Melanjutkan pendidikan selepas SMA ke jurusan teknik memang menjadi salah satu pilihan favorit, khususnya untuk kamu yang semasa SMA mengambil jurusan IPA. Ada banyak sekali pilihan jurusan teknik yang bisa dipilih, namun jurusan teknik mana yang terbaik? Daripada bingung, simak referensi jurusan teknik favorit yang memiliki prospek menjanjikan berikut:

Baca juga: 5 Pertimbangan Memilih Jurusan

1. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik favorit pertama jurusan teknik mesin. Di jurusan ini, pembelajaran akan mesin cukup luas mulai dari otomotif, industri, hingga pengembangan energi. Hal ini membuat lapangan pekerjaan dan prospek karir dari jurusan teknik mesin cukup luas dan menjanjikan mengingat dunia permesinan masih terus berkembang dan berinovasi sehingga banyak ruang bagi kamu untuk berkarya.

2. Jurusan Teknik Sipil

Pilihan jurusan teknik selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah jurusan teknik sipil. Secara umum kamu akan mempelajari mengenai perhitungan struktur, proses konstruksi hingga merancang struktur itu sendiri. 

Berada di negara berkembang, tentu kemampuan-kemampuan seperti ini masih sangat diperlukan untuk menunjang proses pembangunan. Hal inilah yang menjadikan jurusan teknik sipil memiliki prospek yang menjanjikan. 

3. Jurusan Teknik Industri

Secara umum, jurusan teknik selanjutnya ini akan memberikanmu ruang untuk mempelajari mengenai garis besar proses industri mulai dari sisi manajemen dan juga teknik. Selain itu tentu akan ada banyak detail yang akan kamu pelajari mulai dari proses manufaktur, merancang sistem hingga sumber daya manusia.

Ketersediaan lapangan kerja bagi lulusan jurusan teknik industri masih sangatlah luas karena lulusan dari jurusan teknik industri sendiri memiliki banyak pilihan karir di dunia industri baik dalam skala besar maupun menengah ke bawah.

4. Jurusan Teknik Arsitektur

Dibandingkan pilihan jurusan-jurusan teknik sebelumnya, pilihan jurusan teknik selanjutnya ini sedikit berbeda karena kamu tak hanya bisa mengasah kemampuan teknik tetapi juga sisi seni dan juga nilai estetika. 

Ketika teknik sipil yang membangun dan melakukan perhitungan, teknik arsitekturlah yang akan memberikan sisi estetika dan fungsionalitas pada bangunan. Sama halnya dengan jurusan teknik sipil, jurusan teknik arsitektur juga masih menjanjikan prospek karir yang baik karena pembangunan yang masih menggeliat di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Jurusan Teknik Berprospek
Sumber gambar: Flickr

5. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro merupakan jurusan dimana kamu akan mempelajari segala hal mengenai kelistrikan serta teknologi dan hal-hal lain yang terkait. Prospek karir jurusan teknik elektro semakin menjanjikan dan luas seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang pesat sehingga tenaga jurusan teknik elektro menjadi sangat dibutuhkan.

Mulai dari teknologi telekomunikasi, teknik radar dan navigasi, hingga industri robotik merupakan contoh dari industri-industri dimana lulusan teknik elektro bisa berkarya.

6. Jurusan Teknik Perminyakan

Hingga saat ini, minyak bumi merupakan sumber daya yang masih memiliki harga tinggi dan sangat dibutuhkan dunia. Untuk kamu yang ingin masuk ke dalam industri ini, jurusan teknik perminyakan bisa jadi salah satu pilihan jurusan teknik yang bisa kamu pilih.

Secara umum, kamu akan mempelajari mengenai seluk-beluk penambangan fluida (minyak bumi, gas bumi, hingga panas bumi), mulai dari metode-metode penambangan, proses produksi, hingga manajemen ekonomi minyak dan gas. 

7. Jurusan Teknik Penerbangan

Meskipun masih terbilang jarang, namun jurusan teknik penerbangan menyimpan prospek karir yang sangat menjanjikan karena industrinya masih sangat berkembang serta minimnya tenaga kerja ahli yang ada, khususnya di Indonesia.

Di jurusan teknik penerbangan, kamu akan mempelajari segala hal mengenai teknologi kedirgantaraan. Industri penerbangan hingga institusi perhubungan merupakan prospek karir menjanjikan bagi lulusan jurusan teknik penerbangan.

Meskipun jurusan teknik yang telah diulas merupakan pilihan jurusan teknik favorit dan juga memiliki prospek baik, bukan berarti kamu tidak bisa mencoba berbagai alternatif jurusan teknik lainnya seperti jurusan teknik kimia, jurusan teknik nuklir, jurusan teknik fisika, dan lainnya tak bisa jadi pilihanmu dalam melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan teknik, lho. Pilihlah jurusan teknik yang juga sesuai dengan minat dan bakat serta memiliki jenjang karir sesuai dengan cita-citamu. 

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Untuk dapatkan lebih banyak informasi seputar dunia perkuliahan, kamu bisa coba gunakan aplikasi goKampus. Mulai dari daftar kuliah, informasi beasiswa, dana pendidikan, hingga berbagai informasi seputar acara-acara kampus dan juga kerja magang bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi goKampus. Buat persiapan kuliah lebih matang dengan download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like