Pada saat memasuki dunia perkuliahan, banyak orang memutuskan untuk pindah dari kota asalnya. Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan kemandirian.

Setelah memutuskan untuk kuliah di luar kota, ada banyak hal yang harus kalian lakukan. Dari sekian banyak hal tersebut, berikut adalah lima hal yang paling penting.

  1. Kenali Kampus
    Ini tentu menjadi satu hal yang utama sebelum kamu pindah ke luar kota. Karena tujuan utama kamu adalah kuliah, kamu tentu akan menghabiskan banyak waktu di tempat ini. Kenali tempat-tempat yang nantinya akan menjadi penting di dalam kampus.
  2. Kenali moda transportasi
    Beda daerah, tentu berbeda pula moda transportasi yang ada. Kalau kamu tidak memiliki kendaraan sendiri, kenali kendaraan umum yang ada di kota tujuan kamu. Pastikan kamu sudah mengetahui tempat-tempat penting di kota tersebut dan bagaimana menuju ke sana. Dengan mengenali jalur transportasi di kota tujuan, kamu juga bisa dengan mudah menentukan tempat tinggal yang terbaik untukmu.
  3. Temukan tempat tinggal yang sesuai
    Banyak pilihan tempat tinggal saat kamu akan kuliah di luar kota. Banyak kampus yang menawarkan asrama bagi mahasiswanya. Pada umumnya asrama dapat digunakan secara gratis atau disewa dengan harga murah. Asrama juga berada di dalam kompleks kampus atau dekat dari wilayah kampus.

    Pilihan lainnya adalah kost atau apartemen. Pilih tempat yang memang tidak jauh dari kampus. Selain untuk memudahkan transportasi, di sekitar juga pasti banyak fasilitas yang memang ditujukan untuk mahasiswa.
  4. Siapkan dokumen-dokumen penting
    Bukan hanya dokumen untuk keperluan perkuliahan, dokumen yang dapat memudahkan kalian dalam menjalani kehidupan sehari-hari juga harus dibawa. Salah satu yang paling penting adalah asuransi. Dalam keadaan sakit dan tidak ada yang mengurus kalian, akan selalu lebih baik mengandalkan rumah sakit.
  5. Siapkan nomor telepon darurat
    Tidak hanya nomor telepon darurat yang bisa kamu hubungi, kamu juga harus memberikan nomor telepon darurat kepada orang tua kamu. Tujuannya adalah agar orang tua dapat menghubungi kamu pada saat nomor telepon kamu tidak terjangkau.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like