah mengikuti seluruh agenda PMB dengan baik. Umumnya, PMB berlangsung selama 3 hari, seperti halnya Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Untuk itu, persiapkan diri kamu sebaik mungkin, mulai dari kesehatan hingga berbagai perlengkapan, demi dapat menjalani seluruh agenda PMB dengan maksimal.

5. Jangan Merasa Takut

Tips terakhir menjadi hal yang tidak kalah pentingnya untuk kamu terapkan, yakni jangan merasa takut. Maksudnya, sama-sama diketahui bahwa tidak sedikit kasus mahasiswa baru yang diluar dugaan justru mengalami kerugian.

Apabila senior meminta suatu hal yang diluar batas, maka berani-lah untuk berbicara. Jika memilih diam, diri kamu sendiri yang akan mengalami kerugian. Jadilah pribadi yang berani untuk menghadapi hal yang tak sepatutnya untuk dilakukan.

Info-info seputar perkuliahan bisa diperoleh dengan mudah melalui aplikasi goKampus. Download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Rasakan manfaatnya seperti mendapatkan informasi acara kampus, pendaftaran kuliah, dana pendidikan, beasiswa, hingga magang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like