Menjadi sebuah impian bagi setiap mahasiswa untuk mendapatkan nilai sempurna di universitas tempat mereka mengenyam pendidikan tinggi. Nilai sempurna dalam hal ini adalah nilai A. Selain akan menjadi kebanggaan untuk diri sendiri, juga untuk orang-orang yang mendukung kamu, sebut saja orang tuamu.

Namun, tidak semua mahasiswa dapat mewujudkan impian tersebut. Hal itu karena kesibukkan waktu kuliah yang tentunya padat. Mengingat bukan hanya belajar di ruangan kelas, tapi juga aktif dalam berorganisasi demi mendapatkan nilai tambahan.

Baca Juga: Apa Bisa Kuliah Sambil Kerja? Bisa!

Pintar membagi waktu menjadi hal penting untuk dilakukan. Jika tidak, bukan hanya kuliah yang berantakan, dimana justru sering bolos hingga puncaknya mendapatkan nilai buruk, tetapi juga tidak aktif berorganisasi.

Penting untuk diketahui bahwa dengan bergabung di salah satu organisasi kampus dan aktif, tidak hanya menjadi wadah untuk mengembangkan diri kamu, tapi juga tambahan nilai. Meski memang tidak seperti SMA yang mewajibkan untuk gabung dan aktif di suatu organisasi sekolah.

Untuk membantu kamu mewujudkan impian memperoleh nilai sempurna di kampus, dan tetap juga aktif dalam berorganisasi. Berikut 3 tips yang patut untuk kamu terapkan. Dijamin saat akhir semester yang ditandai dengan pembagian nilai kuliah, huruf A akan banyak menghiasinya.

1. Pelajari Kembali Materi Kuliah

Tips pertama untuk memastikan kamu mendapatkan nilai A di kampus adalah dengan kembali mempelajari materi kuliah yang telah dipelajari. Cara mudah untuk mempelajarinya adalah menulis kembali materi tersebut.

Setelah kamu selesai mengikuti salah satu kelas mata kuliah, jangan terburu-buru untuk keluar ruangan. Tulislah lebih dulu tentang poin-poin dari materi yang sudah dijabarkan secara detail oleh dosen. Cukup tulis poin pentingnya dan dengan menggunakan bahasa kamu sendiri.

Dengan begitu, ketika kamu memiliki waktu luang, menjadi lebih mudah untuk kembali mempelajari materi kuliah tersebut. Sehingga, materi kuliah yang sudah dipelajari di kelas, benar-benar kamu pahami.

2. Jangan Tunda Tugas Kuliah

Ketika kamu mendapatkan tugas kuliah dari dosen, jangan tunda untuk mengerjakannya. Karena dengan semakin kamu menunda-nunda waktu pengerjaan, maka hanya akan membenani diri kamu sendiri nantinya.

Menunda pekerjaan memang ada alasannya, mungkin saja kamu tengah disibukkan dengan kegiatan lain atau mengalami kesulitan. Namun, apapun alasan tersebut, bukan menjadi faktor utama untuk tidak mengerjakan tugas kuliah tepat waktu.

Catatan penting, jangan terburu-buru dalam mengerjakan tugas kuliah atau berpikiran asal selesai saja. Hal itu sama halnya dengan menyelesaikan sesuatu tapi tidak tahu apa yang dikerjakan. Untuk itu, kerjakan semaksimal mungkin demi hasil terbaik dan tentunya kamu memahami secara keseluruhan tentang tugas yang diberikan tersebut.

3. Aktif di Kelas

Segeralah bertanya kepada dosen apabila saat proses belajar mengajar di kelas, kamu tidak mengerti atau kurang memahami materi yang disampaikan. Karena ketahuilah bahwa gaya belajar di kuliah itu berbeda dengan kuliah. Di bangku kuliah, kamu lebih dituntut untuk aktif dalam pembelajaran.

Bagi kamu mahasiswa baru, tentu akan merasa demam panggung untuk melakukan hal tersebut, seperti bertanya atau mengungkapkan pendapat. Mata kuliah yang kamu sukai bisa menjadi awal mula untuk kamu berani aktif di kelas.

Dengan aktif di kelas, bukan hanya akan mempermudah kamu dalam memahami setiap materi yang disampaikan. Tetapi juga membuat dosen mengingat diri kamu bahwa kamu adalah mahasiswa yang aktif dan cerdas.

Ragam tips mahasiswa lainnya bisa kamu temukan dengan mudah melalui aplikasi goKampus. Sebuah aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store ini menginformasikan seputar dunia perkuliahan. Diantaranya informasi beasiswa kuliah, pendaftaran kuliah, kerja magang, dana pendidikan, hingga acara kampus. Jangan tunda lagi, download aplikasi goKampus di smartphone-mu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like