Untuk mendapatkan tambahan pemasukan sebagai mahasiswa tak hanya bisa dilakukan dengan cara bekerja paruh waktu, tapi juga berinvestasi.. Namun, masih banyak mahasiswa yang ragu untuk memulai investasi karena berbagai alasan seperti tak memiliki modal ataupun merasa investasi terlalu rumit untuk dilakukan seorang mahasiswa.

Padahal, ada banyak jenis investasi yang cocok untuk mahasiswa. Karena tak perlu memerlukan modal dana yang besar ataupun cara yang mudah dipelajari bahkan untuk pemula. Berikut berbagai pilihan investasi untuk mahasiswa yang mudah dan bisa dicoba sembari berkuliah!

Baca juga: 7 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Investasi Logam Mulia

Jenis investasi untuk mahasiswa pertama yang bisa kamu coba adalah investasi logam mulia alias emas. Emas memiliki harga yang stabil dan secara umum mengalami peningkatan nilai seiring waktu. Sederhananya, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi emas adalah dengan membeli emas dan menjualnya kembali ketika harga emas meningkat. 

Meskipun harga emas per gram tidaklah murah, namun bukan berarti investasi satu ini membutuhkan modal yang besar. Hal ini dikarenakan kini telah banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk tabungan emas secara online sehingga kamu bisa membeli emas dalam jumlah yang sangat kecil bahkan dimulai dari 0,1 gram saja dan terus menambahkannya setiap kamu memiliki dana seperti halnya menabung.

2. Reksa Dana

Reksa dana adalah pilihan investasi yang cocok untuk mahasiswa lainnya. Dana investasi yang kamu setorkan akan dikelola oleh manajer investasi pada berbagai produk. Dan perusahaan untuk meningkatkan nilai dari reksa dana yang kamu miliki.

Keuntungan investasi reksa dana terbilang cukup menjanjikan, hanya saja tetap memiliki resiko dimana saat produk yang diinvestasikan manajer investasi tidak berhasil maka akan ada pengurangan pada nilai investasi yang kamu miliki.

Karena perkembangan teknologi kini, investasi reksa dana juga bisa dilakukan dengan sangat mudah secara online dengan nilai investasi yang sangat rendah.

3. Deposito

Umumnya, saat memiliki dana lebih yang tak terpakai, mahasiswa akan menggunakannya untuk menabung. Menabung sebenarnya merupakan salah satu bentuk investasi. Hanya saja, ada alternatif lainnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan keuntungan dari dana yang kamu miliki melalui bunga, yakni Deposito.

Deposito memungkinkanmu untuk meletakkan dana dalam jumlah dan tenggat waktu tertentu dan bisa mendapatkan bunga pendapatan yang cukup besar bila dibandingkan dengan bunga dari tabungan. Minim dari resiko, deposito jelas merupakan salah satu investasi untuk mahasiswa yang cukup banyak diminati.

4. Obligasi

Dibandingkan ketiga investasi sebelumnya, mungkin istilah Obligasi terdengar tidak familiar. Meskipun kerap dianggap sulit dan rumit, ternyata mempelajari investasi Obligasi tidaklah terlalu rumit dan masih sangat mungkin dilakukan oleh pelaku investasi pemula.

Pada dasarnya, dalam investasi Obligasi, dana yang kamu miliki akan digunakan sebagai utang kepada perusahaan atau institusi yang membutuhkan dana, dan sebagai ganti kamu akan mendapatkan bunga dari dana Obligasi tersebut. Meskipun keuntungannya tidak setinggi reksa dana, investasi satu ini tergolong cukup aman untuk dilakukan mahasiswa pemula dalam dunis investasi. 

5. Trading Saham

Pilihan investasi untuk mahasiswa selanjutnya ini mungkin terdengar cukup sulit dan sangat beresiko. Namun, tentu resiko ini diimbangi juga dengah keuntungan yang sangat tinggi. Dan, dengan perhitungan dan cara investasi yang tepat, resiko tersebut bisa dihindari.

Dalam investasi saham, sederhananya memperjualbelikan lembar saham dari berbagai perusahaan yang harganya akan selalu berubah mengikuti kondisi pasar dan perusahaan terkait. Untuk pemula, kamu bisa membeli saham dalam jumlah kecil di perusahaan yang masih memiliki harga saham relatif rendah. Namun, perlu diingat, kamu harus mempertimbangkan potensi pasar dan perusahaan agar nilai dari saham yang kamu beli tadi memiliki kemungkinan naik harganya dan tidak berkurang. Investasi saham sendiri kini sudah bisa kamu lakukan dengan mudah secara online.

Baca juga: Tips & Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa & Anak Kuliahan

Ternyata memulai investasi bisa dilakukan bahkan saat kamu masih duduk di bangku kuliah, bukan? Dengan pengalaman dan pembelajaran tentu investasi akan menjadi hal yang jauh lebih mudah dan keuntungannya bisa menjadi tambahan untuk dana pendidikan. 

Dan, berbicara soal dana pendidikan, goKampus bisa jadi alternatif lain untuk permasalahan dana pendidikanmu. Dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store kamu bisa mengajukan dana pendidikan dengan mudah secara online. Tak hanya itu, berbagai fitur yang bermanfaat untuk mahasiswa lainnya seperti acara-acara kampus, pendaftaran beasiswa, hingga kerja magang dan daftar kuliah bisa didapatkan lewat satu aplikasi goKampus saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like