Menjadi sebuah kabar yang sangat menggembirakan apabila dinyatakan berhasil melewati serangkaian tes dalam seleksi penerimaan beasiswa. Terlebih jika telah mencapai tahap wawancara beasiswa kuliah yang merupakan tahap terakhir dari sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh para calon penerima beasiswa.

Memasuki tahap terakhir-wawancara- dapat diartikan bahwa kamu merupakan salah satu kandidat yang kompeten untuk menerima pembiayaan studi. Namun tentu saja kamu tidak boleh merasa berpuas hati.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Unggulan Kemendikbud S1 Terbaru

Tidak sedikit yang justru harus menangis pada akhirnya karena gagal melewati tahapan wawancara. Karena perlu diketahui bahwa tes wawancara ini bisa dikatakan jauh lebih rumit dibandingkan tes tertulis. Mengingat prosesnya berhadapan langsung alias tatap muka dengan pihak penyedia beasiswa.

Namun, kamu tidak perlu merasa khawatir dan takut untuk menghadapi tes wawancara. Merasakan dua hal tersebut tentu saja tidak akan membantu kamu dalam tahap terakhir seleksi beasiswa ini, justru sebaliknya.

Simak 3 tips lolos wawancara beasiswa kuliah berikut ini! Dijamin kamu akan mampu melewati prosesnya dengan tenang sekaligus memperbesar peluang untuk melewatinya dengan keberhasilan.

1. Jangan Terlambat

Tips pertama untuk menghadapi tes wawancara beasiswa kuliah adalah jangan terlambat alias datang tepat waktu. Untuk memastikan bahwa kamu tidak terlambat, tentu saja datang satu jam dari jadwal yang telah ditentukan.

Hitung jarak dan waktu untuk menuju ke tempat wawancara. Apabila berjarak jauh, tentu saja harus datang jauh-jauh waktu. Begitu juga jika hanya berjarak beberapa kilometer, sebaiknya jangan menganggap sepele.

Dengan datang lebih awal, kamu akan jauh lebih merasa nyaman. Waktu yang kamu punya untuk menunggu pun bisa dimanfaatkan untuk menenangkan diri. Apabila kamu datang last minute, kamu dipastikan akan terburu-buru.

Hal paling berbahaya datang last minute itu adalah datang dengan terenggah-enggah, tidak fokus, dan bahkan meninggalkan berkas yang wajib dibawa saat tes wawancara. Kalau keadaannya sudah demikian, mungkin kamu hanya bisa berdoa.

Memastikan untuk tidak terlambat adalah dengan cara tidur sedini mungkin. Dengan catatan kalau waktu wawancara dilakukan pada pagi hari. Hindari untuk begadang jika tidak perlu. Kurang tidur akan berdampak besar pada saat tahapan wawancara dimulai. Kamu juga tentu akan merasa malu apabila menguap di depan pihak penyedia beasiswa akibat kurang istirahat.

2. Tahu Kelemahan Diri Sendiri

Jauh hari sebelum menghadapi tes wawancara kuliah, sekitar satu minggu, cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Kembali ingat-ingat tentang apa saja yang menjadi kelemahan dirimu dan cari tahu pula bagaimana cara mengatasinya.

Sebagai contoh, ketika kamu merasa gugup akan berkeringat banyak. Kelemahan itu bisa diatasi dengan menggunakan deodorant dan body parfum. Dengan begitu, keringat yang keluar tidak akan akan terlalu banyak dan tentu saja kamu tidak bau badan.

Satu hal lagi yang penting untuk diingat, apabila kamu tidak mengetahui jalan menuju ke tempat wawancara, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan aplikasi petunjuk arah. Tanyalah kepada orang tua ataupun sahabat tentang jalan menuju tempat tes wawancara.

3. Jujur dan Tegas

Dan tips terakhir untuk lolos tes wawancara beasiswa kuliah adalah jujur dan tegas. Jawab semua pertanyaan dari pihak penyedia beasiswa dengan jujur. Jangan sekali-kali mengarang bebas tentang diri kamu sendiri. Tegas dalam hal ini adalah jangan terlalu banyak menggunakan kata mungkin.

Apabila seketika kamu bingung dalam menjawab pertanyaan, tarik napas panjang. Hal itu akan membantu kamu menenangkan diri. Gunakan juga trik body language dan eye contact. Salah satunya adalah dengan memandang mata lawan bicara.

Dapatkan kesempatan meraih beasiswa hingga 20 juta per semester dengan hanya download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Tidak hanya itu, melalui goKampus, kamu juga bisa melakukan pendaftaran kuliah. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan pun disajikan secara lengkap dan lugas. Diantaranya acara kampus, dana pendidikan, dan kerja magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like