Beasiswa masih menjadi solusi terbaik untuk mengatasi biaya kuliah yang mahal. Terlebih lagi fakta membuktikan bahwa biaya pendidikan tinggi setiap tahunnya mengalami peningkatan secara signifikan. Bahkan inflasi dana pendidikan dalam negeri jauh lebih tinggi dibandingkan luar negeri.

Faktor itulah-biaya kuliah mahal- yang menjadi penghalang besar bagi para pelajar yang memutuskan untuk langsung bekerja dibandingkan kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga: Kata Siapa Meraih Beasiswa Kuliah Itu Sulit? Ini Triknya!

Program-program beasiswa ditawarkan oleh berbagai pihak. Salah satunya Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pada tahun ini, Kemendikbud kembali menawarkan program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Dana bantuan pendidikan dari Kemendikbud ini ditunjukkan untuk mahasiswa S1, S2 hingga S3. Para peserta yang bisa mendaftarkan diri pada program ini adalah mereka yang telah dinyatakan diterima oleh perguruan tinggi, termasuk juga mahasiswa baru, dan mahasiswa yang tengah berkuliah dengan maksimal semester 2 ketika melakukan pendaftaran.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi memiliki bidang prioritas. Adalah Energi, Pertanian, Maritim, MIPA, Teknologi Pangan, Industri Kreatif, Pariwisata, Kebijakan Publik, dan Teknologi Informasi.

Selain itu, bidang prioritas dari beasiswa ini diantaranya juga Arkeologi (Permuseuman), Perpustakaan, Kebudayaan, Seni Musik, Seni Pertunjukan. Dan Perfilman, Pendidikan (PAUD dan PGSD), Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, serta Kurikulum dan Pedadogi.

Informasi penting untuk diketahui bahwa pada dasarnya tidak ada batasan untuk program studi yang dapat mendaftar pada Beasiswa Unggulan terbaru ini, alias terbuka untuk semua jurusan kuliah. Akan tetapi, ada beberapa program Nawacita yang telah dijelaskan sebelumnya.

Persyaratan Beasiswa Unggulan S2 Kemendikbud

Bagi mahasiswa baru, persyaratan Beasiswa Unggulan S2 Kemendikbud yang pertama adalah maksimal berusia 32 tahun. Selain itu, memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Diterima di universitas dengan syarat minimal akreditasi B. Memiliki juga prestasi minimal di tingkat kabupaten dengan masa berlaku maksimal 3 tahun terakhir.

IPK (Indeks Penilaian Kumulatif) S1 minimal berada di angka 3,25 dengan skala 4,0. Skor iBT minimal 61, atau IELTS dengan angka minimal 5,5 atau nilai TOEFL ITP minimal 500. Dan syarat terakhir adalah meraih peringkat 5 besar.

Sedangkan persyaratan pelamar Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi yang tengah kuliah adalah maksimal berusia 32. Juga telah terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi minimal akreditasi B dengan dibuktikan Surat Tanda Aktif Kuliah dan maksimal semester 2 saat pendaftaran.

Memiliki IPK S1 dengan angka minimal 3,24 skala 4,0. Begitu juga dengan skor IELTS minimal 5,5 atau iBT minimal 61 atau TOEFL ITP minimal 500. Termasuk memiliki prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah dan/atau masyarakat dengan masa berlaku 3 tahun terakhir. Terakhir, meraih peringkat 5 besar.

Dokumen Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dalam Negeri

Proses pendaftaran Beasiswa Unggulan Dalam Negeri dari Kemendikbud ini disertai dengan beberapa dokumen. Diantaranya KTP, KTM khusus pelamar yang sedang kuliah, LoA Unconditional untuk mahasiswa baru dan Surat Tanda Aktif Kuliah bagi mahasiswa on-going.

Selain itu, juga melampirkan Kartu Hasil Studi untuk mahasiswa yang tengah kuliah, Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir, sertifikat IELTS atau TOEFL, dan proposal rencana studi. Mengenai proposal studi ini sendiri tidak ada format khusus, terpenting menjabarkan rencana perkuliahan dan implementasi hasil studi di masyarakat.

Sertakan pula surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain. Kedua surat ini telah memiliki format dan bisa di-download di laman resmi Kemendikbud.

Dan dua dokumen pendaftaran Beasiswa Unggulan S2 Kemendikbud terakhir adalah sertifikat prestasi minimal tingkat kabupaten, serta essay beasiswa dengan Bahasa Indonesia.

Kuliah bisa dicicil? Langsung aja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga! Selain itu, menangkan juga kesempatan beasiswa hingga 20 juta per semester. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan pun juga dengan mudah diperoleh. Seperti informasi acara kampus, dana pendidikan, hingga proses pendaftaran kuliah jadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like