Setiap orang tentu ingin mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik. Untuk itu, tak heran banyak universitas terbaik dan favorit di dunia yang kerap diburu para calon mahasiswa baru setiap tahunnya. Ingin tahu apa saja universitas terbaik di dunia saat ini? Berikut 10 universitas terbaik di dunia berdasarkan data dari “The Center for World University Rankings” (CWUR) untuk tahun 2019 ini!

Baca juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Universitas Terbaik di Dunia

1. Harvard University

Universitas Harvard merupakan universitas yang berada pada peringkat pertama di dunia dan juga di Amerika Serikat, tempat dimana universitas ini berada. Berdiri pada 1636, Universitas terbaik di dunia ini merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi tertua yang ada di Amerika Serikat. 

2. Stanford University

Berada satu tingkat di bawah Universitas Harvard, Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Universitas Stanford yang berada di Stanford, California, Amerika Serikat. Universitas populer yang terkenal akan kualitas pendidikannya ini didirikan pada 1885 oleh Leland dan Jane Stanford sebagai bentuk kenangan pada anak tunggal mereka, Leland Stanford Jr. yang meninggal akibat demam typhoid pada usia 15 tahun, setahun sebelum Universitas Stanford didirikan. 

Hingga kini, sudah banyak prestasi yang telah dilahirkan oleh Universitas Stanford termasuk para lulusan yang terkenal dan juga sukses pada berbagai bidang industri.

3. Massachusetts Institute of Technology

Masih berada di Amerika Serikat, Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Institut Teknologi Massachusetts yang berada di Massachusetts. Berdiri pada 1861, perguruan tinggi ini didirikan untuk mendukung industrialisasi di Amerika Serikat pada masa itu. Kini, perguruan tinggi ini memiliki peranan penting dalam perkembangan berbagai aspek dari sains modern, matematika, dan juga teknologi. Tak heran jika puluhan peraih nobel dan penghargaan bergengsi lainnya berhasil diraih oleh lulusan dari Institut Teknologi Massachusetts.

4. University of Cambridge

Universitas terbaik di dunia satu ini merupakan Universitas terbaik di Inggris dan telah berdiri sejak 1209. Universitas Cambridge sendiri merupakan salah satu universitas tertua yang ada di dunia. Dengan sejarah panjangnya, Universitas Cambridge telah menghasilkan lebih dari seratus peraih nobel dan lebih dari seratus medali olimpiade serta berbagai penghargaan dan prestasi lainnya. Hal ini membuat banyak lembaga survei dan stastitik yang kerap menempatkan Universitas Cambridge dalam tiga peringkat teratas dalam hal universitas terbaik di dunia.

5. University of Oxford

Dibawah Universitas Cambridge, universitas terbaik di dunia asal Inggris lainnya adalah Universitas Oxford. Meskipun tak diketahui secara pasti sejak kapan universitas ini didirikan, namun terdapat beberapa bukti tertulis bahwa kegiatan belajar mengajar di universitas ini telah ada sejak 1096, menjadikannya salah satu universitas tertua yang ada di dunia.

Lebih dari 25 perdana menteri Inggris merupakan lulusan dari universitas terbaik di Inggris dan dunia ini. Berbagai penghargaan seperti Nobel juga merupakan sebagian kecil prestasi dari salah satu kampus bergengsi di Eropa ini.  

6. University of California, Berkeley

Universitas terbaik di dunia selanjutnya berada di Berkeley, California. Didirikan pada 1868, Universitas California Berkeley atau dikenal dengan nama UC Berkeley telah meluluskan puluhan ribu mahasiswanya dan banyak diantaranya merupakan tokoh terkenal seperti J. R. Oppenheimer, yang dijuluki “Father of the Atomic Bomb”.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri Terbaik

7. Princeton University

Universitas Princeton yang berada di New Jersey, Amerika Serikat adalah universitas terbaik di dunia selanjutnya yang berada di Amerika Serikat. Berdiri pada 1746, menjadikan Universitas Princeton salah satu lembaga perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Berbagai lulusan dari universitas terbaik di dunia ini sendiri telah menorehkan berbagai prestasi mulai dari meraih penghargaan nobel hingga menjadi presiden Amerika Serikat.

8. Columbia University

Masih merupakan salah satu universitas tertua di Amerika Serikat, universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Universitas Columbia yang berlokasi di Upper Manhattan, New York. Didirikan pada 1754, para peneliti dan mahasiswa Universitas Columbia memegang peranan penting dalam perkembangan berbagai teknologi sains terkemuka seperti brain-computer interface; laser dan maser; nuclear magnetic resonance; berbagai teknologi nuklir lainya: dan masih banyak lagi. 

9. California Institute of Technology

The California Institute of Technology atau kerap disingkat menjadi Caltech sudah sering masuk sebagai sepuluh besar universitas terbaik di dunia. Awalnya didirikan sebagai sekolah kejuruan pada 1891, lembaga pendidikan ini menarik perhatian peneliti-peneliti berpengaruh pada saat itu sehingga pada awal abad ke-20 berubah menjadi lembaga perguruan tinggi berbentuk institut. 

10. University of Chicago

Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah The University of Chicago yang telah berdiri sejak 1890 di Chicago Hyde Park. Selain berbagai program akademiknya, salah satu universitas terbaik di dunia ini juga terkenal akan sekolah keprofesionalannya seperti Pritzker School of Medicine, Booth School of Business, Harris School of Public Policy Studies, Graham School of Continuing Liberal and Professional Studies dan berbagai sekolah profesional lainnya.

Selain di Chicago, Universitas Chicago juga memiliki beberapa tambahan kampus di berbagai belahan dunia meliputi London, Paris, Beijing, Delhi, dan Hong Kong.

11. Yale University

Berada di Connecticut, Universitas Yale termasuk salah satu universitas populer yang berada di Amerika Serikat. Telah berdiri sejak 1701, awalnya universitas ini hanya berfokus pada teologi dan “sacred language”. Namun, seiring Revolusi Amerika Universitas Yale mulai mengembangkan kurikulumnya termasuk pada bidang sains. 

Hingga kini, telah banyak lulusan Universitas Yale yang menjadi sosok berpengaruh seperti lima presiden Amerika Serikat, berbagai duta besar, hingga puluhan peraih Nobel. 

12. University of Tokyo

Universitas terbaik di dunia satu ini berada di Asia. Merupakan universitas terbaik no.1 di Jepang, The University of Tokyo yang kerap disingkat menjadi Todai merupakan Universitas yang didirikan di Bunkyo, Tokyo sejak 1877. Menjadi salah satu universitas prestisius di Jepang, Todai telah meluluskan banyak tokoh terkenal mulai dari perdana menteri Jepang, pemenang Nobel, Pritzker dan berbagai penghargaan lainnya serta astronot-astronot pertama dari Jepang.

Baca juga: Ini Dia Daftar Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Jadi, universitas terbaik di dunia mana yang jadi kampus impianmu? Agar informasi seputar kampus-mu tetap update, download aplikasi goKampus sekarang di Google Play Store dan App Store. Tak hanya berbagai informasi acara kampus dan beasiswa, melalui goKampus kamu juga bisa melakukan pendaftaran kuliah dan mengajukan dana pendidikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like