Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau juga dikenal dengan STPB merupakan perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian Pariwisata dengan secara teknis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

STP Bandung menyelenggarakan program pendidikan dari tingkat Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1), hingga Magister Manajemen Pariwisata (S2), dengan menghadirkan beberapa program studi. Salah satunya adalah jurusan Kepariwisataan.

Jurusan Kepariwisataan di STP Bandung, terdiri dari tiga program studi. S1 Studi Destinasi Pariwisata (SDP), D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP), dan Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW).

Baca Juga: Apa Itu Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung?

S1 Studi Destinasi Pariwisata (SDP)

Program S1 Studi Destinasi Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini dirancang untuk menyiapkan para ahli pariwisata yang memiliki penguasaan secara konseptual terhadap pengelolaan dan ragam aspek kebijakan Pariwisata.

Jurusan SDP ini telah terakridatasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun lama masa perkuliahannya sendiri berlangsung selama 8 semester (4-7 tahun) dengan beban studi sebanyak 145 SKS (Satuan Kredit Semester). Lulusan S1 Studi Destinasi Pariwisata akan mendapatkan gelar S.Par (Sarjana Pariwisata).

Terdapat 4 kompetensi pada jurusan SDP. Pertama, mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya pada cabang kebijakan pembangunan pariwisata dalam konteks destinasi pariwisata. Kedua, mengembangkan keahlian dalam merencanakan dan mengelola produk wisata & pelayanan, tata kelola operasi keperawisataan dan pengembangan produk pariwisata, pengembangan SDM, dan menyusun kebijakan,

Ketiga, memiliki pola berpikir sistematis dan taktis dalam proses menganalisaan peluang, kelemahan, kekuatan, tantangan, dan kendala pada kompleksitas pariwisata yang sifatnya multi dimensi dan dinamis di suatu destinasi pariwisata.

Keempat, memiliki inisiatif dan daya nalar dalam memberikan solusi terhadap permasalahan pengembangan pariwisata melalui implementable dan konseptual yang aplikatif.

D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)

Program Diploma IV (D4) Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP) telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Proses perkuliahannya memakan waktu hingga 8 semester dengan durasi waktu 4 sampai 7 tahun. Beban studi-nya sendiri sebanyak 155 SKS dengan sebutan gelar yang diberikan adalah Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Terdapat dua profil lulusan dari program D4 MDP. Pertama, Spesialis Perencana dan Pemasar Destinasi pada tingkat kawasan dan tapak pariwisata. Kedua, Tenaga Ahli muda di Konsultan Pariwisata.

Deskripsi jurusan D4 MDP merupakan program studi yang menghadirkan Sumber Daya Manusia Profesional dengan bidang keahlian Perencanaan, Kebijakan, dan Pemasaran Destinasi Pariwisata pada tingkat Regional, Nasional hingga Internasional.

Lulusan D4 MDP memiliki kemampuan secara konseptual dan teknis dalam pengelolaan destinasi pariwisata. Hal ini tidak terlepas dari keseimbangan antara pembelajaran teori dan praktik.

D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)

Program D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW) menerapkan beban studi sebanyak 155 SKS dengan masa perkuliahan 8 semester (4-7 tahun). Sebutan lulusan dari prodi ini adalah Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par). Mengenai akreditasi, prodi terakhir dalam jurusan Kepariwisataan di STP Bandung ini adalah A.

Prodi MBW terdiri dari 3 posisi atau bidang pekerjaan. Pertama, Bisnis Hiburan & Rekreasi (Resort, Amusement/Theme Park & Tourist Attractions). Meliputi, Leisure/Recreation Planner, Wellness & Visitor Club Instructor/Facilitator, Guest Services Relation. Dan Visitor Activity Programmer, Visitor Attraction & Facilities Designer, Business Development Analyst, Market & Communication.

Kedua, Bidang Konsultan Bisnis Hiburan & Rekreasi, meliputi Resort, Amusement/Theme Park & Visitor Recreation Specialist. Dan ketiga Wirausaha Bisnis & Hiburan.

Kamu tidak ingin melewatkan ragam informasi seputar dunia perkuliahan? Langsung saja download goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store! Aplikasi yang memudahkan kamu urusan kampus. Sebut saja pendaftaran kuliah, beasiswa, dana pendidikan, magang, dan promo mahasiswa serta event kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like