Untuk kamu yang ingin memiliki cita-cita atau rencana karir di Industri pembangunan, jurusan Teknik Sipil atau Teknik Arsitektur bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Meskipun kedua jurusan teknik ini berbeda, kedua jurusan ini dibutuhkan dalam industri yang sama. Masih ragu akan pilihan Universitas yang tepat untuk mengambil jurusan Teknik Sipil atau Arsitektur? Berikut referensi Universitas dengan jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur terbaik di Indonesia:

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Teknik? Inilah Pilihan Jurusan Teknik yang Berprospek!

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Tak heran jika banyak jurusan atau program studi di ITB jadi pilihan favorit. Diantaranya adalah jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur. 

Program studi Teknik Sipil ITB sendiri beranjak dari salah satu Sekolah Tinggi Teknik tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1920 sebelum kemudian bergabung dalam Fakultas Teknik UI dan kemudian menjadi ITB hingga kini berdiri sebagai salah satu jurusan Teknik Sipil terbaik di Indonesia dengan akreditasi A.

Tak kalah dari jurusan Teknik Sipil, program studi Arsitektur ITB juga telah mendapatkan akreditasi A dan melahirkan banyak prestasi serta mendapatkan banyak pengakuan dari dunia Internasional. 

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia lainnya adalah program studi Arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Program studi Arsitektur di ITS telah berdiri sejak 15 September 1965. Jurusan Arsitektur Universitas yang berlokasi di Surabaya ini juga telah mendapatkan akreditasi A dan menjadi salah satu program studi unggulan dengan program S1 hingga S2 dan S3.

Sedangkan jurusan Teknik Sipil ITS sendiri lahir pada 1983 seiring perubahan nama Fakultas menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Sama halnya dengan program studi Arsitektur, jurusan Teknik Sipil ITS juga telah terakreditasi A dan telah menjalin kerjasama dengan banyak lembaga serta Universitas dari berbagai negara.

3. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (UNDIP) yang berlokasi di Semarang merupakan alternatif pilihan lainnya untuk kamu yang tengah menjadi program studi Teknik Sipil dan Arsitektur terbaik di Indonesia.

Jurusan Teknik Sipil UNDIP berdiri sejak 1958 dan menjadi salah satu sekolah teknik sipil terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Sedangkan untuk jurusan Arsitektur UNDIP yang lahir pada 1962 juga telah mendapatkan akreditasi A. Kedua program studi ini merupakan program studi favorit UNDIP untuk kamu yang ingin memilih jurusan Sipil ataupun Arsitektur.

4. Universitas Gadjah Mada

Dengan visi untuk menjadikan kualitas pendidikannya bertaraf Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan Universitas selanjutnya yang menyelenggarakan program studi Teknik Sipil dan Arsitektur terbaik di Indonesia. 

Kedua program studi ini telah mendapatkan akreditasi A dan dengan popularitas UGM sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia, tak heran jika jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Arsitektur UGM juga menjadi tujuan favorit calon mahasiswa yang tertarik pada program studi Sipil dan Arsitektur. 

5. Universitas Indonesia

Pilihan Universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan program studi Teknik Sipil dan Arsitektur terbaik selanjutnya adalah Universitas Indonesia. Dengan akreditasi A, kedua jurusan ini menawarkan banyak peminatan dan alternatif jurusan sejenisnya yang kualitasnya telah diakui bahkan oleh dunia Internasional.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Akreditasi A untuk jurusan Teknik Sipil dan jurusan Arsitektur juga bisa kamu temukan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kedua jurusan ini menjadi salah satu program studi terbaik dan favorit yang bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di bidang Teknik Sipil ataupun Arsitektur di Yogyakarta.

7. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) yang berlokasi di Malang ini telah memiliki  jurusan Teknik Sipil sejak 1963 dan merupakan salah satu program studi pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UB. Kemudian pada 1983 diselenggarakanlah program studi Arsitektur di UB.

Kedua program studi ini kini telah mendapatkan akreditasi A. Dengan pengalaman panjang dan juga akreditasi, tak heran jika Universitas Brawijaya jadi pilihan untuk jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur favorit dan terbaik.

Baca juga: 5 Pertimbangan Memilih Jurusan

Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur memiliki prospek karir yang masih sangat menjanjikan. Berbagai Universitas dengan Jurusan Teknik Arsitektur & Sipil terbaik di atas bisa menjadi alternatif pilihanmu untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik untuk memulai karir impianmu. 

Permudah pendaftaran kuliah di Universitas dengan jurusan Teknik Sipil & Arsitektur impianmu dengan menggunakan aplikasi goKampus! Tak hanya itu, berbagai informasi seputar perkuliahan mulai dari pendaftaran beasiswa, magang, hingga beragam acara-acara kampus bisa ditemukan dengan mudah di satu aplikasi saja. Download goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like