info beasiswa unggulan kemdikbud
Tips Belajar

Informasi Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru

Baca artikel ini sampai selesai kalau mau butuh informasi mengenai Beasiswa Unggulan. Sebuah cita-cita mulia untuk kembali mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, usai sebelumnya menyelesaikan pendidikan 12 tahun di bangku sekolah. Dengan status pendidikan setinggi mungkin, maka penghidupan layak di masa depan akan terwujud.

Akan tetapi, layaknya mengejar cita-cita, untuk kembali kuliah bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Beragam tantangan harus mampu dilewati, termasuk juga dalam mengatasi biaya kuliah yang mahal.

Baca Juga: Tes Wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Seperti bersama-sama diketahui bahwa untuk kuliah dibutuhkan dana yang jumlahnya tidaklah sedikit. Tidak seperti di bangku sekolah, dimana biaya pendidikan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui program sekolah gratis 12 tahun.

Dana pendidikan untuk kuliah pun setiap tahunnya akan selalu meningkat. Hal itu terjadi karena adanya inflasi dana pendidikan. Di Indonesia, angka inflasi jauh lebih besar dibandingkan kuliah di luar negeri.

Inilah alasan terkuat mengapa banyak sekali anak-anak pelajar di Indonesia yang memutuskan untuk tidak kembali kuliah. Beberapa dari mereka lebih memilih untuk terjun ke dunia kerja, karena langsung mendapatkan penghasilan dan mampu membantu perekonomian keluarga.

Terlepas dari alasan tersebut, perlu diketahui bahwa pendidikan adalah investasi terbaik. Paragraf awal mengungkapkan bahwa dengan status pendidikan setinggi mungkin, maka akan memperbesar kesempatan untuk penghidupan layak di masa yang akan datang.

Pendidikan tinggi memang membutuhkan dana besar. Namun itu bukan berarti menyerah untuk mewujudkan cita-cita mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada solusi dalam mengatasi permasalahan biaya kuliah yang mahal. Adalah beasiswa.

Beragam program beasiswa ditawarkan untuk para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Tidak hanya berasal dari perusahaan swasta maupun universitas, tetapi pemerintah pusat melalui beberapa kementerian menawarkan program beasiswa. Salah satunya yakni Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Apa Itu Beasiswa Unggulan Kemdikbud?

Program Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN).

Beasiswa Unggulan Kemdikbud hadir untuk mendukung upaya peningkatan sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik itu jalur gelar maupun nongelar.

Sesuai dengan fungsinya, Kemdikbud melalui program Beasiswa Unggulan bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan. Sehingga, mampu memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antar kelompok. Selain itu, juga memberikan peluang bagi masyarakat miskin dan/atau yang tinggal di daerah tertinggal.

Jenis-Jenis Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terbagi atas 3 jenis, yakni Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa 3T (masyarkat miskin dan/atau tinggal di tempat tertinggal), dan Beasiswa Pegawai Kemdikbud.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1, S2 dan S2. Program ini ditunjukan kepada masyarakat berprestasi di berbagai bidang, dan tidak diutamakan bagi dosen.

Yang pertama ini, jenis Beasiswa Unggulan Kemendikbud yang dapat kamu ikuti sebagai mahasiswa baru dan mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah (ongoing) maksimal semester 2 ketika melakukan pendaftaran.

Beasiswa Unggulan 3T adalah beasiswa yang diperuntukan bagi siswa atau maasiswa yang berasal dari daerah 3T sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.131 Tahun 2015 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.

Untuk yang kedua ini, peserta dapat mengikutinya sama seperti Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Catatan tambahan, universitas tujuan minimal terakreditasi B.

Sesuai dengan namanya, Beasiswa Pegawai Kemendikbud merupakan beasiswa bagi para karyawan atau pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan ketentuan dan persyaratan berlaku.

Dapatkan kesempatan meraih beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester hanya dengan download goKampus di Google Play Store dan App Store. Tidak hanya itu, proses pendaftaran kuliah juga bisa kamu lakukan melalui goKampus. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan seperti event kampus, dana pendidikan, hingga kerja magang tersaji dengan lengkap.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *