Banyak jalan menuju Roma. Pepatah yang tentu tidak asing lagi di telinga kita semua yang menegaskan bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, ada banyak jalan yang bisa dilalui. Begitu juga dengan ambisi mengenyam pendidikan tinggi di Akademi Pariwisata NHI Bandung.

Biaya kuliah di Akpar NHI Bandung tentu jumlahnya tidaklah sedikit. Meski begitu, sejatinya bukan menjadi penghalang besar untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan, sekaligus juga mengembangkan diri di bidang pariwisata.

Baca Juga: Wajib Tahu! Program Pendidikan AKPAR NHI Bandung

Namun kamu juga harus mengetahui bahwa kualitas pendidikan Akpar NHI Bandung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dalam bidang pariwisata. Karena perguruan tinggi swasta ini didirikan sekaligus dikelola oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung alias STPB.

STP Bandung itu sendiri adalah perguruan tinggi negeri dibawah naungan Kementerian Pariwisata Indonesia. Namun secara teknis akademis, STP Bandung dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan kata lain, biaya kuliah di NHI Bandung sebanding dengan kualitas pendidikan. Tidak heran, mengapa banyak pelajar Tanah Air yang berencana untuk mengenyam pendidikan tinggi di Akpar NHI Bandung, mungkin termasuk diri kamu.

Lantas, seberapa besar sih biaya yang akan dikeluarkan oleh setiap mahasiswa ketika kuliah di Akpar NHI Bandung? Berikut perkiraan biaya kuliah di NHI Bandung tahun akademik 2019/2020. Data ini dikutip langsung dari situs resmi mereka.

Perkiraan Biaya Kuliah di AKPAR NHI Bandung

Akademi Pariwisata NHI Bandung menyelenggarakan pendidikan Diploma III dengan program studi Perhotelan. Pada prodi ini, terdapat empat peminatan, yakni Divisi Room Service, Food & Beverage Service, Kitchen, dan Pastry.

Untuk biaya kuliah peminatan Divisi Room Service dan F&B Service, total sebesar Rp11.600.000 per semester. Angka tersebut merupakan akumulasi dari uang registrasi Rp100.000, BPP/Uang kuliah Rp10.000.000, PDSP/Ospek Rp750.000, Kemahasiswaan Rp500.000 dan Ikatan Orang tua Mahasiswa sebesar Rp500.000.

Sebagai catatan, uang PDSP/Ospek, Kemahasiswaan dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa hanya dibayar pada semester pertama. Namun di semester 4, mahasiswa kembali dibebankan biaya Kemahasiswaan dan Ikatan Orang Tua dengan masing-masing sebesar Rp250.000 dan Rp200.000. Begitu juga di semester akhir, masih dengan angka sama namun untuk Ikatan Orang Tua Mahasiswa, hanya dikenakan biaya sebesar Rp150.000.

Informasi tambahan bahwa Uang Kuliah atau BPP setiap semesternya berbeda-beda. Semester 1 dan 2, dikenakan biaya Rp10.000.000. Untuk semester 3 dan 4, sebesar Rp9.500.000. Dan semester 5 & 6 sebesar Rp9.000.000.

Sementara untuk peminatan Kitchen dan Pastry, total biaya pada semester awal adalah Rp13.100.000. Rinciannya, uang registrasi Rp100 ribu, BPP/Uang Kuliah 11,5 juta, PDSP/Ospek Rp750 ribu, Kemahasiswaan Rp500 ribu, dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa, Rp500 ribu.

Pada semester 2, total biaya hanya sebesar Rp11.600.000, dimana hanya meliputi uang registrasi dan BPP. Untuk semester 3, dikenakan biaya Rp11,1 juta. Semester 4 total sebesar Rp11.550.000. Total untuk semester 5 adalah Rp9,1 juta dan semester 6 hanya dibebankan Rp9,5 juta.

Terdapat biaya tambahan sebesar Rp2.500.000 pada saat registrasi awal, yakni Biaya Sumbangan Pembangunan. Nominal tersebut adalah angka minimal.

Penggunaan Biaya Kuliah di AKPAR NHI Bandung

Seluruh biaya yang masih dalam perkiraan tersebut tentunya akan digunakan untuk keperluan perkuliahan. Diantaranya, uang kuliah pendidikan per semester, seragam teori & praktik, bahan praktikum mahasiswa di kampus, dan bahan ajar atau diktat perkuliahan.

Selain itu, penggunaan biaya kuliah di Akademi pariwisata NHI Bandung juga sebagai kunjungan industri ke hotel maupun ke industri lain. Termasuk juga sebagai asuransi mahasiswa, sertifikasi uji kompetensi dan pengurusan praktik kerja lapang.

Dapatkan informasi terbaru lainnya dari dunia perkuliahan hanya dengan cukup melalui goKampus. Sebuah aplikasi yang memudahkan kamu dalam urusan kuliah. Mulai dari pendaftaran kuliah, mendapatkan beasiswa kuliah, dana pendidikan, magang, hingga promo mahasiswa, ragam acara kampus. Download sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like