SBMPTN atau “Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri” adalah salah satu jalur untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan serentak di tingkat nasional dan terbuka untuk semua perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. SBMPTN menjadi salah satu pilihan favorit dan langkah awal sebelum mengikuti jalur seleksi lainnya bagi calon mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Namun, karena diselenggarakan serentak di tingkat Nasional, artinya kamu akan bersaing dengan calon mahasiswa se-Indonesia lainnya. Untuk itu, diperlukan persiapan SBMPTN yang matang untuk bisa lolos dalam seleksi ketat untuk bisa masuk ke PTN favorit ini!

Baca juga: Ini Dia Daftar Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Tips Persiapan SBMPTN

1. Pahami Setiap Materi Ujian SBMPTN

Langkah pertama untuk persiapan SBMPTN adalah mengenal terlebih dahulu seperti apa SBMPTN yang akan kamu hadapi. Salah satu materi wajib yang akan kamu hadapi terlepas jurusan dan PTN yang kamu pilih adalah ujian TKPA yang meliputi Tes Potensi Skolastik, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. 

Selain itu, untuk jurusan-jurusan tertentu juga memiliki tes-tes khusus lainnya yang mungkin akan kamu ikuti selama proses SBMPTN. Lakukanlah riset mendalam mengenai materi-materi tersebut untuk membiasakan diri mengenai soal-soal dan materi seperti apa yang akan kamu hadapi di SBMPTN kelak.

2. Cicil Latihan Jauh-Jauh Hari secara Rutin

Kini kamu sudah mengetahui materi-materi SBMPTN dan tentunya materi tersebut ada banyak sekali. Mempersiapkan SBMPTN dengan materi pembelajaran sebanyak itu tentu takkan maksimal dalam waktu yang singkat. Lakukanlah persiapan SBMPTN dengan mencicil materi-materi pembelajaran tersebut sedikit demi sedikit 

3. Buat Kalender atau Jadwal Belajar

Tips persiapan SBMPTN selanjutnya untuk membantumu bisa mencicil semua materi belajar yang banyak tersebut adalah dengan mengatur kalender atau jadwal belajar rutin. Misalkan untuk materi bahasa setiap hari senin, matematika pada hari rabu dan kamis, serta bahasa inggris di akhir pekan. Aturlah jadwal dan intensitas pembelajaran ini sesuai dengan kemampuanmu dan evaluasi setiap minggunya untuk mengatur ulang jadwal sesuai dengan kebutuhan.

Tips Persiapan SBMPTN
Sumber gambar: Pixabay

4. Belajar Kelompok Sesekali untuk Diskusi

Sesekali kamu juga perlu melakukan belajar kelompok bersama teman-teman yang juga sedang melakukan persiapan SBMPTN. Diskusi pada saat belajar kelompok bisa mempermudahmu dalam memahami materi-materi pembelajaran yang mungkin sulit untuk dipecahkan pada saat belajar sendiri.

5. Variasikan Metode Belajar

Salah satu tantangan dalam persiapan SBMPTN dengan belajar rutin adalah ketika rasa bosan dan suntuk datang. Untuk itulah kamu bisa membuat variasi metode belajar agar kegiatan belajar tidak monoton dan membosankan. Selain dengan belajar kelompok, cobalah untuk mengganti suasana belajar dengan belajar di luar ruangan atau di tempat yang berbeda. Kamu juga bisa terapkan cara-cara pembelajaran lainnya seperti dengan menonton video atau mengikuti kelas-kelas tambahan di luar sekolah.

Baca juga: 5 Pertimbangan Memilih Jurusan

6. Update  Selalu Bank Soal

Mengerjakan bank soal-soal SBMPTN dari berbagai periode adalah salah satu metode persiapan klasik SBMPTN. Namun, agar strategi ini bisa lebih efektif, kamu harus terus memperbarui bank soal yang kamu miliki. Kamu bisa mencari informasi mengenai soal-soal SBMPTN melalui internet secara online, forum-forum pelajar, ataupun dengan mengikuti kelas-kelas khusus persiapan SBMPTN.

7. Ikuti Simulasi SBMPTN alias Try Out

Setelah menjalani proses belajar dan persiapan SBMPTN, bagaimana kamu bisa mengukur sejauh mana hasil dari persiapan belajar SBMPTN yang telah kamu lakukan? Caranya adalah dengan mengikuti simulasi SBMPTN ataupun Try Out yang sering diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan non-formal. 

Dengan mengikuti try out kamu bisa melihat di bagian mana kamu masih perlu mengasah kemampuan. Namun, kamu juga perlu menyiapkan mental yang kuat agar hasil dari try out yang tidak sukses tidak mematahkan semangatmu, sebaliknya justru memotivasi untuk lebih maksimal dalam persiapan SBMPTN.

8. Selalu Perbarui Informasi Seputar SBMPTN

Meskipun terdengar sepele, selalu memperbarui informasi seputar SBMPTN adalah tips persiapan SBMPTN yang sangat penting. Selalu pahami bila terjadi perubahan regulasi ataupun materi serta berbagai hal lainnya seputar SBMPTN karena berbagai informasi ini akan mempengaruhi rencana belajar dan persiapan SBMPTN yang telah kamu lakukan selama ini. Jadi, selain memantau situs dinas pendidikan, kamu juga bisa bergabung dengan forum-forum pelajar atau terus berkomunikasi dengan teman-temanmu yang juga tengah mempersiapkan SBMPTN.

9. Latih Stamina dan Fisik

Dengan banyaknya materi ujian SBMPTN, jelas jika penyeleksian SBMPTN akan banyak memakan waktu. Untuk itu dibutuhkan stamina dan fisik yang berada di kondisi fit untuk bisa membantumu tetap fokus dan mampu memaksimalkan potensi pada saat ujian SBMPTN. Pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan sehat secara rutin sebelum SBMPTN dan beristirahatlah dan berolahragalah dengan cukup agar kesehatan, stamina, dan kondisi fisik tetap prima pada saat SBMPTN.

Baca juga: Pendidikan Terbaik di 12 Universitas Terbaik di Dunia!

Dengan persiapan yang matang, tentu SBMPTN bisa terasa lebih mudah dan memperbesar kemungkinanmu untuk bisa lolos masuk ke perguruan tinggi negeri favorit. Agar persiapan kuliah dan SBMPTN lebih maksimlan, kamu bisa download aplikasi goKampus. Berbagai informasi seperti beasiswa, pendaftaran kuliah, hingga magang dan dana pendidikan bisa didapatkan dengan download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang! 

Sudah siapkah kamu hadapi SBMPTN tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like