Selain bisa membantumu agar lebih mengenal dan akrab dengan lingkungan kerja, magang juga bisa saja menjadi aset untuk karirmu di masa depan, loh! Karena itu, jangan sesekali kamu menganggap remeh “masa percobaan” ini jika kamu mendapatkan kesempatan untuk magang.


Sebelum memulai magang, alangkah baiknya jika kamu meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Coba perhatikan 3 hal wajib berikut ini:

1.  Pelajari tentang perusahaan pilihanmu
Dalam hal ini, kamu mungkin tidak mendapatkan informasi tentang perusahaan secara rinci karena kamu belum bekerja disana. Namun paling tidak, cari tahulah apa yang dilakukan oleh perusahaanmu. Pelajari juga tentang etika kerja perusahaanmu supaya kamu tidak salah bersikap ataupun bingung ketika magang.

2. Pelajari secara rinci tentang pekerjaan untuk program magang yang dipilih
Hal ini penting untuk dilakukan supaya ketika menjalani magang kamu tahu apa saja yang akan dan dapat kamu lakukan nantinya. Tentunya kamu tidak mau kan jika selama magang hanya disuruh bikin kopi,  memfotokopi dokumen atau mijit karyawan lain? Ingat, fokus pada pekerjaan magangmu!

3. Cari tahu lokasi perusahaan
Terakhir dan yang tidak kamu tinggalkan juga, supaya kamu dapat memperkirakan jarak dari rumah atau kampus ke perusahaan, dan tentunya dapat meminimalisir adanya kemungkinan datang terlambat. Selain itu, kamu juga dapat memperkirakan waktu tiba di kantor dan biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like