manfaat magang bagi mahasiswa
Magang

Apa Sih Manfaat Magang bagi Mahasiswa?

Kuliah tidak hanya sebatas belajar di dalam ruangan kelas yang langsung tenaga pengajar profesional bimbing. Kuliah juga bukan hanya menjalin hubungan pertemanan dan mengikuti berbagai organisasi kampus. Tapi di dalam kuliah, terdapat juga program magang. Lalu, apa saja manfaat magang bagi mahasiswa? Yuk, cek di artikel ini!

Baca Juga: Tipe Pekerjaan yang Cocok Dengan Kepribadianmu

Magang itu sendiri merupakan sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa dunia kerja. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Tidak heran, magang menjadi salah satu syarat kelulusan di beberapa universitas.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah di universitas kamu menerapkan magang sebagai syarat kelulusan? Jika iya, tentu saja kamu harus pintar-pintar dalam mencari informasi magang kuliah yang dengan mudah di dunia internet.

Terlepas menjadi satu syarat kelulusan mahasiswa, magang itu sendiri memberikan manfaat besar bagi mereka. Hal ini yang terkadang terabaikan, di mana mereka rasanya ingin cepat-cepat selesai magang. Padahal dengan lebih dulu merasakan program magang, saat terjun ke dunia kerja, mereka tidak lagi kaget akan kondisi dan tekanan dalam pekerjaan.

Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Lantas, apa saja sih manfaat magang bagi mahasiswa itu? Berikut ini setidaknya terdapat 4 manfaat besar program magang yang akan mahasiswa rasakan, termasuk kamu yang mungkin tengah mencari informasi lowongan magang kuliah.

gokampus instan approval
gokampus instan approval

1. Meningkatkan wawasan

Meningkatkan wawasan menjadi manfaat magang bagi mahasiswa yang pertama. Belajar di dalam ruangan kelas tanpa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung tentu saja sia-sia alias percuma.

Dengan mengikuti program magang, maka wawasan yang kamu peroleh di bangku kuliah akan sangat berguna. Tidak hanya berguna, tetapi juga meningkatkan wawasan yang kamu miliki. Bagaimana tidak, kamu akan mengalami berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kamu temui. Kamu pun akan terlatih untuk menjadi cermat dalam mengatasi suatu kondisi tertentu.

2. Memperluas jaringan

Manfaat kedua dalam program magang yang akan mahasiswa rasakan adalah memperluas jaringan. Ini menjadi hal yang pasti mengingat kamu akan menemui orang-orang baru sekaligus juga lingkungannya.

Jalin hubungan pertemanan bersama rekan kerja dengan baik. Dengan begitu, secara tidak langsung akan mendapatkan ilmu-ilmu baru. Karena dengan memiliki hubungan yang baik, saling cerita dan berbagi pengalaman dapat mengalir begitu saja.

3. Berkesempatan untuk dapat pekerjaan

Ketiga, dalam program magang akan memberikan manfaat berupa kesempatan untuk langsung mendapatkan pekerjaan. Memang magang itu hanya berlangsung dalam beberapa bulan, sekitar 3 bulan. Namun, itu tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan diberi kesempatan untuk menjadi karyawan tetap ketika lulus kuliah nanti.

Untuk mendapatkan kesempatan langsung bekerja di perusahaan tempat kamu magang, tentu saja syarat utamanya adalah bekerja dengan baik. Kerjakan seluruh tugas dengan semaksimal mungkin. Dengan demikian, akan mendapatkan penilaian bagus dari pihak perusahaan.

4. Penghasilan tambahan

Dan manfaat nyata dari program magang kuliah bagi mahasiswa bukan lain adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Magang artinya bekerja untuk suatu perusahaan meski masih berstatus sebagai mahasiswa.

Artinya bekerja, maka akan mendapatkan upah kerja. Besaran pendapatan tersebut tentu tergantung pada perusahaan tempat kamu magang. Meski begitu, kamu jangan lantas fokus pada nilai, tetapi apa yang bisa kamu dapatkan ketika magang di perusahaan tersebut.

Pendapatan hanyalah nilai tambahan dari program magang. Karena inti utama dari program magang adalah mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja. Untuk itu, fokuslah dalam mengembangkan diri sekaligus meningkatkan kemampuan yang kamu miliki daripada mengharapkan penghasilan yang besar.

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *