Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sangat penting untuk memiliki Visa Belajar, atau Visa Pelajar yang merupakan salah satu syarat untuk bisa menetap di suatu negara untuk kebutuhan belajar. Namun apa itu sebenarnya Visa Belajar dan apa saja persyaratan untuk bisa mendapatkan Visa satu ini? Simak ulasannya berikut:

Baca juga: Tips & Cara Jitu Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri

Apa Itu Visa Belajar ?

Secara sederhana visa merupakan dokumen untuk warga negara asing yang dikeluarkan suatu negara untuk seseorang sebagai bentuk izin memasuki negara tersebut. Jenis visa sendiri sangat beragam tergantung keperluan orang tersebut mengunjungi negara. Misalkan untuk berlibur maka visa yang dibutuhkan adalah Visa Turis atau Wisatawan. Dan untuk orang yang hendak bekerja maka diperlukan Visa Bisnis atau Visa Kerja.

Jadi, apa itu visa belajar? Visa belajar atau pelajar adalah visa yang dipergunakan bagi warga negara asing untuk tinggal di suatu negara luar. Namun dengan tujuan untuk melakukan aktivitas sebagai pelajar di institusi pendidikan yang ada di negara tersebut.

Artinya, jika kamu hendak melanjutkan pendidikan keluar negeri, maka wajib hukumnya untuk memiliki Visa Belajar dari negara yang bersangkutan. Tujuannya jelas, yakni agar kamu bisa tinggal dalam jangka waktu tertentu dan melanjutkan pendidikan di negara itu. Selain itu, hal ini juga berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas lain di negara tersebut. Seperti berbisnis ataupun bekerja di negara yang bersangkutan karena di luar kewajibanmu sebagai pelajar .

Namun, pada dasarnya setiap negara memiliki regulasi dan kebijakan masing mengenai Visa Belajar ini. Ada beberapa negara yang masih memberikan izin kepada pelajar untuk bisa bekerja paruh waktu dengan syarat dan ketentuan khusus. Untuk itu, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan detail dan teliti saat hendak mendaftarkan Visa Belajar untuk bersekolah di luar negeri.

Baca juga: Penasaran Seperti Apa Ospek & Orientasi Kuliah Luar Negeri?

Cara Mendapatkan Visa Belajar

Lalu, bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan Visa Belajar? Untuk bisa memiliki Visa Belajar, kamu harus mengajukan permohonan pembuatan Visa Belajar ke Kedutaan Besar negara tersebut ataupun instansi terkait lainnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap negara mungkin memberikan ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda, namun secara umum, berikut adalah dokumen dan persyaratan yang minimal harus kamu miliki saat hendak daftar Visa Belajar ke suatu negara:

  • Paspor (dengan masa berlaku minimal masih 6 bulan)
  • Surat penerimaan sebagai murid atau mahasiswa di universitas atau sekolah yang dituju
  • Bukti kemampuan finansial untuk bisa membiayai biaya studi di negara tersebut, contohnya fotokopi dari buku tabungan (umumnya diperuntukkan bagi calon mahasiswa non-beasiswa)
  • Sedangkan untuk mahasiswa yang menggunakan beasiswa, dibutuhkan dokumen atau surat bukti bahwa kamu merupakan pemegang beasiswa dari institusi ataupun sponsor tertentu.
  • Fotokopi dari Asuransi Kesehatan  & hasil pemeriksaan kesehatan terbaru (beberapa negara tidak mewajibkan ini)
  • Formulir pengajuan Visa Belajar (beberapa negara telah memiliki formulir online sehingga kamu tak perlu lagi membawa dokumen ini saat hendak mengajukan visa)
  • Biaya permohonan Visa Belajar (berbeda besarannya sesuai dengan kebijakan setiap negara masing-masing)

Berdasarkan persyaratan mengajukan Visa Belajar di atas, artinya sebelum mengajukan Visa Belajar kamu haruslah mempunyai perencanaan studi yang sudah sangat matang sebelum mengajukan permohonan Visa Belajar termasuk telah diterima oleh Sekolah atau Universitas di negara tersebut secara full-time dan juga memperhitungkan besaran biaya dan kesiapan finansial.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri Terbaik

Jadi, untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri Visa Belajar adalah salah satu dokumen penting yang harus kamu miliki terlebih dahulu. Agar kebutuhan akan pendidikan dan perkuliahan jauh lebih mudah, kamu bisa download aplikasi goKampus. Berbagai informasi seperti beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga magang dan dana pendidikan bisa kamu dapatkan dengan mudah di aplikasi goKampus. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like