biaya kuliah di akademi pariwisata bandung
Upskill

Biaya Kuliah di Akademi Pariwisata NHI Bandung

Banyak jalan menuju Roma. Pepatah yang tentu gak asing lagi di telinga kita semua. Arti dari pepatah tersebut, ingin menegaskan bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, ada banyak jalan yang bisa kita lalui. Begitu juga dengan ambisi mengenyam pendidikan tinggi di Akademi Pariwisata NHI Bandung.

Biaya kuliah di Akpar NHI Bandung tentu jumlahnya gak sedikit. Meski begitu, sejatinya bukan menjadi penghalang besar untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan, sekaligus juga mengembangkan diri di bidang pariwisata.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

Baca Juga: Wajib Tahu! Program Pendidikan AKPAR NHI Bandung

Namun, kamu juga harus mengetahui bahwa kualitas pendidikan Akademi Pariwisata NHI Bandung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dalam bidang pariwisata. Perguruan tinggi swasta ini berdiri dan dikelola oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung alias STPB.

STP Bandung adalah perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Pariwisata Indonesia. Namun, secara teknis akademis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lah yang mengelola STP Bandung ini.

Dengan kata lain, biaya kuliah di NHI Bandung sebanding dengan kualitas pendidikan. Gak heran, mengapa banyak pelajar Tanah Air yang berencana untuk mengenyam pendidikan tinggi di Akpar NHI Bandung, mungkin termasuk diri kamu.

Perkiraan Biaya Kuliah di Akademi Pariwisata NHI Bandung

Yang jadi pertanyaanmu selanjutnya, seberapa besar sih biaya kuliah di Akpar NHI Bandung? Berikut perkiraan biaya kuliah di NHI Bandung tahun akademik 2019/2020. Data ini goKampus kutip langsung dari situs resmi kampus tersebut.

Akademi Pariwisata NHI Bandung menyelenggarakan pendidikan Diploma III dengan program studi Perhotelan. Pada prodi ini, terdapat empat peminatan, yakni Room Service, Food & Beverage Service, Kitchen, dan Pastry.

Untuk biaya kuliah peminatan Room Service dan F&B Service, total sebesar Rp11.600.000 per semester. Angka tersebut merupakan akumulasi dari uang registrasi Rp100.000, BPP/Uang kuliah Rp10.000.000, PDSP/Ospek Rp750.000, Kemahasiswaan Rp500.000 dan Ikatan Orang tua Mahasiswa sebesar Rp500.000.

Sebagai catatan, uang PDSP/Ospek, Kemahasiswaan dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa hanya akan kamu bayar pada semester pertama. Namun, di semester 4, mahasiswa kembali akan membayar biaya Kemahasiswaan dan Ikatan Orang Tua dengan masing-masing sebesar Rp250.000 dan Rp200.000. Begitu juga di semester akhir, masih dengan angka sama. Namun, untuk Ikatan Orang Tua Mahasiswa, biayanya Rp150.000.

Informasi tambahan bahwa Uang Kuliah atau BPP setiap semesternya berbeda-beda di Akademi Pariwisata Bandung pada Semester 1 dan 2, yaitu Rp10.000.000. Untuk semester 3 dan 4, sebesar Rp9.500.000 dan semester 5 dan 6 sebesar Rp9.000.000.

Sementara, untuk peminatan Kitchen dan Pastry, total biaya pada semester awal adalah Rp13.100.000. Rinciannya, uang registrasi Rp100 ribu, BPP/Uang Kuliah 11,5 juta, PDSP/Ospek Rp750 ribu, Kemahasiswaan Rp500 ribu, dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa, Rp500 ribu.

Pada semester 2, total biaya hanya sebesar Rp11.600.000, di mana hanya meliputi uang registrasi dan BPP. Untuk semester 3, biayanya Rp11.100.000. Semester 4 total sebesar Rp11.550.000. Total untuk semester 5 adalah Rp9.100.000 dan semester 6 hanya Rp9.500.000.

Terdapat biaya tambahan sebesar Rp2.500.000 pada saat registrasi awal, yakni Biaya Sumbangan Pembangunan. Nominal tersebut adalah angka minimal.

Penggunaan Biaya Kuliah di Akpar NHI Bandung

Seluruh biaya yang masih dalam perkiraan tersebut tentunya untuk keperluan perkuliahan. Misalnya, uang kuliah pendidikan per semester, seragam teori dan praktik, bahan praktikum mahasiswa di kampus, serta bahan ajar atau diktat perkuliahan.

Selain itu, penggunaan biaya kuliah di Akademi pariwisata NHI Bandung juga sebagai kunjungan industri ke hotel maupun ke industri lain. Termasuk juga sebagai asuransi mahasiswa, sertifikasi uji kompetensi dan pengurusan praktik kerja lapang.

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store dan cek selengkapnya tentang beasiswa di sini. Gak mau ribet dengan ujian mandiri di universitas negeri? Cobain daftar kuliah di universitas swasta dalam maupun luar negeri 1 jam diterima melalui instant approval pakai aplikasi goKampus. Gak percaya? Yuk, cobain sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *