Jurusan-jurusan yang terdapat di Fakultas Ekonomi termasuk pilihan favorit bagi siswa-siswa yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, khususnya bagi kamu yang semasa SMA mengambil jurusan IPS. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali Sekolah Tinggi dan Universitas yang menawarkan Fakultas Ekonomi yang cukup menjanjikan. 

Masih bingung dalam memilih Fakultas Ekonomi mana yang ingin kamu pilih? Cek daftar Universitas dengan Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia berikut!

Baca juga: 9 Daftar Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI)

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia berdiri pada 18 September 1950 dan menjadikannya sebagai lembaga pendidikan tinggi ekonomi tertua di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia kemudian berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) pada 19 Februari 2015. 

Kini terdapat tiga departemen di FEB-UI yakni Departemen Ilmu Ekonomi, Departemen Manajemen, Departemen Akuntansi dan program khusus Internasional dengan berbagai jurusan dan jenjang pendidikan. Pengalaman yang panjang menjadikan FEB-UI sebagai salah satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik di Indonesia.

2. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM)

Universitas terbaik di Indonesia lainnya yang terkenal akan kualitas Fakultas Ekonomi dan Bisnisnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Dinamakan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM), pendidikan Ekonomi di UGM telah diselenggarakan sejak 1955 di bawah naungan Fakultas Hukum, Ekonomi, Sosial, dan Politik hingga pada 2007 memisahkan diri menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. FEB-UGM kini telah banyak menyelenggarakan pilihan program studi dengan berbagai jenjang dan tingkatan dengan banyak jurusan terakreditasi A menjadikannya sebagai salah satu tujuan kuliah favorit calon mahasiswa Ekonomi. 

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (FEB-Unpad)

Berdiri sejak 1957, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran adalah pilihan Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik di Indonesia selanjutnya. Dengan visi untuk menjadi ”World Class Faculty of Economics and Business in 2026” Universitas yang berada di Bandung ini menawarkan berbagai program studi mulai dari Diploma hingga S2 dan S3 dan tak kerap menjadi pilihan favorit para calon mahasiswa baru yang hendak melanjutkan pendidikannya di bidang Ekonomi dan Bisnis. 

Fakultas Ekonomi & Bisnis Terbaik di Indonesia
Sumber gambar: Pixabay

4. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB-Undip)

Fakultas Ekonomi di Universitas Diponegoro telah berdiri sejak 14 Maret 1960 dan berubah nama menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro pada 2011. FEB-Undip sendiri kini memiliki 3 Departemen dan 1 Program Studi,yakni: Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Akuntansi serta Program Studi Ekonomi Islam.

Akreditasi A yang dimiliki FEB-Undip menjadikannya sebagai salah satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik serta favorit, khususnya bagi calon mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi di kota Semarang.

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB)

Berlokasi di Kota Malang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) adalah pilihan Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia selanjutnya yang bisa jadi pilihanmu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Cikal bakal dari FEB-UB sendiri berawal dari berdirinya Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM) pada  27 Juni 1957. Melalui perjalanan panjangnya ini, FEB-UB telah menjadi Fakultas Ekonomi dengan akreditasi A dengan beragam program studi unggulan.

6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB-Unair)

Masih berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya terdapat Fakultas Ekonomi terbaik lainnya yang bisa jadi alternatif pilihan untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB-Unair). Awal mula berdirinya salah satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik di Indonesia satu ini adalah berdirinya Perguruan Tinggi Ekonomi Krisnadwipayana oleh dr. Ong Eng Djie pada tahun 1952/1953 dan kini menjadi salah satu pilihan FEB favorit di Indonesia.

7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (FEB-Unud)

Berlokasi di pulau Dewata, Universitas Udayana merupakan pilihan perguruan tinggi selanjutnya yang memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis terbaik di Indonesia. Awal berdiri, Fakultas Ekonomi Unud hanya menyelenggarakan dua program studi. Seiring berkembangkan Fakultas Ekonomi Unud yang kemudian berubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud, kini FEB-Unud telah memiliki belasan program studi bidang Ekonomi dan Bisnis mulai dari jenjang Sarjana hingga Magister (S2) dan Doktor (S3).

Baca juga: 9 Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia Akreditasi A

Memilih jurusan dan Universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Memilih Universitas dengan reputasi dan prestasi yang baik tentu menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar. Sudahkah kamu temukan Universitas dengan Fakultas Ekonomi terbaik yang paling sesuai dengan rencana pendidikanmu?

Untuk permudah proses pendaftaran kuliah kamu bisa gunakan aplikasi goKampus yang bisa di download di Google Play Store dan App Store. Informasi lainnya seperti beasiswa, mencari berbagai acara kampus dan magang serta fitur lainnya juga bisa kamu dapatkan di aplikasi goKampus dengan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like