Universitas negeri atau dikenal juga dengan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu pilihan yang cukup favorit bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Ada banyak sekali pilihan universitas negeri di Indonesia. Namun, mana yang paling pas untukmu?

Untuk mengetahui perguruan tinggi negeri terbaik, kamu bisa cek daftar universitas negeri terbaik di Indonesia yang baru saja dirilis QS World University Rankings pada 2019 sebagai refensimu. Dari banyaknya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, berikut adalah beberapa universitas negeri Indonesia terbaik yang berhasil masuk daftar tersebut:

1. Universitas Indonesia

Berbicara soal PTN terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang kerap bertengger di peringkat tiga besar bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juga Universitas Gadjah Mada (UGM),

Universitas negeri terbaik yang memiliki kampus utama di Depok dan juga Salemba. Cikal bakal dari terbentuknya UI adalah pada saat pemerintah kolonial Belanda mendirikan sekolah asisten dokter tambahan yang kala itu lulusannya mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor) hingga pada 2 Februari 1950 beroperasi secara resmi sebagai Universitas Indonesia.

Kini, UI telah memiliki belasan Fakultas dan lebih dari seratus program studi atau jurusan yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi ataupun pascasarjana.

2. Institut Teknologi Bandung

Seperti yang telah disebut diawal, Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu PTN terbaik di Indonesia yang pada 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng hingga pada 2 Maret 1959 dengan semangat kemerdekaan pemerintah Indonesia meresmikan Institut Teknologi di Kota Bandung.

Setelah perjalanan panjang tersebut, kini ITB memiliki tak kurang dari 47 program studi yang telah terakreditasi secara internasional.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada yang berlokasi di Yogyakarta didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan.

Meski pada saat didirikan, salah satu PTN terbaik di Indonesia ini hanya memiliki 6 fakultas, kini UGM telah berkembang dan memiliki 18 Fakultas dengan lebih dari 100 program studi atau jurusan.

4. Institut Pertanian Bogor

Awalnya, Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan fakultas pertanian dari Universitas Indonesia. Hingga pada 1 September 1693, Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus dan meresmikan Institut Pertanian Bogor sebagai perguruan tinggi mandiri.

Kini IPB telah memiliki 9 fakultas dengan lebih dari 100 program studi baik Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana di bidang pertanian.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga yang dikenal juga dengan nama UNAIR adalah universitas negeri terbaik Indonesia selanjutnya yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Cikal bakal dari UNAIR adalah keputusan Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School) sebagai lembaga pendidikan dokter di Kota Surabaya.

Setelah perkembangan dan jalan panjang, pada 1948 Universitas Airlangga menjadi cabang dari Universitas Indonesia yang memiliki 2 fakultas, yakni Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi hingga pada 10 November 1954, bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang kesembilan pemerintah meresmikan Universitas Airlangga sebagai universitas negeri mandiri.

UNAIR memiliki 13 fakultas dan lebih dari 150 program studi yang kini bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi maupun program pascasarjana.

6. Universitas Padjajaran

Perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Padjajaran yang dikenal juga dengan nama Unpad. Universitas Padjajaran didirikan secara resmi pada 11 September 1957 dan diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia pada 24 September 1957.

Pada awal berdirinya, salah satu PTN terbaik Indonesia ini hanya memiliki 4 fakultas dan kini Unpad telah memiliki tak kurang dari 16 fakultas dan lebih dari 100 program studi mulai dari program diploma, sarjana, pascasarjana, hingga pendidikan spesialis.

7. Institut Teknologi 10 November

Selain UNAIR, di Kota Surabaya juga terdapat universitas negeri terbaik lainnya yaitu Institut Sepuluh November (ITS). Awalnya ITS berdiri sebagai Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) pada 10 November 1957 hingga pada 23 Maret 1961 nama Institut Teknologi 10 November digunakan secara resmi sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1961.

ITS kini telah memiliki 10 fakultas dengan berbagai program studi dari Diploma hingga Magister dan Doktoral.

8. Universitas Diponegoro

PTN selanjutnya yang masuk daftar perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia adalah Universitas Diponegoro (Undip) yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Undip sendiri awalnya merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 1956. Dengan nama Universitas Semarang.

Nama Universitas Malang ini kemudian berganti menjadi Universitas Diponegoro pada tanggal 9 Januari 1960 oleh Presiden pertama Republik Indonesia sebagai bentuk penghargaan terhadap prestasi Universitas Semarang dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Tak hanya itu Undip yang kala itu merupakan perguruan swasta juga dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung mulai tanggal 15 Oktober 1960 yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro.

Kini Undip telah memiliki 13 fakultas dengan lebih dari 120 program studi mulai dari diploma hingga Doktoral.

9. Universitas Brawijaya

Universitas negeri terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Brawijaya (UB) yang berdiri sejak 1963 di Malang, Jawa Timur. Universitas Brawijaya sendiri kerap dianggap sebagai kampus elit yang telah sering masuk dalam daftar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Universitas Brawijaya juga merupakan universitas negeri dengan kampus terbesar dan terkaya kedua di tanah air setelah Universitas Indonesia.

Universitas Brawijaya sekarang telah memiliki 15 fakultas dengan lebih dari 100 program studi yang beragam.

10. Universitas Hasanuddin

Berada di Makassar, Sulawesi Selatan, universitas negeri terbaik selanjutnya adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) yang telah berdiri sejak 10 September 1956. Awalnya perguruan tinggi negeri ini adalah pengembangan dari Fakultas Ekonomi UI.

Terus berkembang hingga saat ini, kini salah satu PTN terbaik di Indonesia ini telah memiliki lebih dari 100 program studi dari beragam fakultas yang dimilikinya.
Itulah daftar universitas negeri terbaik di Indonesia yang bisa jari referensi dalam memilih PTN yang tepat untuk melanjutkan pendidikan tinggi-mu. Untuk mendapatkan informasi lebih update dan praktis seputar perkuliahan, download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store. Mulai dari informasi pendaftaran kuliahmagangacara dan kegiatan kampus, hingga beasiswa bisa kamu temukan cukup dengan 1 aplikasi saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like